6 Tips Meninggalkan Anjing di Rumah Sendirian

0
1577
tips meninggalkan anjing sendirian di rumah
Sumber: unsplash.com

Memiliki hewan peliharaan, seperti anjing, tentunya dapat mengurangi rasa kesepian di rumah, apalagi kalau kamu tinggal seorang diri. Namun, sewaktu-waktu kamu pasti ingin keluar dan harus meninggalkan anjing di rumah sendirian. 

Pasti kamu akan merasa khawatir karena bisa saja anjing merasa kesepian, bahkan menggonggong terus menerus dan mengganggu tetangga. Dampak buruknya kalau anjing kesepian, bisa saja mereka jadi murung dan tidak mau bermain lagi.

Ruparupa Banner

Nah, tidak mau hal itu terjadi, bukan? Tentunya, setiap orang ingin terus menjaga hubungan baik dengan hewan peliharaannya, makanya tidak akan tega membuat mereka sedih dan kesepian. 

Bolehkah Anjing Ditinggal Sendirian Di Rumah?

Sebenarnya boleh saja untuk meninggalkan anjing sendirian di rumah. Namun, kamu harus mempersiapkan berbagai hal yang mungkin dia butuhkan. Jadi, simak beberapa berikut ini sebelum meninggalkan anjing sendirian di rumah, yuk!

meninggalkan anjing di rumah sendirian
Sumber: unsplash.com

1. Sisakan makanan dan minuman secukupnya

Sama seperti manusia, anjing juga membutuhkan makan dan minum yang cukup. Nah, saat ingin bepergian ke luar, pastikan makanan dan minuman anjing kamu cukup ya, Ruppers.

Kalau kamu hanya pergi seharian, pastikan untuk mengisi wadah makanannya dengan porsi dua kali makan dan minum. Jika kamu akan meninggalkannya dalam waktu 2 hari, gunakan wadah makanan yang lebih besar dan isi dengan makan penuh.

Ini dia rekomendasi tempat makan dan minum untuk anjing. 

Namun, kalau kamu berencana meninggalkannya lebih dari 2 hari, lebih baik titipkan ke pet hotel atau pada orang terdekat, ya. Hal ini bertujuan agar anjing kamu tidak kesepian dan tetap makan dengan baik. 

2. Pastikan semua pintu dan jendela di rumah tertutup

Semua anjing pasti selalu merasa nyaman saat berada di dekat majikannya. Tetapi, kalau kamu terpaksa meninggalkan mereka dan membuatnya merasa kesepian, anjing akan berusaha melakukan sesuatu untuk keluar dari rumah dan mencari majikannya. 

Oleh karena itu, jauhkan anjing kamu dari tangga atau benda-benda yang dapat mereka naiki. Kemudian, pastikan pintu dan jendela di rumah kamu cukup kuat dan tertutup rapat sehingga anjing kamu tidak dapat kabur, ya. 

tips meninggalkan anjing di rumah sendirian

3. Jauhkan barang-barang berbahaya

Karena harus meninggalkan anjing sendirian di rumah, kamu terpaksa tidak dapat mengawasi mereka, bukan? Jadinya, anjing dapat melakukan apa saja tanpa takut dimarahi oleh majikannya. 

Untuk itu, pastikan kamu menjauhkan barang-barang berbahaya, seperti benda tajam dan makanan yang berbahaya buat anjing, serta perlengkapan pecah belah di rumah. Dengan begitu, kamu bisa lebih tenang untuk meninggalkannya sendirian di rumah. 

4. Siapkan kebutuhan anjing

Tidak hanya manusia yang memiliki kebutuhan, tetapi anjing juga, lho. Saat  meninggalkannya, kamu perlu memberikan beberapa mainan yang dapat menemani mereka. 

Anjing menyukai mainan yang dapat mereka gigit, bergelinding, atau berbunyi. Jadi, pastikan untuk memberikan mainan yang mereka sukai, ya. Berikut beberapa rekomendasi mainan anjing yang dapat kamu beli dan berikan kepadanya.

Pawise Fetch & Play Mainan Anjing 20 Cm
Pawise Fetch & Play Mainan Anjing 20 Cm

Beli di sini

M-pets Mainan Anjing Flyer Outdoor Dumbbell
M-pets Mainan Anjing Outdoor Dumbbell

Beli di sini

Kamu juga perlu melatih mereka untuk kencing di training pad atau kamar mandi. Hal ini akan membantu kamu agar rumah tidak begitu kotor saat meninggalkan anjing.

Baca Juga:   31 Nama Kucing Jantan Korea yang Super Lucu

Ini dia beberapa rekomendasi training pad anjing yang bisa kamu beli. 

Mpets Dog Training Pads Easyfix 90x60cm
Mpets Dog Training Pads Easyfix 90x60cm

Beli di sini

Mpets Dog Training Pads Karbon 90x60cm
Mpets Dog Training Pads Karbon 90x60cm

Beli di sini

5. Berikan tempat yang luas dan nyaman

Anjing adalah hewan yang aktif, sehingga kamu perlu menyiapkan tempat luas dan nyaman untuk mereka. Jika meninggalkannya di rumah sendirian, jangan mengurung anjing kamu di kandang, ya. 

Hal tersebut akan membuat mereka stres, bahkan sakit, lho. Lebih baik pilihlah kandang yang luas dengan bagian atas terbuka. Setidaknya, mereka tetap bisa berlari dan beraktivitas di dalam kandang tersebut.

6. Mintalah seseorang untuk mengecek keadaan anjing

Tips meninggalkan anjing di rumah satu ini dapat dikatakan paling penting untuk kamu lakukan, khususnya saat akan pergi cukup lama.

Kamu perlu meminta seseorang untuk memeriksa keadaan anjing sesekali, mulai dari melihat makanannya hingga bagaimana mereka buang air kecil dan buang air besar. Terkadang, anjing tidak mau makan kalau merasa kesepian, lho. 

Kamu dapat membuat daftar panduan perawatan anjing yang berisi rutinitas anjing, cara memandikannya, jadwal makan dan jalan-jalan, serta obat-obatan jika tiba-tiba mereka sakit. Jadinya, anjing kamu tetap terjaga dengan baik.

tips meninggalkan anjing sendirian
Sumber: unsplash.com

Nah, itu dia beberapa tips meninggalkan anjing di rumah sendirian yang dapat kamu pertimbangkan sebelum bepergian. Pastikan untuk melakukan semua hal tersebut agar tidak terdapat masalah ya, Ruppers. 

Jika ingin membeli perlengkapan anjing, mulai dari kandang, peralatan mandi, hingga makanannya, kamu bisa membelinya di Ruparupa.com, lho.

Ini dia beberapa rekomendasi produk perlengkapan anjing terbaik yang bisa kamu dapatkan.

Playpen Kandang Anjing Heavy Duty
Playpen Kandang Anjing Heavy Duty

Beli di sini

M-pets 250ml Sampo Anjing Anti Fungal Pro Care
M-pets 250ml Sampo Anjing Anti Fungal Pro Care

Beli di sini

Kitchen Flavor 10 Kg Makanan Anjing
Kitchen Flavor 10 Kg Makanan Anjing

Beli di sini

Alps Natural 400 Gr Makanan Anjing Kaleng
Alps Natural 400 Gr Makanan Anjing Kaleng

Beli di sini