Sejarah Kucing Scottish Fold yang Harus Kamu Tahu

0
10554
kucing scottish fold
Sumber: Pexels/cottonbro studio

Scottish fold termasuk ras kucing yang paling unik dan mencolok karena mereka punya telinga berbentuk melipat. Selain itu, karakter kucing ini juga manis dan lembut, sehingga bisa jadi opsi kalau kamu mau memeliharanya.

Tak heran, ada banyak aktris terkenal yang menjadikan kucing ini sebagai peliharaan, salah satunya, yaitu Pevita Pearce.

Ruparupa Banner

Namun, harga kucing scottish fold ini cukup fantastis atau sekitar Rp20 jutaan karena rasnya berasal dari luar negeri.

Lantas, Bagaimana Sejarah Kucing Scottish Fold?

scottish fold
Sumber: Unsplash/Đồng Phục Hải Triều

Ras ini pertama kali ditemukan pada tahun 1961 di sebuah peternakan di Perthshire, Skotlandia. Kucing pertama yang memiliki telinga melipat ini bernama Susie.

Ia menjadi nenek moyang ras scottish fold dan mengalami mutasi alami untuk telinga yang terlipat, sehingga diwariskan kepada separuh anak kucingnya.

Nah, keunikan ini menarik perhatian peternak kucing bernama William dan Mary Ross  yang memutuskan untuk ikut memeliharanya.

Pasangan Ross tersebut kemudian membiakkan Susie dengan kucing domestik lokal hingga menghasilkan anak kucing bertelinga melipat.

Meskipun awalnya menerima kritik karena khawatir dengan mutasi genetik tersebut, ras ini tetap diminati dan terus berkembang.

Akhirnya, pada tahun 1978, American Cat Fanciers Association (ACFA) menjadi organisasi pertama yang mengakui scottish fold sebagai ras resmi.

Sejak itu, ras ini telah diakui oleh banyak organisasi kucing lainnya, termasuk The International Cat Association (TICA) dan Cat Fanciers’ Association (CFA).

Uniknya, anak kucing ras scottish fold tidak terlahirkan dengan telinga terlipat, lho. Telinga anak kucing yang membawa gen tersebut mulai melipat sekitar di hari ke-21, yang dimulai dengan tepi luar telinga.

Baca Juga:   4 Cara Mudah Membersihkan Kandang Hewan

 Apa Gen Kucing ras Scottish Fold?

kucing scottish fold
Sumber: Unsplash/Sergey Semin

Gen lipatan adalah gen dominan autosom tidak lengkap yang dapat memengaruhi perkembangan tulang pada seluruh tubuh kucing. Nah, seekor kucing yang memiliki dua salinan gen dikatakan homozigot.

Sayangnya, kucing scottish fold yang memiliki dua salinan gen dengan telinga terlipat dapat mengalami masalah kesehatan, seperti artritis yang melumpuhkan pada usia muda.

Jadi, sebenarnya ada kontroversi mengenai apakah kucing-kucing ini memiliki kualitas hidup yang baik atau rentan terhadap rasa sakit dan kecacatan.

Untuk itu, kucing dengan telinga terlipat ini harus kawin dengan yang telinganya tidak terlipat agar anak mereka tidak menerima dua salinan gen tersebut. 

Bagaimana Cara Memelihara Kucing Scottish Fold?

kucing scottish fold
Sumber: Pexels/Anastasia Kostyleva

Sebelum kamu memutuskan apakah scottish fold adalah ras kucing yang tepat untuk dipelihara, sebaiknya lakukan riset dahulu. 

Bila sudah yakin, pastikan kamu mengetahui tips merawat dan memelihara kucing scottish fold, seperti di bawah ini.

1. Berikan makanan sehat

Pilih makanan yang dirancang khusus untuk kucing dengan tambahan nutrisi penting, seperti protein, vitamin, dan mineral. Selain itu, kamu juga harus memastikan bahwa kucing satu ini memiliki akses yang cukup ke air bersih.

Kami memiliki beberapa rekomendasi makanan yang bisa kamu berikan di bawah ini.

 

makanan kucing scottish fold
Whiskas 1.1 Kg Makanan Kucing Kering Pocket Junior

Cek di sini

Royal Canin Fit Dry Makanan Kucing Dewasa 2 Kg
Royal Canin Fit Dry Makanan Kucing Dewasa 2 Kg

Cek di sini

2. Rawat kebersihan kucing secara berkala

Scottish fold memiliki bulu yang cukup panjang, sehingga kamu harus rutin menyisir bulunya untuk menghindari kusut. Perhatikan juga kebersihan telinga dan kuku mereka, serta lakukan pemotongan kuku secara teratur.

Baca Juga:   8 Fakta Menarik Anjing Corgi yang Tingkahnya Manis

Berikut rekomendasi alat gunting kuku dan sisir hewan yang bisa kamu beli. 

 

gunting kuku kucing
M-pets 5.5×8 Cm Gunting Kuku Hewan – Hitam

Cek di sini

sisir scottish fold
M-pets Sisir Hewan Mini – Biru

Cek di sini

3. Bawa kucing ke dokter secara rutin

Untuk memastikan kesehatannya terjaga, pastikan kamu selalu melakukan pengecekan kepada dokter hewan. Berikan mereka vaksin dan perlindungan tambahan terhadap kutu. Jika ada gejala muntah, diare, atau sulit makan, segera bawa mereka ke dokter hewan, ya.

4. Ajak bermain

Kamu juga perlu nih memberikannya mainan interaktif yang memicu gerakan dan stimulasi mental. Kemudian, pastikan kamu selalu mengajaknya bermain karena mereka termasuk kucing sosial yang membutuhkan perhatian dan kasih sayang. 

 

Pawise Mainan Kucing Rainbow Teaser
Pawise Mainan Kucing Rainbow Teaser

Cek di sini

Pawise Mainan Kucing Scratcher Lawrencer 54x54x127cm
Pawise Mainan Kucing Scratcher Lawrencer 54x54x127cm

Cek di sini

Nah, sekarang kamu sudah mengetahui sejarah dan tips memelihara kucing scottish fold. Apakah kamu tertarik untuk memelihara kucing jenis ini? Bila ya, semua perlengkapannya bisa kamu beli di toko online resmi Pet Kingdom melalui ruparupa.

temukan perlengkapan memelihara hewan kesayangan hemat sampai 50% klik di sini

Hanya di ruparupa, kamu bisa menemukan berbagai perlengkapan dapur dan kamar mandi dari merek-merek terkenal milik Kawan Lama Group, yaitu ACE, INFORMA, SELMA, Krisbow, Toys Kingdom, ATARU, dan masih banyak lagi.

Temukan juga berbagai artikel menarik lainnya dari ruparupa hanya di Google News atau klik di sini.