6 Tips Meninggalkan Anjing di Rumah Sendirian

0
8612
anjing
Sumber: Pexels/Mark Alicea

Memiliki hewan peliharaan seperti anjing, tentunya dapat mengurangi rasa kesepian di rumah, apalagi kalau kamu tinggal seorang diri. Namun, sewaktu-waktu, kamu pasti ingin keluar dan harus meninggalkan anjing di rumah sendirian. 

Bila demikian, pasti kamu akan merasa khawatir karena bisa saja anjing merasa kesepian, bahkan menggonggong terus menerus dan mengganggu tetangga. Apalagi, kalau anjing kesepian, bisa saja mereka jadi murung dan tidak mau bermain lagi.

Ruparupa Banner

Tidak mau hal itu terjadi, bukan? Tentunya, pasti kamu ingin terus menjaga hubungan baik dengan hewan kesayangan kamu tesebut, makanya tidak akan tega membuat mereka sedih dan kesepian. 

Lantas, Bolehkah Anjing Ditinggal Sendirian Di Rumah?

Sebenarnya, boleh saja untuk meninggalkan anjing sendirian di rumah. Namun, kamu harus mempersiapkan berbagai hal yang mungkin ia butuhkan.

Jadi, simak beberapa hal berikut ini sebelum meninggalkan anjing kamu sendirian di rumah, ya!

1. Sisakan makanan dan minuman secukupnya

meninggalkan anjing di rumah
Sumber: Pexels/MART PRODUCTION

Sama seperti manusia, anjing juga membutuhkan makan dan minum yang cukup. Nah, saat ingin bepergian ke luar, pastikan makanan dan minuman anjing kamu cukup, ya.

Kalau kamu hanya pergi seharian, pastikan untuk mengisi wadah makanannya dengan porsi dua kali makan dan minum. Jika kamu akan meninggalkannya dalam waktu 2 hari, gunakan wadah makanan yang lebih besar dan isi dengan makan penuh.

Namun, kalau kamu berencana meninggalkannya lebih dari 2 hari, lebih baik titipkan ke pet hotel atau pada orang terdekat. Jadi, mereka tidak akan kesepian dan tetap makan dengan baik. 

Berikut rekomendasi tempat makan dan minum untuk anjing yang bisa kamu siapkan di rumah.

 

All For Paws Tempat Makan Anjing Love Bowl Ukuran L - Orange
All For Paws Tempat Makan Anjing Love Bowl Ukuran L

Beli di sini

M-pets 1.5 L Tempat Minum Hewan Nile Water
M-pets 1.5 L Tempat Minum Hewan

Beli di sini

2. Pastikan semua pintu dan jendela di rumah tertutup

anjing di rumah
Sumber: Pexels/Chermiti Mohamed

Semua anjing pasti selalu merasa nyaman saat berada di dekat majikannya. Namun, kalau kamu terpaksa meninggalkan mereka dan membuatnya merasa kesepian, anjing akan berusaha melakukan sesuatu untuk keluar dari rumah dan mencari majikannya. 

Baca Juga:   10 Fakta Kucing Ragdoll yang Dipelihara Selebriti Terkenal

Oleh karena itu, jauhkan anjing kamu dari tangga atau benda-benda yang dapat mereka naiki. Kemudian, pastikan pintu dan jendela di rumah kamu cukup kuat dan tertutup rapat, sehingga anjing tidak dapat kabur, ya. 

3. Jauhkan barang-barang berbahaya

meninggalkan anjing di rumah
Sumber: Pexels/Magda Ehlers

Karena harus meninggalkan anjing sendirian di rumah, kamu terpaksa tidak dapat mengawasi mereka, bukan? Jadinya, anjing dapat melakukan apa saja tanpa takut dimarahi oleh majikannya. 

Untuk itu, pastikan kamu menjauhkan barang-barang berbahaya, seperti benda tajam, makanan yang berbahaya, serta perlengkapan pecah belah di rumah. Dengan begitu, kamu bisa lebih tenang untuk meninggalkannya sendirian di rumah. 

4. Siapkan kebutuhan anjing

meninggalkan anjing di rumah
Sumber: Pexels/Josh Sorenson

Tidak hanya manusia yang memiliki kebutuhan, tetapi anjing juga, lho. Saat  meninggalkannya, kamu perlu memberikan beberapa mainan yang dapat menemani mereka. 

Anjing menyukai mainan yang dapat mereka gigit, bergelinding, atau berbunyi. Jadi, pastikan untuk memberikan mainan yang mereka sukai, ya!

Berikut beberapa rekomendasi mainan anjing yang dapat kamu beli dan berikan kepadanya.

 

Pawise Fetch & Play Mainan Anjing 20 Cm
Pawise Fetch & Play Mainan Anjing 20 Cm

Beli di sini

M-pets Mainan Anjing Flyer Outdoor Dumbbell
M-pets Mainan Anjing Outdoor Dumbbell

Beli di sini

Kamu juga perlu melatih mereka untuk buang air di training pad atau kamar mandi. Hal ini akan membantu kamu agar rumah tidak begitu kotor saat meninggalkan anjing.

Ini dia beberapa rekomendasi training pad anjing yang bisa kamu beli. 

Mpets Dog Training Pads Easyfix 90x60cm
Mpets Dog Training Pads Easyfix 90x60cm

Beli di sini

Mpets Dog Training Pads Karbon 90x60cm
Mpets Dog Training Pads Karbon 90x60cm

Beli di sini

5. Berikan tempat yang luas dan nyaman

meninggalkan anjing di rumah
Sumber: Pexels/oliver irmer

Anjing adalah hewan yang aktif, sehingga kamu perlu menyiapkan tempat luas dan nyaman untuk mereka. Jika meninggalkannya di rumah sendirian, jangan mengurung anjing kamu di kandang, ya. 

Baca Juga:   Mungil dan Imut, Ini Dia 7 Jenis Kucing Kaki Pendek!

Hal tersebut akan membuat mereka stres sampai sakit. Lebih baik pilihlah kandang yang luas dengan bagian atas terbuka. Setidaknya, mereka tetap bisa berlari dan beraktivitas di dalam kandang tersebut.

6. Mintalah seseorang untuk mengecek keadaan anjing

meninggalkan anjing di rumah
Sumber: Pexels/Andrea Piacquadio

Tips meninggalkan anjing di rumah satu ini dapat dikatakan paling penting untuk kamu lakukan, khususnya saat akan pergi cukup lama, seperti mudik.

Kamu perlu meminta seseorang untuk memeriksa keadaan anjing sesekali, mulai dari melihat makanannya, hingga bagaimana mereka buang air kecil dan besar. Soalnya, terkadang anjing tidak mau makan kalau merasa kesepian. 

Kamu dapat membuat daftar panduan perawatan anjing yang berisi rutinitas, cara memandikannya, jadwal makan dan jalan-jalan, serta obat-obatan jika tiba-tiba mereka sakit. Jadinya, anjing kamu tetap terjaga dengan baik.

Nah, itu dia beberapa tips meninggalkan anjing sendirian di rumah. Jika ingin membeli perlengkapan anjing, mulai dari kandang, peralatan mandi, hingga makanannya, kamu bisa menemukannya di toko online resmi Pet Kingdom melalui ruparupa, lho!

Ini dia beberapa rekomendasi produk perlengkapan anjing terbaik yang bisa kamu dapatkan.

Playpen Kandang Anjing Heavy Duty
Playpen Kandang Anjing Heavy Duty

Beli di sini

M-pets 250ml Sampo Anjing Anti Fungal Pro Care
M-pets 250ml Sampo Anjing Anti Fungal Pro Care

Beli di sini

Kitchen Flavor 10 Kg Makanan Anjing
Kitchen Flavor 10 Kg Makanan Anjing

Beli di sini

Alps Natural 400 Gr Makanan Anjing Kaleng
Alps Natural 400 Gr Makanan Anjing Kaleng

Beli di sini

miliki perlengkapan untuk memelihara hewan hemat hingga 50%  klik di sini

Di ruparupa, kamu bisa membeli berbagai peralatan rumah tangga dan perabot berkualitas dari merek-merek ternama milik Kawan Lama Group, yaitu ACE, INFORMA, SELMA, Krisbow, Toys Kingdom, ATARU, dan masih banyak lagi.

Temukan juga berbagai artikel menarik lainnya dari ruparupa hanya di Google News atau klik di sini.