Memelihara binatang peliharaan harus dilakukan dengan sepenuh hati dan memerlukan komitmen. Sebelum mengadopsi binatang peliharaan, pastikan seluruh anggota keluarga telah setuju untuk menerima kehadirannya, menjaga, merawat dan memenuhi kebutuhan binatang peliharaan bersama-sama.

Kucing adalah salah satu binatang yang paling banyak dipelihara. Tak hanya imut dan menggemaskan, kucing memang bisa menjadi binatang yang setia menemani kita. Nah, jika Anda sedang berencana mengadopsi kucing, ada baiknya Anda mengetahui hal-hal apa saja yang menjadi kebutuhan binatang peliharaan Anda.

Beberapa pecinta kucing tidak menyukai penggunaan kandang bagi kucing peliharaan mereka. Biasanya mereka bebas membiarkan kucing berlarian dan berlalu lalang di rumah mereka. Apalagi jika rumah Anda memiliki halaman yang cukup luas, kucing tentunya akan sangat senang dan nyaman. Namun terkadang Anda juga sangat membutuhkan kandang, terutama untuk menjaga kucing baru agar tidak kabur saat proses adaptasi berlangsung. Kandang juga berfungsi ketika Anda sedang membersihkan rumah, agar kucing tidak berkeliaran dan mengganggu aktivitas bersih-bersih.

Dalam memilih kandang kucing, perhatikan ukurannya agar sesuai dengan ukuran kucing.

Sebaiknya jangan pilih kandang yang terlalu kecil, agar tidak mengganggu aktivitas kucing. Sebaiknya pilih kandang yang terbuat dari aluminium agar lebih ringan, tidak mudah berkarat dan juga mudah dibersihkan. Anda perlu juga memiliki kandang carrier yang berfungsi bila Anda ingin membawa kucing ke dokter hewan atau memandikan si Manis di petshop.

Kucing juga terkenal sebagai binatang yang suka bermalas-malasan. Siapkan bantal khusus kucing di sudut ruangan, atau berbagai mainan seperti bulu-bulu, ataupun untuk mengasah kuku. Agar si Manis tidak mudah bosan yang dapat berakibat pada perilaku yang memburuk.

Barang yang juga merupakan kebutuhan binatang peliharaan yang tak boleh lupa disiapkan adalah wadah tempat makan dan minum. Hindari tempat makan yang berwadah datar karena bisa membuat makanan kucing berantakan. Wadah dengan dua lubang yang terpisah sekat memang lebih praktis, karena bisa untuk makanan dan minuman. Tetapi lebih baik menggunakan wadah makanan dan minuman kucing yang terpisah, karena tumpahan air bisa membasahi makanan dan membuatnya cepat busuk.

Kucing memang menggemaskan, tetapi memeliharanya juga berarti Anda harus mau berurusan dengan kotorannya. Oleh karena itu pastikan Anda menyiapkan pasir khusus kucing. Pasir khusus kucing ternyata sangat ajaib, dapat mengurangi bau tak sedap dan membantu Anda membersihkan kotoran kucing dengan mudah. Anda hanya perlu menyiapkan box atau tempat khusus untuk pasir kucing. Tuangkanlah pasir kucing, dan sewaktu kucing ingin buang air maka pasir akan menggumpal dengan sendirinya. Kemudian, angkat pasir yang menggumpal dengan sekop khusus secara berkala.

Selain itu, untuk menjaga kucing Anda tetap bersih dari kutu, berikanlah kalung anti kutu kepada si manis. Kalung ini dilengkapi dengan aroma yang wangi namun tidak disukai kutu sehingga kutu dan serangga tidak mendekat ikucing Anda.

Di antara seluruh persiapan di atas, jangan lupakan bahwa yang terpenting adalah menyambut si Manis dengan kasih sayang, merawatnya dengan sepenuh hati, dan memenuhi segala kebutuhan binatang peliharaan dengan baik. Jika Anda masih membutuhkan beragam kebutuhan binatang peliharaan, termasuk barang-barang yang sudah diulas di atas, temukan segera di sini. Selamat bermanja-manja dengan si Manis!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here