13 Makanan Anjing yang Sehat dari Makanan Manusia

0
38141

Anda memiliki anjing peliharaan di rumah? Pastinya Anda akan berusaha memperhatikannya dengan baik, terutama untuk makanan mereka. Makanan dapat menentukan kondisi kesehatan dan menunjang aktivitas anjing Anda. Untuk itu, Anda perlu mengetahui makanan apa yang sehat untuk mereka konsumsi. Tidak perlu khawatir, Anda dapat menemukan beragam makanan sehat untuk anjing di rumah Anda dengan mudah, loh.

makanan anjing apel
Sumber : topdogtips.com

13 Makanan Anjing yang Sehat di Rumah

Berikut 13 makanan yang baik untuk kesehatan anjing Anda dan mudah Anda temukan di rumah: 

Ruparupa Banner

Jeroan

Anda pasti tahu apa itu jeroan. Bagian jeroan, seperti otak, hati, usus, dan babat dapat menjadi makanan yang baik untuk anjing kesayangan Anda. Jeroan dapat membantu meningkatkan kekuatan serta mendukung pembentukan sel darah merah pada anjing Anda. Selain itu, jeroan juga ternyata dapat menjaga daya tahan tubuh anjing Anda, loh.

Jeroan seperti hati
Sumber: Pexels/Ragil Tagiyev

Daging tanpa lemak

Terdapat banyak sekali manfaat yang terkandung dalam daging tanpa lemak ini sehingga membuatnya sangat cocok untuk menjadi makanan anjing kesayangan Anda. Daging tanpa lemak kaya akan asam amino dan juga vitamin B, yang dapat menjaga metabolisme anjing Anda. 

Makanan ini juga dapat memberi anjing Anda protein lebih yang berkualitas pada makanannya. Anda dapat memilih daging ayam, sapi, ataupun babi tanpa menambahkan bumbu dan kemudian menyajikannya untuk anjing peliharaan Anda. 

Kaldu tulang

Makanan anjing selanjutnya adalah kaldu tulang. Anda dapat langsung membelinya atau membuatnya sendiri. Cara membuatnya cukup mudah, yaitu hanya dengan merebus tulang sapi atau ayam dengan api kecil selama beberapa jam hingga warna kuah kaldu tersebut berubah menjadi keruh dan kental. 

Kaldu tulang ini dapat membantu menyehatkan saluran pencernaan anjing Anda. Selain itu, kaldu tulang juga bermanfaat untuk mengurangi peradangan, mendetoks hati, memperkuat tulang, dan meningkatkan daya tahan tubuh anjing Anda.

Oatmeal

Mungkin oatmeal adalah makanan Anda untuk sarapan setiap harinya. Ternyata, oatmeal juga dapat menjadi makanan bagi anjing kesayangan Anda, loh. Oatmeal mengandung serat yang tinggi dan nutrisi penting bagi kesehatan anjing. 

Baca Juga:   Kenapa Royal Canin Berbeda dari Makanan Hewan Lainnya?

Namun, Anda harus memasaknya dengan benar sebelum menyajikannyapada anjing kesayangan Anda. Jika Anda memiliki anjing yang sudah tua dan mulai kesulitan mencerna makanan, oatmeal adalah pilihan tepat untuk menjadi makanannya sehari-hari.

Oatmeal bisa dikonsumsi oleh anjing
Sumber: Pexels/Mike

Telur

Anda juga dapat menyajikan telur matang untuk anjing. Telur memang mengandung protein yang tinggi, tetapi juga tinggi lemak sehingga Anda tidak boleh sering-sering memberikan kepada anjing. Selain itu, jangan memberikan telur yang mentah ataupun setengah matang karena dikhawatirkan dapat membuat mereka jadi terkontaminasi bakteri Salmonella. 

Telur untuk makanan anjing
Sumber: Pexels/ge yonk

Apel 

Buah apel memang menjadi favorit banyak orang, bahkan anjing juga menyukainya, loh. Anda dapat memotong apel menjadi irisan kecil untuk menjadi camilan anjing. 

Jangan lupa untuk membuang biji apel sebelum menyajikannya untuk anjing Anda. Apel dapat memberikan serat dan vitamin lebih untuk anjing, serta dapat menjaga kesehatan giginya. 

Ikan salmon

Makanan anjing selanjutnya adalah ikan salmon. Ikan ini memiliki kandungan lemak omega 3 yang tinggi dan sangat baik untuk anjing peliharaan Anda. Pada anjing, ikan salmon dapat membantu menjaga kesehatan,keindahan bulunya, dan meningkatkan daya tahan tubuh mereka. Salmon yang matang  tentu akan menjadi makanan favorit anjing Anda! 

Berikan salmon matang untuk makanan anjingmu
Sumber: Pexels/RODNAE Productions

Brokoli

Seperti yang kita ketahui, brokoli mengandung banyak sekali vitamin yang baik untuk kesehatan, termasuk untuk anjing. Anda dapat memberikan brokoli pada anjing untuk mendorong nutrisi tubuhnya. 

Tetapi, Anda tidak boleh memberikannya terlalu banyak karena dapat menyebabkan iritasi gastrointestinal. Jadi, pastikan Anda membatasinya hanya dibawah 10 persen dari makanannya secara keseluruhan dalam sehari, ya. 

Keju

Pilihlah keju yang memiliki kandungan garam yang sedikit dan rendah lemak untuk diberikan pada anjing Anda. Keju mengandung kalsium dan protein yang tinggi sehingga cocok menjadi camilan anjing Anda. Tetapi, jangan berikan keju kepada anjing yang tidak dapat mencerna produk susu atau laktosa.

Baca Juga:   Cat Rumah Pantone: Serenity & Rose Quartz
Keju bisa menjadi alternatif makanan untuk anjing peliharaan
Sumber: Pexels/Tabitha Mort

Pisang

Kandungan vitamin yang banyak dalam pisang membuatnya sangat cocok untuk anjing kesayangan Anda. Berilah pisang yang sudah diiris atau dilumatkan ke dalam makanannya, terutama bila  anjing Anda mengalami gangguan pencernaan.

Pisang
Sumber: Pexels/Juan Salamanca

Buncis

Buncis adalah salah satu makanan untuk anjing yang rendah kalori dan mengandung zat besi yang tinggi. Anda dapat memberikan buncis yang dimasak tanpa garam agar anjing Anda terhindar dari diare dan muntah-muntah. 

Wortel

Potongan wortel juga dapat menjadi camilan yang tepat untuk anjing Anda karena memiliki kandungan serat dan vitamin yang tinggi, tetapi tetap rendah kalori. Selain itu, dengan mengunyah wortel, kesehatan gigi anjing Anda dapat lebih terjaga, loh

Anda dapat menyajikan wortel yang mentah atau matang, tetapi pastikan Anda memotongnya seukuran gigitan anjing agar ia tidak tersedak. Supaya pola makan anjing Anda tetap seimbang, hindari memberinya lebih dari satu wortel per hari sebagai camilan.

Wortel bisa menjadi pilihan untuk makanan yang dikonsumsi anjing
Sumber: Pexels/mali maeder

Makanan fermentasi

Dalam makanan fermentasi, terkandung banyak sekali bakteri baik bagi anjing Anda. Makanan ini mampu membantu proses detoksifikasi usus dan meningkatkan daya tahan tubuh anjing. Salah satu makanan fermentasi yang baik adalah yogurt.

Nah, itu dia 13 makanan anjing yang sehat dari bahan makanan manusia. Banyak variasi dan mudah Anda temukan, bukan? Bagi Anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk menyiapkan makanan tersebut untuk anjing Anda, tenang saja karena sekarang sudah banyak yang menjualnya dalam bentuk kemasan. Salah satunya bisa Anda temukan di Ruparupa.com. Klik disini untuk membeli berbagai makanan anjing berkualitas di Ruparupa.com. 

Berikut beberapa rekomendasi produk yang dapat Anda beli di Ruparupa.com :

Jerhigh Cemilan Anjing Pisang 70 Gr
Jerhigh Cemilan Anjing Pisang 70 Gr beli di Ruparupa.com.
Camilan ini terbuat dari daging ayam asli dan bahan pilihan berkualitas yang diolah menjadi camilan kaya nutrisi dan vitamin rasa pisang yang menyehatkan bagi hewan.

Beli di sini

Royal Canin Shn Xsmall Junior 1.5 Kg
Royal Canin Shn Xsmall Junior 1.5 Kg beli di Ruparupa.com.
Makanan Anjing ini khusus dibuat untuk anak anjing ras kecil yang sangat rentan terhadap konstipasi sehingga membutuhkan asupan serat seimbang untuk membantu melancarkan makanan di usus dan menghasilkan kualitas feses yang baik.

Beli di sini

Tempat Makan Anjing Anti Semut Ukuran M
Tempat Makan Anjing Anti Semut Ukuran M beli di Ruparupa.com.
Tempat makan berwarna merah yang mencolok ini memiliki desain yang aman dan ramah lingkungan sehingga anda tidak perlu menggunakan pestisida atau deterjen beracun untuk memisahkan makanan hewan peliharaan anda dari semut.

Beli di sini

Snack Bisukuit Anjing Rasa Keju
Snack Bisukuit Anjing Rasa Keju
Camilan untuk anjing dengan rasa keju

Beli di sini