5 Pertimbangan Sebelum Mengadopsi Anjing

0
2827

Memiliki hewan peliharaan memang akan memberikan kesenangan tersendiri di rumah. Salah satu hewan yang cocok menjadi teman sekaligus penjaga rumah adalah anjing. Dengan tingkah dan wajahnya yang lucu, tentu bisa membuat sang pemilik melupakan kepenatannya selama beraktivitas sehari-hari.

Jika Anda tidak ingin membeli anjing, saat ini telah hadir beberapa komunitas pecinta hewan akan merekomendasikan untuk mengadopsi anjing yang telah mereka jaga. Namun, memang tidak mudah untuk Anda yang baru pertama kali belajar untuk memelihara anjing.

Ruparupa Banner

5 Pertimbangan Sebelum Mengadopsi Anjing

Sebelum Anda memutuskan untuk mengadopsi anjing, pertimbangkan 5 hal ini terlebih dahulu:

1. Lingkungan yang kondusif

Pertimbangkan kondisi lingkungan tempat tinggal Anda terlebih dahulu. Seperti apakah area komplek setuju dengan adanya anjing baru. Selain itu, perhatikan kondisi rumah yang menjadi tempat berteduh untuk anjing peliharaan Anda nanti.

Pastikan mereka selalu berada pada tempat yang aman dan nyaman agar kesehatannya tetap terjaga. Perhatikan juga barang-barang di sekitar Anda agar tidak digigit ataupun ditelan oleh anjing. Misalnya, cairan membahayakan seperti deterjen, yang mudah tertelan oleh hewan peliharaan Anda. Selain itu, hindari juga tanaman hias beracun yang berbahaya jika dikonsumsi oleh anjing.

2. Komitmen yang kuat

Memelihara anjing bagaikan membesarkan anak kecil. Layaknya makhluk hidup, memelihara anjing juga membutuhkan komitmen untuk merawat dan memberi mereka makanan yang layak, serta kasih sayang.

Mengadopsi anjing sama saja dengan menambah satu anggota keluarga baru ke dalam rumah. Apalagi, anjing juga memerlukan perhatian khusus, baik dari segi uang, waktu, dan perawatan. Oleh karena itu, pastikan Anda memahami komitmen jangka panjang dan cobalah berdiskusi dengan anggota keluarga satu rumah untuk menggambil keputusan ini.

Baca Juga:   Kucing Sedang Stres? Ikuti 7 Cara Mengatasinya Ini

3. Sabar memahami dan melatih anjing adopsi

Anjing juga memiliki karakteristik dan kepribadian yang berbeda-beda. Anda tidak bisa memukulratakan anjing peliharaan Anda dengan milik tetangga. Apalagi, Anda tidak bisa memprediksi sikap jenis anjing yang akan diadopsi.

Jadi, pastikan Anda punya kesabaran yang tinggi untuk mendidik anjing hingga menjadi jinak. Mulai dari hal sederhana, seperti  melatih anjing untuk tidak buang air kecil dan besar sembarangan, sampai melatih kepribadiannya agar tidak mudah menggigit anak-anak di rumah.

Bila anjing tidak mendapatkan didikkan yang tepat, bisa-bisa mereka mudah menyerang orang lain. Tentu, hal ini dapat menimbulkan trauma yang mendalam baik, termasuk buat diri Anda sendiri.

4. Biaya adopsi anjing yang tidak murah

Faktanya, membesarkan anjing juga tidak murah, loh. Tidak hanya sekedar memberikan makan dan juga tempat tinggal, Anda juga perlu menjaga kesehatannya, termasuk memberikan pemberian vaksin khusus.

Selain itu, anjing juga membutuhkan perawatan rutin untuk menjaga kesehatannya, seperti perawatan mandi, perlu rutin ke salon, serta minum vitamin khusus. Pasalnya, anjing merupakan salah satu makhluk hidup yang rentan terhadap infeksi, seperti infeksi kutu pada bulu dan badan anjing.

5. Pilih jenis anjing yang sesuai kebutuhan Anda

Pikirkan secara matang dan jangan mudah terbawa emosi ketika mengadopsi anjang. Bisa-bisa ini akan berujung pada keputusan yang kurang tepat. Lakukan riset terlebih dahulu dalam kondisi yang tenang agar Anda dapat memikirkan baik-baik hewan peliharan yang sesuai dengan lingkungan, serta karakteristik Anda dan keluarga.

Baca Juga:   Cara Membuat Ketupat Lebaran yang Kenyal & Pulen

Apalagi, ada banyak jenis dan ukuran anjing yang bisa Anda jumpai. Mulai dari jenis anjing penjaga, teman bermain, anjing cantik, hingga anjing berkebutuhan khusus, seperti anjing husky, yang membutuhkan perawatan ekstra di ruangan dingin. Jadi, pilihlah secara perlahan sampai mendapatkan yang cocok.

***

Itu dia 5 hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memutuskan untuk adopsi anjing, baik dari dog shelter ataupun anjing tak bertuan. Ingat, bahwa memelihara anjing bukan hanya sekedar lucu-lucuan, tetapi Anda juga harus bisa memastikan kesehatan dan kebutuhan hidupnya. Maka dari itu, pastikan Anda telah mempersiapkan mental yang cukup untuk memutuskan adopsi anjing di rumah.

Nah, buat Anda yang mencari berbagai kebutuhan untuk hewan peliharaan, Anda bisa langsung ke ruparupa.com. Di situs ini, And abisa menemukan berbagai perlengkapan, mulai dari tempat tidur, vitamin, makanan, hingga obat-obatan khusus anjing. Yuk, mari segera kunjungi Ruparupa dan dapatkan beragam kebutuhan anjing dengan kualitas premium, seperti beberapa rekomendasi produk berikut ini.

makanan adopsi anjing

Beli disini

tempat tidur adopsi anjing

Klik disini

vitamin adopsi anjing

Beli disini

Selain menyediakan kebutuhan anjing, Anda juga bisa menemukan berbagai kebutuhan rumah tangga dengan kualitas terbaik hanya di Ruparupa.