17 Hewan Peliharaan yang Mudah Dirawat di Rumah

0
8580
hewan peliharaan

Kamu kesepian di rumah dan ingin memiliki hewan peliharaan ? Ada banyak sekali hewan yang dapat kamu pelihara dengan mudah di rumah dan dapat menemani kamu sehari-hari. Dengan adanya hewan yang menemani, kamu dapat merasa lebih bahagia. Suasana rumah kamu juga dapat menjadi lebih hangat. 

17 Hewan Peliharaan yang Mudah Dirawat

Berikut 17 hewan yang dapat kamu peliharan dengan mudah dirumah dan tentunya dapat menemani hari-hari kamu :

Anjing

Anjing sebagai hewan peliharaan
Sumber : pexels.com

Hewan peliharaan pertama yang dapat kamu pelihara di rumah adalah anjing. Anjing adalah hewan yang penyayang dan setia kepada tuannya. Selain bisa menjadi teman main kamu, anjing juga dapat membantu menjaga rumah loh, karena biasanya saat ada orang asing, dia dapat menggonggong. 

Untuk di rumah, kamu dapat memilih anjing pomeranian, poodle, golden, pug, dan beberapa jenis anjing kecil lainnya. Anjing juga butuh perhatian loh. Jadi saat memeliharanya, jangan lupa untuk sering-sering mengajaknya bermain, jalan-jalan dan tentunya merawatnya dengan baik agar anjing tidak stres dan sakit.

Kucing

kucing sebagai hewan peliharaan
Sumber : pexels.com

Jika kamu ingin memiliki hewan peliharaan tetapi kamu sibuk dan tidak dapat menghabiskan banyak waktu dengan peliharaan, kucing dapat kamu jadikan salah satu pilihan. Kucing adalah hewan yang tenang dan cenderung lebih suka menyendiri. 

Walaupun begitu, kamu tetap harus merawatnya dengan baik dan memberinya asupan gizi yang cukup ya, Ruppers. Kamu dapat memilih beberapa jenis kucing, seperti anggora, persia, british shorthair, dan lain-lain. 

Hamster

hamster sebagai hewan peliharaan
Sumber : pexels.com

Kamu tidak mempunyai tempat yang luas tapi ingin memiliki hewan di rumah ? Hamster akan jadi solusinya. Hewan satu ini memiliki ukuran yang kecil sehingga kamu dapat leluasa meletakkan kandangnya di mana saja. 

Namun, saat memelihara hamster, lebih baik tidak langsung membelinya dalam jumlah yang banyak ya, Ruppers, karena hewan ini agak sulit bergaul. Segera pisahkan hamster kamu jika terlihat memulai perkelahian.

Landak Mini

landak mini
Sumber : pexels.com

Kamu takut jika memelihara landak ? Jangan khawatir, Ruppers! Landak mini yang menggemaskan ini berbeda dengan landak berukuran besar. Hewan ini lebih bersahabat dan mudah untuk merawatnya. Tetapi kamu tetap harus berhati-hati saat memegangnya agar tidak tertusuk duri-duri kecilnya. 

Ikan Cupang

ikan cupang
Sumber : pexels

Pastinya kamu sudah tidak asing kan dengan hewan yang sedang ngetren akhir-akhir ini ? Ya, ikan cupang ! Ikan ini memiliki tubuh yang sangat cantik dengan bermacam warna. Cara merawatnya pun mudah. Kamu dapat memeliharanya untuk mempercantik rumah. 

Kura-kura

kura-kura
Sumber : pexels.com

Jika kamu tertarik memelihara kura-kura, pilihlah jenis kura-kura yang tidak dilindungi, seperti kura-kura Brazil ya, Ruppers. Merawat hewan ini tidak tergolong mudah. Hewan ini dapat memakan sayuran, cacing, buah, pelet, dan serangga. Kamu harus menjaga kualitas air dan memberinya makan secara teratur.

Ikan Mas Koki

ikan mas
Sumber : pexels.com

Kamu dapat dengan mudah merawat ikan koki ini di akuarium kecil dan tidak memerlukan banyak perawatan khusus. Yang harus kamu perhatikan adalah rutinlah membersihkan akuariumnya karena kotoran yang ada akan membuat air asam dan ikan menjadi lemah bahkan mati. 

Burung Love Bird

burung lovebird
Sumber : flickr.com

Burung dengan warna yang sangat cantik ini juga dapat kamu rawat dengan mudah di rumah. Love Bird memiliki ukuran tubuh yang kecil sehingga kamu dapat meletakkannya di kandang yang kecil. Kamu juga harus sering-sering melatihnya agar dapat memiliki kicauan yang indah. 

Kelinci

kelinci sebagai hewan peliharaan
Sumber : pexels.com

Berbeda dengan kucing dan anjing, kamu memerlukan kandang untuk merawat kelinci agar tidak kabur kemana-mana. Kamu dapat mengeluarkannya sesekali untuk bermain, namun jangan lupa untuk kembali memasukkannya ke kandang ya, Ruppers.

Burung Kakatua

burung kakatua
Sumber : alihamdan.id

Kakatua adalah salah satu burung yang memiliki tampilan menawan dan megah sehingga akan cocok untuk kamu rawat di rumah. Kamu dapat melatihnya untuk mengikuti suara yang kamu sebutkan. Kamu dapat merawat burung kakatua dengan mudah dan makanannya juga sangat variatif. 

Sugar Glider

sugar glider
Sumber : besthqwallpapers.com

Termasuk salah satu hewan peliharaan yang unik, sugar glider dapat melebarkan tubuhnya sendiri dan memiliki kemampuan untuk melayang cukup jauh. Sugar glider adalah hewan yang menyukai makanan manis seperti buah. Kamu dapat dengan mudah merawat hewan satu ini dan tidak perlu repot membersihkannya karena sugar glider selalu menjaga kebersihan tubuhnya sendiri. 

Guinea Pig

guinea pig
Sumber : pexels.com

Hewan peliharaan satu ini juga mudah untuk kamu rawat dirumah. Namun, kamu harus memastikan kandangnya selalu bersih karena hewan ini mudah sakit jika kandang atau tempat makanannya kotor.

Iguana

iguana sebagai hewan peliharaan
Sumber : pexels.com

Walaupun terlihat ganas, ternyata iguana merupakan hewan bersahabat kesayangan loh. Kamu dapat memilih iguana berwarna hijau karena lebih jinak dan mudah beradaptasi. Iguana biasanya menyukai serangga, ulat bulu, sayuran dan biji-bijian. Kamu juga harus memastikan kandang iguana-mu memiliki sirkulasi udara yang baik dan juga bersih. Bersihkan kandang setidaknya satu minggu sekali. 

Gecko

gecko
Sumber : habr.com

Hewan satu ini merupakan reptil sejenis tokek, tetapi gecko memiliki warna atau motif yang lebih menarik. Ukuran gecko sendiri tidak terlalu besar, yakni hanya sekitar 15-20 cm. Gecko merupakan hewan yang tidak berbahaya karena jarang menggigit. Perawatannya juga mudah, yang paling penting adalah kamu harus menjaga kebersihan kandangnya. 

Sea Monkey

sea monkey
Sumber : grunge.com

Dikenal juga dengan monyet laut, sea monkey ini sebenarnya merupakan udang air asin buatan, namun tidak ada kaitannya dengan monyet. Sea monkey ini biasa dijual dalam wujud kering dan dapat kamu pelihara di akuarium. 

Kamu dapat merawatnya dengan mudah, karena sea monkey ini mampu hidup hingga 2 tahun dan juga dapat mati suri saat kondisi lingkungannya sedang tidak baik. 

Otter

otter
Sumber : wattpad.com

Otter dapat menjadi hewan pilihan yang mudah untuk kamu rawat di rumah. Biasa juga dikenal dengan sebutan berang-berang, hewan ini pandai berenang dan suka makan ikan. Otter memiliki karakteristik yang manja sehingga banyak yang suka memeliharanya.

Jika kamu ingin memelihara hewan ini, pastikan untuk menyediakan kolam untuk tempatnya bermain atau berenang. Kamu juga harus memastikan kondisi lingkungannya sejuk agar otter-mu tidak stres.

Ular

ular sebagai hewan peliharaan
Sumber : vsco @caitymiller

Yang terakhir, kamu dapat merawat ular di rumah. Kamu dapat memilih ular yang tidak berbisa dan menempatkannya di kandang. Walaupun perawatannya mudah, biayanya cukup mahal. 

Selain itu, jangan sampai ular kamu terlepas ya, Ruppers, karena akan menakuti keluarga di rumah bahkan tetangga di sekitar rumahmu.

Nah, jadi itu tadi 17 hewan peliharaan yang mudah untuk kamu rawat di rumah. Dengan adanya hewan peliharaan, suasana di rumahmu pasti akan lebih hangat dan menyenangkan. Berikut rekomendasi produk untuk merawat peliharaan yang dapat kamu beli di Ruparupa.com :

Skywindow 54x46x44 Cm Toilet Kucing
Skywindow 54x46x44 Cm Toilet Kucing beli di Ruparupa.com
Pawise Lint Roller Pengangkat Bulu Hewan
Pawise Lint Roller Pengangkat Bulu Hewan beli di Ruparupa.com