Masakan Jepang dan Korea Favorit yang Perlu Anda Coba

0
3316
masakan khas jepang dan korea

Selain terkenal dengan dunia hiburannya, negara Jepang dan Korea juga memiliki segudang makanan khas yang patut Anda coba, lho! Tidak perlu jauh-jauh. Saat ini sudah banyak restoran di Indonesia yang menjual makanan khas kedua negara tersebut. Bagi Anda yang tertarik mencobanya, pada artikel ini terdapat rekomendasi masakan Jepang dan Korea paling favorit yang mudah ditemukan.

Makanan yang Perlu Anda Coba

Chicken Katsu

Ruparupa Banner
chicken katsu
Sumber : commons.wikimedia.org

Chicken Katsu adalah menu makanan Jepang yang sangat umum dan sering kali dijumpai di restoran Jepang. Selain mudah dalam proses pembuatannya, Chicken Katsu memiliki rasa yang lezat dan cocok untuk dinikmati kapan saja.

Kimbab

kimbab
Sumber : wallpaperflare.com

Anda yang tertarik dengan budaya Korea pasti sudah sering melihat Kimbab, bukan? Makanan Korea yang satu ini memiliki rasa yang lezat dan mengenyangkan. Terbuat dari nasi dan bahan lainnya yang digulung dalam lembaran rumput laut kering dan disajikan dalam bentuk irisan. Hidangan ini sering dimakan saat piknik dan acara outdoor, serta dapat disajikan sebagai makan siang ringan bersama dengan danmuji dan kimchi.

Onigiri

onigiri
Sumber : pxhere.com

Selain Kimbab, ada juga hidangan nasi kepal khas Jepang yang mudah dibuat dan dapat dijadikan sebagai camilan. Yaitu Onigiri. Makanan ini berupa nasi yang dipadatkan sewaktu masih hangat dan biasanya berbentuk segitiga, bulat, atau seperti karung beras.

Sundubu Jjigae

sundubu jjigae
Sumber : flickr.com

Sundubu Jjigae adalah salah satu makanan khas Korea populer yang dapat Anda temukan di berbagai restoran Korea. Dalam Bahasa Korea sendiri, sundubu (순두부) memiliki arti tahu halus dan jjigae (찌개) berarti kuah sup. Seperti namanya, Sundubu Jjigae berisi tahu sutera, daging ataupun seafood, serta sayur lainnya yang dilengkapi dengan kuah kaldu lezat.

Baca Juga:   5 Kreasi Resep Sandwich Buat Sarapan dan Bekal Anak

Yakitori

yakitori
Sumber : publicdomainpictures.net

Yakitori berasal dari kata yaki (やき) yang artinya dibakar, dan tori (とり) yang berarti ayam. Secara umum Yakitori adalah sate khas Jepang yang dimasak dengan cara ditusuk pada tusukan sate dan dipanggang. Makanan ini adalah salah satu jenis street food yang juga sangat banyak ditemui di negara ini, lho.

Kimchi Fried Rice

nasi goreng kimchi
Sumber : commons.wikimedia.org

Kimchi adalah asinan sayur hasil fermentasi yang diberi bumbu pedas. Pada umumnya kimchi disantap sebagai makanan pendamping. Tapi, bahan makanan yang satu ini juga bisa dipadukan pada nasi goreng, Ruppers! Biasanya Kimchi Fried Rice berisi kimchi dan nasi bersama dengan bahan lain yang tersedia, seperti sayuran atau daging.

Egg Sandwich

egg sandwich

Egg sandwich adalah makanan khas Jepang yang akan sering Anda temui di mini market dan supermarket di Jepang. Terlihat simple, namun camilan ini isinya padat sehingga dapat mengganjal lapar.

Yuk, Buat Masakan Jepang dan Korea Sendiri di Rumah

Nah, bagi Anda yang tertarik membuat masakan Jepang dan Korea sendiri di rumah, jangan lupa untuk melengkapi peralatan masak Anda untuk menunjang kegiatan memasak. Seperti peralatan berikut ini, nih!

Wajan

wajan untuk masakan jepang dan korea

Kunci dari kelezatan Chicken Katsu, selain pada bumbu tentu juga mengandalkan proses menggoreng ayam agar bisa matang secara sempurna. Agar mempermudah kegiatan menggoreng, Anda bisa menggunakan wajan yang dilengkapi dengan rak atau saringan stainless untuk tempat menirisikan minyak selesai menggoreng seperti ini.

Rolling Mat

rolling mat untuk masakan jepang dan korea

Satu set rolling mat dan sendok nasi ini tentu akan mempermudah kegiatan membuat kimbab Anda. Rolling mat ini terbuat dari material plastik yang berkualitas sehingga tidak akan membuat nasi menempel, Ruppers!

Cetakan Onigiri

cetakan onigiri

Jika Anda merasa kesulitan dalam membentuk onigiri, maka Anda bisa menggunakan cetakan seperti ini. Dijamin, bentuk onigiri kreasi Anda secantik yang dijual di pasaran!

Baca Juga:   8 Makanan Korea Populer dan Wajib Dicoba

Panci

panci untuk masakan jepang dan korea

Dalam menyajikan Sundubu Jjigae, Anda tentu perlu memiliki panci yang sesuai. Panci anti lengket dengan material aluminium yang berkualitas bisa Anda jadikan pilihannya. Seperti panci ini yang dilengkapi dengan gagang ergonomis dan tutup kaca yang transparan untuk mempermudah kegiatan memasak.

Alat Panggang Portable

alat panggang untuk masakan jepang dan korea

Ingin menikmati Yakitori saat berkumpul bersama keluarga atau teman? Alat pemanggang portable bisa menjadi salah satu solusinya. Ukurannya yang tidak terlalu besar membuatnya mudah dibawa. Saat berkumpul dan bersantai di manapun bisa jadi lebih menyenangkan, deh!

Kuali

kuali untuk masakan jepang dan korea

Jika Anda berminat membuat nasi goreng kimchi di rumah dengan mudah dan dalam jumlah porsi yang cukup banyak, Anda dapat menggunakan kuali. Kuali dilengkapi dengan pegangan pada kedua sisinya sehingga Anda akan lebih mudah saat memasak.

Perebus Telur

perebus telur

Rebus telur dengan cara yang lebih praktis agar egg sandwich dapat dimasak lebih cepat. Alat perebus telur seperti ini dapat membantu kegiatan memasak Anda. Tingkat kematangannya pun dapat diatur, lho. Praktis, bukan?

Itu dia beberapa masakan Jepang dan Korea terpopuler yang wajib Anda coba! Anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Tapi, sebelum mulai memasak, yuk lengkapi peralatan masak Anda dengan berbelanja di Ruparupa.com agar kegiatan memasak bisa menjadi lebih mudah.