Musim hujan tiba, bukan berarti Anda membiarkan si kecil di dalam rumah dan bermain dengan gadget sepanjang hari. Justru ini saatnya untuk berkreasi dan mempertajam imajinasi dengan anak balita melalui beragam jenis permainan. Tak hanya dapat mengasah kreativitas dan kemampuan kognitifnya, bermain di rumah dapat mempererat ikatan batin antara si kecil dan Anda. Coba lihat kembali koleksi mainan anak balita Anda dan mungkin Anda bisa menemukan sesuatu yang seru di sana dan mengajaknya bermain. Jika Anda butuh beberapa ide permainan indoor yang dapat Anda lakukan bersama si kecil, terutama ketika musim hujan, artikel ini mungkin dapat menginspirasi.

Berkemah

Berkemah

Tak masalah jika Anda tak punya tenda, justru ajak si kecil untuk mencari solusi bagaimana mendirikan tenda dengan perabot yang ada di dalam rumah. Biarkan si kecil ikut membantu mendorong kursi dan membentangkan selimut hingga menyerupai tenda. Agar berkemah menjadi lebih menyenangkan, siapkan beberapa buku cerita atau lagu yang dapat dinyanyikan bersama-sama. Masukkan juga beragam mainan anak balita Anda ke dalam tenda agar acara berkemah lebih seru.

 

PiknikPiknik

Sore hari saat yang tepat untuk minum teh. Siapkan teh hangat dan cemilan kesukaan seperti biskuit dan cupcake. Sajikan teh dan cemilannya menggunakan perangkat teh mainan anak balita Anda supaya lebih menyenangkan. Minta si kecil untuk ‘mengundang’ boneka-bonekanya untuk ikut piknik bersama.

Board Games

Board games bisa menjadi permainan yang menyenangkan untuk bermain di rumah selama musim hujan ini. Scrabble, UNO, Monopoly, atau ular-tangga bisa menjadi pilihan yang seru. Biarkan permainan berjalan dengan adil, ini saat yang tepat untuk mengajarkan fair-play dan sportivitas kepadanya.

Festival Musik

Ini saat yang tepat untuk mengapresiasi kemampuan musik si kecil. Buatlah semacam panggung dan biarkan ia menunjukkan kemampuan bernyanyi dan bermain musiknya. Alat musik yang dipakai bisa sangat beragam, dari mulai instrumen yang sebenarnya seperti piano dan gitar, hingga instrumen kreasi Anda dan si kecil seperti perkusi dari alat-alat dapur. Semakin berisik, semakin seru!

Menggambar Bersama

Menggambar

Jika selama ini menggambar dan melukis menjadi andalan Anda untuk menyibukkan si kecil agar tak mengganggu Anda, kini saatnya Anda ikut melukis dan menggambar bersamanya. Anda dan si kecil bisa bergaya seperti pelukis profesional dengan melukis objek yang menarik. Mainan anak balita Anda bisa jadi objek yang menarik untuk dilukis bersama. Tak masalah jika Anda tidak terlalu pandai menggambar, si kecil tak terlalu mempedulikannya kok.

Fashion Show

Saatnya mengeluarkan semua koleksi pakaian dan biarkan si kecil memilih pakaian yang ingin ia kenakan beserta aksesorisnya. Andapun bisa ikut memakai beragam koleksi pakaian dan aksesoris Anda. Lalu berlenggaklah bersama si kecil seperti peragawan dan peragawati, dan bersenang-senanglah!

Nah, kini Anda sudah punya beberapa ide permainan yang bisa Anda lakukan bersama si kecil di rumah, Anda tak perlu khawatir lagi si kecil tidak bisa bergembira bermain ketika hujan datang. Hanya perlu sedikit usaha dan kreativitas, si kecil bisa tetap memiliki pengalaman bermain di rumah yang menyenangkan bersama Anda meski hanya di dalam rumah. Jika terasa masih kurang seru, Anda hanya perlu mengeluarkan semua mainan anak balita Anda dan biarkan dia memilih mainan apa yang ingin dia mainkan.

Koleksi mainan anak balita Anda mulai membosankan? Mungkin ini saatnya Anda mencari mainan baru di sini. Selamat bersenang-senang!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here