14 Tips Menata Ruang Kantor Menjadi Nyaman

0
4673
Sumber: unsplash.com/@copernicowork

Memiliki ruang kerja yang rapi rupanya dapat memberikan berbagai manfaat, loh! Tak jarang kita memilih menggunakan jasa desain interior professional untuk memperoleh tips menata ruang kantor idaman kita.

Apalagi, ruang kerja yang rapi tidak hanya bikin produktif, tetapi juga bisa membuat kita lebih mudah menemukan dokumen penting.

Ruparupa Banner

Di samping penggunaan jasa desain interior, tentunya kamu juga perlu mencari referensi gambaran dan inspirasi yang kamu inginkan nantinya. Pastinya, hal ini akan lebih memudahkan kamu saat menata ruang kerja nanti.

Bagaimana Cara Menata Ruang Kantor Menjadi Nyaman?

Salah satu permasalahan dalam menata ruangan adalah luas ukuran ruang yang berbeda di setiap bagiannya.

Tenang saja, kamu tetap dapat mengubah wilayah kosongmu menjadi tempat kerja asalkan dapat kamu sesuaikan dengan penataan ruang yang tepat. Ruangan yang rapi juga didukung dengan furniture berkualitas.

Lantas, bagaimana cara menata ruang kantor yang tepat? Yuk, simak beberapa tips dan trik berikut ini.

1. Hindari menata ruangan dengan furnitur yang tidak penting

Tips menata ruang kantor yang produktif
Sumber: unsplash.com/@austindistel

Tips menata ruang kantor yang pertama adalah pemilihan furnitur. Pastikan kamu mengetahui furnitur apa saja yang penting dan bermanfaat untuk produktifitas.

Selain itu, pemilihan warna furnitur yang tepat juga bisa  membangun workspace yang minimalis. Efek yang ditimbulkan adalah ruangan terlihat rapi dan lebih luas.

Jadi, kamu bisa memastikan penyusunan meja yang tampak sejajar, serta menyingkirkan semua barang yang tidak memiliki nilai fungsional di ruang kantor.

2. Pakai konsep kantor ergonomis

Sumber: unsplash.com/@myleon

Untuk efisiensi ruang lingkup kerja yang baik, kamu tidak boleh mengabaikan penggunaan furnitur yang tepat pula.

Seminimal mungkin pastikan kamu memiliki ruangan ataupun bagian dengan furnitur utama agar proses pengerjaan dan komunikasi sehari-hari berjalan dengan baik.

Untuk mendukung konsep ini, kamu dapat mencoba menggunakan kursi kantor ergonomis sebagai investasi jangka panjang di kantormu. Selain itu, pastikan di meja kamu tidak terdapat pernak-pernik yang dapat mengganggu konsentrasi kerjamu ya.

3. Bermain dengan perpaduan warna cat dinding

Sumber: unsplash.com/@slidebean

Tips menata ruang kantor berikutnya adalah menyesuaikan warna logo dengan tema  untuk menciptakan karakter bisnis yang ingin kamu bangun.

Misalnya, bila kamu ingin menunjukkan sisi kantor yang kreatif dan atraktif, permainan warna-warni yang kontras ini bisa jadi pilihan yang tepat. Kamu juga bisa menambahkan arena permainan di antara meja meeting untuk menggambarkan lingkungan yang fun.

Tentu saja, working space ini akan sangat cocok untuk anak millenial yang baru ingin mengeksplorasi dunia kerja. Bekerja di perusahaan tidak semenegangkan perkiraan kita. Sisi ekspresif ini akan menjadi daya jual perusahaanmu hingga kedepannya nanti.

Baca Juga:   7 Cara Membuat Ventilasi Rumah Minimalis Lengkap

4. Gunakan dekorasi kaca besar

Sumber: unsplash.com/@antrozetsky

Bekerja sepanjang hari dalam ruangan ber-AC terkadang membuat keseharian semakin terasa penat dan jenuh.

Oleh karena itu, jika kantor kamu memiliki tingkatan yang cukup tinggi, kamu dapat mencoba menempatkan cermin raksasa dengan spot pemandangan keindahan kota sekitaran kantor.

Kelebihan lainnya, ruangan di kantor secara tidak langsung akan terlihat lebih luas karena tidak berbaluti sisi dinding yang monoton saja.

Selain itu, dengan bantuan pencahayaan matahari yang maksimal, kamu juga dapat menghemat biaya listrik pada siang hari.  Menarik bukan?

5. Ruangan minimalis dengan pencahayaan

Sumber: unsplash.com/@copernicowork

Hampir mirip dengan konsep sebelumnya, kamu dapat menghiasi kaca besar ruangan  dengan tanaman hias. Percaya atau tidak, dekorasi ruangan yang memadai memengaruhi etos kerja kamu setiap harinya.

Cobalah menggunakan storage buku sebagai sekat yang fungsional. Selain menarik untuk menghiasi ruangan dengan tampilan kaca besar disekitarnya, rupanya storage ini membantu pencarian menjadi lebih mudah.

Cara ini akan membantu pegawai untuk lebih rileks dan akan merasa nyaman walau menjalani keseharian yang sama setiap harinya.

6. Pilih komposisi warna yang seimbang

Sumber: unsplash.com/@cowomen

Meski terkesan sepele, komposisi warna rupanya dapat memengaruhi nuansa ruangan tempat kamu bekerja. Pada ruangan kerja, pemilihan warna gelap cenderung memberikan kesan yang membosankan dan mengganggu tampilan mata.

Sebaliknya, komposisi warna cerah seperti perpaduan warna putih dan light wood tersebut memberikan kesan semangat dan ruangan yang luas.

Pastikan kamu memilih elemen warna yang senada antara dinding dan perabotan furnitur yang kamu gunakan.

Selain itu, penggunaan pencahayaan alami dari matahari juga sangat baik dalam membantu refresh pemikiran untuk memeroleh ide yang baru.

Sebagai tambahan, kamu dapat memberikan sedikit sentuhan tanaman hijau artifisial agar ruangan tampak seimbang dan lebih hidup.

Dapatkan Funky Rak Buku hanya di Ruparupa.com

7. Tampil berbeda dengan alat kesehatan

Sumber: careers.google.com

Umumnya, perusahaan akan menjunjung kesehatan para pegawainya sebaik mungkin. Salah satu cara unik yang dapat kamu lakukan adalah menyediakan space kerja agar para pegawai dapat tetap produktif sembari berolahraga.

Siapa sangka bahwa kita dapat menggunakan berjalan santai dengan threadmill sembari ditemani pekerjaan di depan kita.

Agar kamu tidak mudah terasa capek, kamu juga dapat mengintip suasana di luar dari kaca di depan kamu juga. Yuk, coba aplikasikan ide menarik ini di kantor kamu!

8. Manfaatkan setiap sudut secara optimal

Sumber: mime.asia

Apabila kamu memiliki ukuran kantor yang terbatas, maka sebagai solusinya kamu dapat memilih furnitur yang multifungsi. Contohnya adalah membangun tambahan wilayah dua lantai di atas meja dan kursi duduk.

Namun, penggunaan desain ini memerlukan taktik jitu yang telah dipertimbangkan dari awal agar bisa tahan lama.

Baca Juga:   12 Aksesoris Kamar Tidur untuk Dekorasi Sempurna

9 . Gunakan meja panjang

Sumber: unsplash.com/@uneebo_office_design

Apabila kamu memiliki jumlah karyawan yang tidak sedikit, berserta untuk mempermudah flow kerja para karyawan, kamu dapat menyusun furnitur meja kerja secara vertikal.

Penggunaan meja kantor vertikal dalam jumlah banyak ini juga membantu kamu untuk menghemat wilayah agar pegawai dapat leluasa berjalan mengintari ruangan.

Sebagai tambahan, kamu juga dapat menambahkan dekorasi bunga vertikal pada salah satu bagian dinding agar terlihat tidak monoton.

Dapatkan Lomo Kursi Kantor hanya di Ruparupa.com

10. Ciptakan space untuk berkomunikasi

Sumber: unsplash.com/@uneebo_office_design

Dengan begini, karyawan akan merasa aman dan nyaman. Tren ini membantu untuk melakukan pengaturan posisi per divisi maupun individu secara maksimal.

Penggunaan kubikal ruangan ini diharapkan membantu mempermudah komunikasi ketika masing-masing divisi membutuhkan satu dengan yang lainnya.

Oleh karena itu, jangan pernah sepelekan kebutuhan komunikasi dan diskusi para pegawai demi kemajuan perusahaan kedepannya.

11. Ciptakan ruang sendiri agar lebih fokus

Kadang, kita membutuhkan kesunyian dan ketelitian maksimal dalam mengerjakan tugas kantor. Untuk itu, membuat sudut ruang sendiri bisa jadi pilihan yang tepat buat para pekerja yang ingin lebih fokus.

Tips menata ruang kantor personal

Sumber: unsplash.com/@uneebo_office_design

12. Ruang bekerja yang santai

Bekerja dibawah tekanan memang merupakakn tanggung jawab dan konsekuensi sebagai pegawai. Hanya saja hadir di perusahaan dalam kondisi siap sedia setiap harinya tidak akan membuat pekerjaan dapat berjalan maksimal.

ak ada salahnya perusahaan menyediakan ruangan yang dapat beristirahat sembari melanjutkan pekerjaan dengan menggunakan bean bag.

Selain membantu menyegarkan fisik dan pikir kamu, penggunaan tempat santai ini juga akan membuat kamu lebih fokus dalam mencari inspirasi ataupun mengatur strategi kedepannya.

Dengan pencahayaan tambahan, ruangan tampak luas dan nyaman untuk ditempati dalam jangka waktu yang lama. Cara ini efektif bagi karyawan agar dapat mempelajari pembagian waktu dan mengendalikan ritme kerja menjadi lebih maksimal.

Tips menata ruang kantor yang santai
Sumber: pinterest.com

 

12. Tampil sederhana tanpa hiasan berlebihan

Konsep yang satu ini menggunakan dekorasi warna dan furnitur klasik yang polos. Konsep seperti ini mampu membangun tampilan perusahaan yang bersih dan tertata rapi.

Bila terlalu monoton, kamu dapat menambahkan hiasan yang memang keberadaannya memberikan benefit bagi pengguna ruangan.  Salah satunya adalah penggunaan sekat agar pegawai dapat berkomunikasi lebih maksimal antar sesama.

Tips menata ruang kantor minimalis
Sumber: pixabay.com

13. Gunakan warna lampu yang terang

Gunakan lampu rangkai LED agar ruangan lebih hidup dan tidak jenuh. Untuk sentuhan manis, kamu dapat menambahkan instalasi lampu gantung di langit-langit.

Selain itu, desainnya yang unik memberikan kesan estetik tanpa perlu mengubah keseluruhan tatanan kantormu.

Tips menata ruang kantor dengan pencahayaan
Sumber: howardhousebnb.com

 

Bagaimana? Itu dia sejumlah tips menata ruang kantor yang nyaman dan juga pastinya menunjang produktivitas kamu.

Dengan cara ini rupanya kita dapat menambahkan dekorasi praktis dengan hasil yang terkesan dramatis pada kantor idaman kita.

Kalau kamu ingin mencari beberapa peralatan dan furnitur kantor berkualitas baik, kamu dapat mengunjungi Ruparupa.com untuk mencari aneka kebutuhanmu. Selamat berkreasi Ruppers!

Bean Bag Ain-p 90x105cm – Oranye
Kinetic Motorized Treadmill 15p