Penyebab dan Cara Mengatasi Anjing Tidak Mau Makan, Pernah Mengalaminya?

0
20593
tempat tidur anjing

Tidak hanya manusia, anjing juga dapat kehilangan nafsu makan, lho. Hal ini tentu akan membuat kamu merasa cemas dan bertanya-tanya apa yang terjadi pada anabul kesayangan.

Apalagi, ketika anjing terlihat lemas dan tidak seaktif biasanya. Kalau sudah begini, kamu harus segera mencari tahu penyebab anjing tidak mau makan terlebih dahulu.

Ruparupa Banner

Jika dibiarkan terus-menerus, masalah kurang nafsu makan tersebut akan berujung pada anoreksia. Tentunya, ini akan memengaruhi perilaku dan psikologis anjing. Pada kondisi terburuk, anoreksia bisa menyebabkan kematian.

Lantas, Apa Penyebab Anjing Tidak Mau Makan?

Sebagai pemilik anjing, kamu harus melakukan pemeriksaan rutin pada gerak-gerik dan pola makan mereka. Jika tidak mau makan, ini dia beberapa kemungkinan penyebabnya.

1. Masalah gigi

penyebab anjing tidak mau makan
Sumber: Pexels/Tima Miroshnichenko

Anjing yang sudah tua lebih mudah mengalami kerusakan gigi dan gusi. Inilah yang membuat mereka tidak nyaman saat mengunyah makanan, sehingga nafsu makan pun menurun.

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah memberikan makanan lunak agar mudah dicerna. Namun, pastikan kamu tetap melakukan pemeriksaan gigi dengan dokter hewan untuk mengetahui permasalahan mulut yang sedang terjadi.

Selain itu, pastikan anjing kamu selalu rutin sikat gigi.

 

Mpets Pasta Gigi Anjing Rasa Mint
Mpets Pasta Gigi Anjing Rasa Mint

Beli di sini

Mpets Sikat Gigi Anjing Double
Mpets Sikat Gigi Anjing Double

Beli di sini

2. Perubahan pola makan

Anjing yang telah menua akan mengalami perubahan pola makan karena ketidakmampuannya dalam mengolah makanan seperti saat masih muda.

Kondisi ini perlu mendapatkan penanganan khusus dari dokter hewan agar anjing tua tetap dapat gizi yang cukup.

3. Penyakit

penyebab anjing tidak mau makan
Sumber: Pexels/Bruno Cervera

Menurunnya nafsu makan menjadi indikasi penyakit tertentu, termasuk kanker, gagal ginjal, kutu, hingga berbagai infeksi sistemik.

Apalagi, bila anjing menunjukan gejala lain pada waktu bersamaan, seperti lesu, mata berair, tidur terus-menerus, muntah, dan yang lainnya. Bila kondisi ini terus berlanjut, maka kamu perlu konsultasi kepada dokter hewan untuk memeriksa.

4. Vaksinasi

Jika anjing peliharaan kamu baru melakukan vaksinasi, terkadang kondisi ini bisa memberikan efek samping, baik yang bersifat ringan maupun berat. Dalam beberapa kondisi, efek ini bisa memengaruhi hilangnya nafsu makan sementara pada anjing.

5. Tempat baru

penyebab anjing tidak mau makan
Sumber: Pexels/Blue Bird

Jika anjing kehilangan nafsu makan saat kamu membawanya pergi jalan-jalan atau pindah ke lokasi baru, mungkin anjing sedang melakukan adaptasi terhadap jenis makanan dan lingkungan baru tersebut.

Baca Juga:   7 Rekomendasi Dry Food Kucing Terbaik di Tahun 2023

Terkadang, beberapa hewan juga dapat mengalami mabuk perjalanan ataupun perasaan gugup dan tidak nyaman di tempat baru.

Untuk mengatasinya, kamu bisa ajak mereka jalan-jalan di lingkungan sekitarnya.  Cara lainnya adalah ajak anabul kesayangan kamu buat ikutan acara Paw Jog pada tanggal 30 Juli 2023 di QBIG BSD City.

Di acara tersebut, mereka bisa bertemu dengan anjing lainnya biar merasa akrab dan mudah beradaptasi dengan tempat baru.

paw jog
Acara Paw Jog 2023

6. Perubahan rutinitas

Perubahan sederhana dalam rutinitas sehari-hari juga dapat membuat mereka tidak nafsu makan. Pasalnya, mereka akan mengalami stres akibat beradaptasi dengan situasi yang baru, seperti perubahan jam makan sehari-hari.

 

Maka dari itu, pastikan kamu melakukan perubahan secara bertahap agar anjing bisa belajar dan terbiasa dengan situasi baru.

7. Makanan asing yang tidak cocok

penyebab anjing tidak mau makan
Sumber: Pexels/Rarnie McCudden

Tidak semua makanan manusia akan cocok dengan sistem pencernaan anjing. Pastikan kamu memerhatikan komposisi makanannya terlebih dahulu.

Hindari memberikannya makanan pedas, terlalu manis, dan produk olahan susu yang berlebih karena dapat menyebabkan diare pada anjing.

8. Cacingan

Cacingan juga menjadi salah satu penyebab menurunnya selera makan pada anjing peliharaan. Untuk mengatasi permasalahan cacing usus, kamu harus menjaga kualitas makanan yang dikonsumsinya sehari-hari.

Tidak hanya itu, kamu juga perlu memastikan lingkungan anjing tetap bersih untuk ditempati. Untuk mengatasi permasalahan ini, kamu bisa memberikan obat cacing.

9. Kurangnya vitamin B

Vitamin B kompleks (B1, B12, B6) merupakan indikator utama yang wajib dipenuhi pada anjing. Kekurangan salah satu vitamin ini akan menyebabkan penurunan selera makan, kurangnya sel darah merah, hingga permasalahan syaraf pada tubuh anjing.

10. Dehidrasi

penyebab anjing tidak mau makan
Sumber: Pexels/Vova Kras

Tidak hanya makanan, anjing juga membutuhkan cairan untuk mengurangi risiko dehidrasi. Soalnya, tubuh anjing akan membusuk dalam waktu singkat jika tidak mendapatkan asupan air yang cukup.

Selain itu, kekurangan cairan juga bisa membuat anjing akan merasa sedih, gugup, dan tidak tertarik pada makanan.

11. Kehamilan

Kehamilan akan memengaruhi perubahan hormon pada anjing. Kondisi ini akan membuat porsi makan mereka jadi lebih sedikit dari biasanya.

Baca Juga:   10 Jenis Kucing Peliharaan yang Menggemaskan, Tertarik Buat Pelihara?

12. Alergi

penyebab anjing tidak mau makan
Sumber: Pexels/Tima Miroshnichenko

Kondisi alergi juga akan berdampak pada nafsu makan anjing. Sebaiknya, kamu melakukan pemeriksaan alergi pada anjing terlebih dahulu agar bisa meminimalisir kontak antara anabul dengan sumber alerginya tersebut.

Bagaimana Cara Mengatasi Anjing Tidak Mau Makan?

Setelah memahami penyebab anjing tidak mau makan, berikut ini cara mengatasinya yang bisa kamu ikuti.

1. Hindari camilan yang berlebihan

cara mengatasi anjing tidak mau makan
Sumber: Pexels/Zen Chung

Memberikan camilan dalam jumlah banyak bisa membuat anjing ketergantungan dengan jenis makanan yang lezat.

Meski makanan utamanya punya kandungan gizi lebih banyak, tetapi anjing akan tetap menolak karena rasanya berbeda dengan camilan mereka. Untuk itu, kamu harus membatasi pemberian camilan dengan jangka waktu jauh dari jam makan utama mereka.

2. Mengajak anjing lain makan bersama

Kamu dapat mengajak anjing lainnya untuk menemani momen makan mereka. Teknik ini bisa memacing kembali keinginannya untuk makan dengan lahap, terutama ketika temannya menyantap makanan yang sama.

3. Berikan jenis makanan dan nutrisi yang sesuai

Pastikan kamu memperhatikan jenis makanan yang disukai oleh anjing. Apalagi, setiap anjing memiliki asupan nutrisi yang berbeda. Berikan makanan yang sesuai dan pastikan jumlah kalori harian mereka dapat terpenuhi dengan baik agar nutrisinya tetap terjaga.

Ini dia beberapa rekomendasi makanan anjing yang bisa kamu berikan pada anabul.

 

memelihara anjing
Royal Canin Mini Exigent Dry Makanan Anjing Dewasa 1Kg

Beli di sini

rekomendasi makanan anjing
Pro Plan 2.5kg Makanan Anjing Puppy Sensitive Skin

Beli di sini

 

rekomendasi makanan anjing
Alps Natural 400 Gr Makanan Anjing Pureness Beef

Beli di sini

rekomendasi makanan anjing
Doggyman 360 Gr Makanan Anjing Beef Sausages

Beli di sini

Nah, itu tadi penjelasan lengkap mengenai penyebab dan cara mengatasi anjing tidak mau makan. Semoga efektif buat bikin anabul nafsu makan lagi, ya.

Semua makanan dan perlengkapan anjing yang kamu butuhkan bisa ditemukan di toko online resmi Pet Kingdom melalui ruparupa.

temukan perlengkapan anjing terbaik hemat sampai 50% KLIK DI SINI

Melalui ruparupa, kamu juga bisa belanja perabot dan mainan anak berkualitas dari merek-merek unggulan milik Kawan Lama Group, yaitu ACE, INFORMA, SELMA, Toys Kingdom, ATARU, dan masih banyak lagi.

Temukan juga berbagai artikel menarik lainnya dari ruparupa hanya di Google News atau klik di sini.