5 Tips Mudah Menata Meja Kerja Agar Lebih Rapi

0
1984
https://unsplash.com/photos/sdg7M9KwoLM

Apakah kamu pernah merasa tidak fokus saat bekerja? Padahal, kondisi tubuh baik-baik saja, tetapi kamu jadi mudah terdistraksi? Jika pernah, ini tandanya kamu harus menata ulang meja kerja di rumah.

Pasalnya, kondisi lingkungan kerja memengaruhi produktivitas seseorang, loh. Apalagi, kondisi pandemi yang mengharuskan kita untuk WFH.

Ruparupa Banner

Cara Menata Meja Kerja yang Tepat

Tidak perlu mengganti semua perabot yang ada di dalam ruang kerja untuk menatanya menjadi lebih rapi. Cuku mengubah beberapa hal kecil, sudah bisa meningkatkan mood kerja kamu, loh.

Berikut ini tips menata meja kerja agar lebih produktif yang bisa kamu lakukan di rumah.

1. Tambahkan tanaman hias

Cara pertama yang bisa kamu coba adalah dengan menambahkan beberapa hiasan menarik di atas meja kerja, seperti tanaman hias.

Selain mempercantik ruangan, tanaman juga bisa membantu melancarkan sirkulasi udara di ruang kerja, loh.

Sumber: unsplash.com/@olena sergienko

Kalau tidak mau repot, kamu bisa memilih tanaman hias atau artifisial yang cantik untuk meminimalisir perawatan. Misalnya, tanaman lidah buaya, bonsai, lidah mertua, ataupun tanaman hias monstera lainnya.

Berikut ini salah satu rekomendasi tanaman hias artifisial yang bisa jadi pilihan buat kamu.

Tanaman artifisial lidah buaya yang menyerupai tanaman asli dan telah dilengkapi dengan pot khusus. Tidak memerlukan perawatan khusus sehingga cocok untuk menemani meja kerja kamu.

Beli di sini

2. Rapikan alat tulis di atas meja 

Meja kerja yang berantakan bisa mengurangi produktivitas dan fokus saat mengerjakan sesuatu, serta membuat kamu jadi lebih stres.

Baca Juga:   5 Kombinasi Warna Terbaik untuk Meja Kerja Coklat

Misalnya, karena kondisi meja yang tidak kondusif, kamu bisa saja menghabiskan waktu 15 menit untuk mencari penjepit kertas. Padahal, bila seluruh peralatan tulis di atas meja tertata dengan baik, kamu bisa dengan langsung menemukan barang yang dicari tersebut.

Jadi, pastikan untuk rutin merapikan seluruh peralatan di atas meja, ya. Pertama-tama, kosongkan semua barang dari meja kerja. Kemudian, pilih kembali barang berdasarkan jenis dan fungsinya.

Bila ada barang yang sudah tidak terpakai, kamu bisa langsung membuangnya. Kamu juga bisa mencoba berinvestasi dengan organizer agar pengelompokan menjadi lebih rapi, seperti rekomendasi kami berikut ini.

Organizer dengan empat kompartemen dan desain transparan yang elegan

Beli di sini

3. Bersihkan meja kerja

Salah satu kunci agar meja selalu terlihat rapi adalah rutin membersihkan dan menempatkan barang kembali ke tempatnya. Kebiasaan sederhana ini akan meminimalisir kemungkinan barang hilang dan tercecer.

Misalnya, dengan meletakkan kembali berkas ke dalam kotak penyimpanan file yang sesuai. Jangan lupa untuk memberikan penamaan pada setiap file agar mempermudah pencarian.

Selain itu, pastikan kamu selalu menggulung kembali kabel agar tampilan meja tetap enak dilihat. Mulai dari, kabel komputer, charger laptop, mouse, dan kabel lainnya.

Pastikan juga kamu membersihkan meja kerja dari kotoran debu yang menumpuk. Jadinya, meja kerja pun tetap terlihat lebih apik.

Inspiration_RR_-_Comfy_Workspace_at_Home_Blog_600x320_CTA

4. Gunakan pencahayaan yang tepat

Pencahayaan di suatu ruangan bisa memengaruhi semangat kerja seseorang, loh. Pasalnya, lampu yang terlalu redup atau terang, bisa menyebabkan mata menjadi lebih cepat lelah.

Baca Juga:   Ini Dia Fungsi dan Cara Memilih Stand Laptop yang Tepat

Maka dari itu, pilihlah lampu kerja dengan penerangan yang standar dan utamakan warna putih.

Kamu pun bisa memakai lampu meja untuk mendapatkan penerangan yang lebih maksimal, seperti rekomendasi lampu berikut ini.

Lampu kerja Eglare dengan wireless charging dan pengaturan cahaya.

Beli di sini

5. Sediakan botol minum di meja

Asupan air putih  juga bisa meningkatkan produktivitas kerja.  Faktanya, tubuh yang dehidrasi akan menyulitkan kamu untuk menangkap sinyal. Alhasil, kamu akan lebih mudah lelah dan ngantuk.

Jadi, jangan ragu untuk menyiapkan botol 2 liter di meja kerja atau minimal asupan 10 gelas air per hari, ya.

Berikut ini rekomendasi botol minum yang bisa kamu gunakan dan letakkan di atas meja kerja.

Kris botol minum 2L dengan material berkualitas dan bebas BPA sehingga aman digunakan sehari-hari.

Beli di sini

Nah, itu dia tips ampuh untuk menata meja kerja menjadi lebih rapi. Trik sederhana ini akan membuat kamu terhindari dari berbagai distraksi dan membuat kinerja kerja jadi semakin baik

Untuk kamu yang sedang mencari meja kerja, beserta hiasan berkualitas premium, segera kunjungi situs belanja Ruparupa.com.

Tidak hanya perlengkapan kerja, situs belanja online ini juga menyediakan aneka kebutuhan rumah tangga dan furnitur rilisan Kawan Lama Group, mulai dari ACE, Informa, Selma, dan masih banyak lagi.

Tidak kelewatan, Ruparupa juga hadir dengan beragam promo menarik di setiap harinya. Ada promo gratis ongkir, diskon up to 70%, hingga cicilan 0%, loh.

Wah, menarik sekali bukan? Tunggu apalagi? Yuk, segera kunjungi Ruparupa.com. Selamat belanja!