Posisi Duduk yang Benar Untuk Menghindari Back Pain

0
3274
posisi duduk yang benar untuk menghindari back pain

Posisi duduk yang benar sangat penting menjadi informasi penting untuk semua orang, terlebih bagi Ruppers yang bekerja di belakang meja. Bukan saja karena dapat mempengaruhi postur tubuh, maupun tulang belakang tapi juga kesehatan fisik secara keseluruhan. 

Pada pembahasan singkat kali ini kami akan membantu memberikan pedoman sederhana yang bisa diaplikasikan secara mudah, dan mampu merubah postur tubuh jika dilakukan secara rutin. 

Melalui artikel kali ini kami juga akan menjawab beberapa pertanyaan yang sering diajukan yang mana akurat karena bersumber dari web kesehatan my.clevelandclinic

  • Bagaimana cara duduk yang benar?
  • Mengakibatkan apakah posisi duduk yang salah?
  • Bagaimanakah Posisi duduk yang benar untuk mencegah terjadinya nyeri dan pegal?
  • Mengapa posisi kita duduk harus benar?
  • Bagaimana cara duduk yang baik ketika karyawan sedang bekerja di kantor?
  • Bagaimana cara duduk yang baik saat bekerja dengan komputer?
  • Berapa lama duduk yang baik?

Postur tubuh yang baik & benar

Posisi duduk yang benar adalah seperti di bawah ini dan sangat membantu untuk menjaga kesehatan tulang bagian belakang.

Postur tubuh yang baik & benar
gambar posisi duduk yang benar

Ruppers ingat ya, untuk selalu memiliki posisi yang benar baik itu saat duduk maupun berdiri. Seperti gambar di atas yang menunjukan kalau bagian tubuh belakang harus membentuk sejajar dan didukung oleh ketegangan otot yang tepat. Untuk mencapainya Ruppers sendiri bisa melakukan berbagai cara seperti 

  1. Melakukan olahraga yang dapat mengurangi ketegangan tubuh
  2. Memperhatikan dan meningkatkan kesehatan tulang belakang
  3. Tetap menjaga keseimbangan saat bergerak maupun melakukan olahraga
  4. Mengurangi resiko ketegangan otot 

Meskipun terlihat sederhana langkah-langkah di atas sangat penting karena saat ini banyak Ruppers yang lebih banyak menghabiskan waktu untuk duduk. Baik itu saat bekerja, belajar, bepergian maupun saat sedang bersantai di rumah. Cobalah untuk bergerak lebih banyak dan pastinya memperhatikan posisi duduk yang benar.

Posisi Duduk yang Benar Secara Umum

Bicara lebih lanjut maka posisi duduk yang benar juga sangat bergantung pada tinggi badan, jenis kursi maupun aktivitas yang Ruppers lakukan. Misalnya jika kamu seorang karyawan yang hampir selama 8 jam duduk, dan umumnya jarang bergerak dalam kesehariannya, maka cobalah untuk tetap menjaga cara duduk serta memilih penopang tubuh yang tepat. 

Apa akibatnya jika kita duduk dengan posisi membungkuk? maka akan dapat mengganggu postur tubuh bagian belakang. Sehingga untuk memperbaiknya kamu dapat melakukan hal-hal di bawah ini 

  • Usahakan untuk tidak menyilangkan kaki baik itu lutut maupun pergelangan
  • Membuat jarak antara Kursi Kantor dan sesuaikan posisi lutut
  • Atur ketinggian kursi, pastikan agar pergelangan kaki menyentuh lantai dengan posisi rata dan berada di depan lutut.
  • Pastikan ketinggian lutut sama atau sedikit rendah dari pinggul
  • Menekuk siku seperti bentuk huruf L dan menjaga bahu tetap rileks
  • Menjaga postur tubuh tetap sejajar, tegak dan tidak menekuk leher terlalu lama
  • Perhatikan posisi punggung bawah agar tetap sejajar
  • Sandarkan punggung pada kursi, bantal atau penopang yang terbuat dari material khusus untuk tubuh bagian belakang. 
  • Hindari duduk terlalu lama, dan cobalah untuk berdiri atau melakukan peregangan setelah 1 jam. 

Posisi duduk yang benar saat menggunakan komputer

Posisi duduk di depan komputer
Posisi duduk yang benar saat menggunakan komputerSource: Shutterstock

Pada bagian awal pembahasan tertulis jelas bagi Ruppers yang bekerja di belakang meja untuk waktu yang lama, memerlukan adanya perlindungan ekstra yang berfungsi untuk memastikan kesehatan tubuh bagian belakang. Untuk melakukan tindakan pencegahan maupun memperbaikinya kamu dapat melakukan langkah berikut ini : 

  • Saat bekerja pastikan untuk meletakan komputer pada ketinggian meja kerja yang sama atau eye level
  • Jaga jarak pandang monitor tidak lebih dari dua inci dari mata
  • Menggunakan alas duduk yang mampu menopang tubuh bagian belakang seperti kursi ergonomis
  • Mengetahui apa yang Anda butuhkan misalnya bantal pada punggung, sandaran kaki, atau bantalan pergelangan tangan.
  • Hindari duduk terlalu lama, jika perlu bekerjalah sambil berdiri untuk beberapa menit
  • Kurangi ketegangan leher dengan menggunakan bantal khusus
  • Posisikan keyboard dan mouse berdekatan untuk menghindari nyeri otot atau sendi

Setelah melakukan tips di atas maka cobalah untuk melakukan pemeriksaan secara berkala, untuk mengetahui apakah postur tubuh telah berubah. Jangan menyerah jika belum ada progress yang terjadi karena ini adalah proses yang membutuhkan waktu.

Selain waktu serta komitmen, ternyata kesadaran yang kuat juga menjadi pendukung untuk mencapai hasil postur tubuh yang maksimal. Tidak ada yang instan dan jangan membandingkan diri kamu dengan orang lain, karena setiap orang memiliki proses juga waktu yang berbeda-beda.

Nantinya ketika sudah mendapatkan hasil yang sesuai dengan ekspektasi pastikan untuk mempertahankannya, dengan mengingatkan diri sendiri saat berada pada posisi duduk yang salah agar terhindar dari sakit pinggang

Tak hanya faktor-faktor di atas yang akan membantu proses perbaikan dan pencegahan, karena kamu juga harus dapat memilih Furnitur yang tepat seperti kursi ergohuman.Tempat duduk yang memiliki fitur lengkap untuk menopang tubuh, serta memberikan kenyamanan meskipun digunakan untuk waktu yang lama.

Rekomendasi Kursi yang Nyaman

Salah satunya yang dapat duduk untuk waktu yang lama dan tidak menyebabkan sakit pinggang, maka cobalah untuk memilih jenis kursi berikut ini

Kursi Ergohuman

Memiliki sandaran punggung yang nyaman yang mampu menopang tulang punggung secara maksimal. Kursi yang terbuat dari material alumunium ini memiliki tuas yang berguna untuk mengatur dudukan, serta fitur berputar.

Omar Kursi Kantor

Kursi kantor yang mampu memberikan kenyamanan ekstra, terutama bagi Ruppers yang duduk dalam waktu lama seperti bekerja di belakang meja.

Memiliki fitur untuk mengatur tinggi kursi, penopang lengan hingga sandaran kursi yang mendukung bagian tubuh belakang secara baik. Terbuat dari material yang berkualitas, sehingga tidak menyebabkan sakit pinggang meskipun Ruppers mendudukinya untuk waktu yang lama.

Kursi Gaming

Terbuat dari material yang berkualitas, serta memiliki desain yang nyaman untuk digunakan dalam waktu yang lama. Nyaman untuk Ruppers yang gemar bermain game dan duduk dalam jangka waktu yang lama. Kelebihan lainnya adalah adanya penopang kepala dan sandaran punggung tinggi, serta fitur roda yang memudahkan saat ingin memindahkan kursi.

Untuk bisa mendapatkan semua kebutuhan kursi maupun aneka furniture kantor, rumah maupun peralatan yang mendukung aktivitas harian hingga hobi, pastikan untuk mempercayakannya pada Ruparupa.

Ruparupa adalah E-commerce yang selalu memberikan produk-produk berkualitas, dan memberikan penawaran secara eksklusif bagi setiap pengguna online seperti cashback, potongan harga, maupun flash sale yang ada setiap hari Selasa dan Kamis.

Penasaran sama promo-promonya? yuk langsung download Ruparupa dari smartphone kamu sekarang juga!