4 Cara Mencuci Tempat Tidur Anjing dengan Benar

0
777
Paws N Tail Tempat Tidur Hewan 80x63 Cm

Salah satu cara menjaga dan merawat hewan peliharaan di rumah adalah dengan menyiapkan tempat tidur nyaman. Tentunya, kita pun juga perlu memastikan kebersihan kasur yang digunakan oleh mereka, terutama bila kita memelihara anjing.

Apalagi, tempat tidur anjing yang kotor bisa membawa bakteri dan virus penyakit, lho. Pastinya kamu tidak mau melihat anjing kesayangan kamu sakit dan terbaring lemas hanya karena tempat tidurnya yang kotor, bukan?

Ruparupa Banner

Untuk itu, kamu perlu rutin membersihkannya setiap minimal 1 minggu sekali, terutama saat tempat tidurnya sudah berbau karena kotoran mereka. 

Lantas, Bagaimana Cara Mencuci Tempat Tidur Anjing?

Agar tidak salah dalam mencuci tempat tidur hewan peliharaan kesayangan kamu, simak beberapa langkah berikut ini. 

1. Bersihkan kotoran di tempat tidur anjing

Tubuh anjing pasti akan kotor ketika kamu mengajaknya jalan-jalan ke luar rumah. Apalagi, mereka akan langsung berbaring di tempat tidurnya ketika sudah pulang ke rumah.  Selain itu, bulu anjing juga bisa rontok dan menempel di tempat tidurnya.

Baca Juga:   8 Perlengkapan Kantor yang Wajib Ada di Atas Meja Kerja

Jadi, sebelum mencucinya, kamu harus membersihkan kotoran tersebut. Bila ada noda kotoran, kamu bisa menyikatnya terlebih dahulu.

Sedangkan buat mengangkat debu dan bulu yang menempel, kamu bisa menggunakan lint roller, seperti rekomendasi kami berikut ini.

Proclean Lint Roller - Putih
Proclean Lint Roller – Putih

Beli di sini

Proclean Set 2 Pcs Foldable Lint Roller - Putih
Proclean Set 2 Pcs Foldable Lint Roller – Putih

Beli di sini

2. Rendam dengan air panas

Setelah kotoran sudah dibersihkan, kamu dapat menyiapkan air panas di dalam ember. Kemudian, rendam tempat tidur anjing di dalam air panas tersebut selama kurang lebih 2 jam untuk menghilangkan bakteri yang ada. 

Saat air sudah tidak panas, kamu dapat menggosoknya menggunakan tangan untuk menghilangkan kotoran yang menempel.  Namun, jika ada kotoran di atas tempat tidur tersebut, kamu dapat merendamnya sebanyak dua kali agar benar-benar bersih.

Paws N Tail Tempat Tidur Hewan 80x63 Cm - Hijau

3. Pilih deterjen tanpa pewangi 

Kalau sudah direndam, kamu dapat mencuci tempat tidur anjing menggunakan deterjen tanpa pewangi. Cukup masukkan ke dalam mesin cuci dan tambahkan deterjen.

Namun, kalau tidak ingin mencucinya menggunakan mesin cuci yang sama dengan pakaian kamu, cucilah secara manual. Rendam kembali di dalam ember berisi air panas yang berisi deterjen. Lalu, gosok-gosok menggunakan tangan agar semakin bersih.

Baca Juga:   10 Fakta Anjing Shiba Inu, Anjing di Twitter Elon Musk

4. Keringkan dengan sempurna

Kalau sudah dicuci dengan bersih, kamu dapat menjemurnya di bawah sinar matahari ya, Ruppers. Pastikan untuk menjemurnya sampai kering sempurna, sebelum membiarkan anjing kesayangan kamu menggunakannya kembali. 

Bila ranjang masih lembap, bisa berbahaya bagi kulit anjing kesayangan kamu. Salah satunya adalah berisiko timbul jamur pada tubuhnya.

Nah, mudah ‘kan cara mencuci tempat tidur anjing ini? Jadi, pastikan kamu membersihkan tempat tidur mereka secara rutin.

Kamu juga bisa membeli tempat tidur anjing berkualitas dari Pet Kingdom
hanya di ruparupa.com

Tidak hanya itu, kamu juga bisa membeli perlengkapan hingga makanan untuk berbagai jenis hewan peliharaan, seperti anjing, kucing, burung, hamster, dan lain-lain. 

Nah, kami juga punya beberapa rekomendasi tempat tidur anjing berkualitas yang bisa kamu beli.

Paws N Tail Tempat Tidur Hewan 80x63 Cm - Hijau
Paws N Tail Tempat Tidur Hewan 80×63 Cm – Hijau

Beli di sini

M-pets Tempat Tidur Anjing Eco Cushion Ukuran L - Biru
M-pets Tempat Tidur Anjing Eco Cushion Ukuran L – Biru

Beli di sini

Pawise 64.5x56.5x7.5 Cm Tempat Tidur Anjing Dengan Motif Jejak Kaki
Pawise 64.5×56.5×7.5 Cm Tempat Tidur Anjing

Beli di sini

Pawise Tempat Tidur Anjing Dengan Bantal Lepas Ukuran S - Biru
Pawise Tempat Tidur Anjing Dengan Bantal Lepas S – Biru

Beli di sini