8 Makanan Korea Populer dan Wajib Dicoba

0
9644
makanan korea populer

Tidak hanya drama Korea yang viral, tetapi ternyata makanan khas negeri ginseng ini juga diminati banyak orang, lho. Ada banyak sekali makanan Korea halal dan populer yang mulai masuk ke Indonesia. 

Bahkan, kamu juga dapat menemukan kedai masakan Korea di berbagai wilayah. Bukan tanpa alasan, makanan khas korea memang dapat membuat ketagihan dan cita rasanya juga cocok dengan lidah masyarakat Indonesia. 

Ruparupa Banner

Tidak heran ‘kan kalau banyak yang suka mengonsumsinya? Apakah kamu salah satunya? 

Apa Saja Nama Makanan Korea?

Kalau suka makanan khas negeri ginseng ini, kamu wajib mengetahui nama-nama masakannya, sekaligus mencobanya satu persatu. Yuk, simak nama makanan Korea berikut ini.

1. Bibimbap

Kalau di Indonesia ada yang namanya nasi campur, Korea juga punya, lho. Nasi campur ala Korea ini diberi nama bibimbap. 

Makanan korea pertama yang populer adalah bibimbap. Menu satu ini dapat menjadi pilihan bagi kamu yang ingin makan masakan korea, tapi tetap sehat dan bernutrisi. 

Biasanya, dalam satu porsi Bibimbap terdapat beberapa jenis sayuran, seperti timun, wortel, daun bawang, hingga telur. Kamu juga bisa menambahkan daging ayam dan daging sapi agar bibimbap jadi lebih enak. 

Nah, buat kamu yang sedang bingung menentukan menu makan siang, bibimbap bisa menjadi solusi yang tepat, lho! Pasti mau ‘kan makan enak, tapi tetap bergizi? 

makanan korea bibimbap
Sumber: pixabay,com

 

2. Kimbap

Eits, jangan mengira kalau ini adalah sushi, makanan khas Jepang ya, Ruppers. Menu satu ini memang mirip seperti sushi, yang dibungkus dengan nori. Namun, di Korea Selatan, makanan ini dikenal dengan nama kimbap. 

Meski terlihat mirip, tetapi ada perbedaan yang paling terlihat, yaitu dari segi ukuran. Sushi biasanya berukuran jauh lebih kecil daripada kimbap. 

Selain itu, kimbap juga memiliki isian yang matang, seperti daging bulgogi, ayam gochujang, dan kimchi lezat. Karena enak dan simpel, makanan korea satu ini sering menjadi bekal anak-anak dan orang dewasa, lho.

Baca Juga:   Resep Ikan Bakar Bumbu Kuning yang Gurih
makanan korea kimbap
Sumber: pixabay,com

 

3. Ramyeon

Pencinta drama Korea pasti sudah tidak asing lagi dengan menu satu ini. Ya, ramyeon! Mie kuah pedas asal Korea ini menjadi favorit banyak orang di dunia, termasuk di  Indonesia, lho. 

Tekstur mie yang kenyal ditambah dengan kuah pedas, telur, dan irisan daun bawang akan membuat tubuh merasa hangat. Ramyeon dapat kamu temukan di berbagai kedai makanan Korea. Apakah menu ini juga jadi favorit kamu?

makanan korea ramyeon

 

4. Jjajangmyeon

Saat menonton drama Korea, kamu pasti pernah penasaran dengan mie berwarna coklat kehitaman yang mereka makan, bukan? Ternyata, menu tersebut disebut sebagai jjajangmyeon. 

Jjajangmyeon adalah mie kenyal yang disajikan bersama saus kedelai hitam, serta potongan daging lezat dan irisan daun bawang. Sebelum memakannya, kamu perlu mengaduknya hingga saus tercampur rata dengan mie, ya. 

Bagi orang yang baru pertama kali mengonsumsinya, mungkin akan terasa sedikit aneh. Namun, setelah beberapa suapan, kamu pasti akan ketagihan juga makan jjajangmyeon.

makanan korea jjajangmyeon
Sumber: seriouseats.com

 

5. Naengmyeon

Naengmyeon adalah mie dingin khas korea. Berbeda dengan mie lainnya yang disajikan saat masih hangat, naengmyeon ini harus kamu makan secara dingin, lho. 

Makanan korea populer satu ini menggunakan air dingin untuk memasaknya, ditambah lagi dengan cuka apel, irisan buah pir, timun, bahkan es batu. Unik sekali, bukan?

Kamu wajib mencoba menu satu ini, khususnya saat sedang merasa kepanasan. Soalnya, naengmyeon dapat memberikan sensasi yang menyegarkan. Perpaduan rasa manis, asam, dan dingin, serta tekstur mie yang kenyal akan membuat kamu nambah lagi.

makanan korea naengmyeon

 

6. Sundubu Jjigae

Makanan Korea populer ternyata bukan hanya mie, tapi juga ada sup tahu pedas yang lezat bernama sundubu jjigae. Tapi tenang saja ya, Ruppers. Walaupun warnanya merah pekat,  rasanya tidak sepedas tampilannya, kok

Warna merah dari menu ini muncul dari saus gochujang yang tidak sepedas cabai.Di dalam sundubu jjigae biasany  terdapat potongan tahu lembut dengan soun dan bahan pelengkap lainnya. 

Baca Juga:   8 Drama Korea Terbaru Bulan Juni yang Paling Ditunggu-tunggu

Kamu bisa menikmati sundubu jjigae bersama dengan nasi panas dan kimchi. Tidak jarang, ada yang menambahkan potongan telur rebus agar rasanya lebih mantap.

makanan korea sundubu jjigae

 

7. Tteokbokki

Pasti tidak akan ada yang bisa melewatkan kenikmatan dari hidangan korea satu ini. Tteokbokki adalah kue beras asal korea yang dihidangkan bersama dengan kuah kental pedas, potongan odeng, serta irisan daun bawang. 

Teksturnya yang kenyal dapat membuat menu ini menjadi camilan enak dan membuat kenyang. Tteokbokki juga menjadi jajanan street food favorit di Korea Selatan, lho.

Buat kamu yang membutuhkan camilan untuk menemani waktu luang, wajib coba makan tteokbokki ini ya, Ruppers!

makanan korea tteokbokki
Sumber: Unsplash.com

8. Chicken Wing

Terakhir, makanan korea yang menjadi incaran banyak orang dan menjadi favorit selanjutnya adalah chicken wing. Apalagi, banyak drama Korea yang memunculkan menu satu ini, seperti ayam Shin Ha Ri di drama Korea terbaru berjudul Business Proposal.

Ada dua jenis chicken wing yang populer di pasaran, yaitu dipanggang dan digoreng. Selain itu, kamu juga dapat menentukan sendiri ingin mengonsumsinya secara polos atau ditambahkan topping, seperti bubuk penyedap atau saus lezat. 

Selain itu, bagi kamu yang mencari makanan korea halalchicken wing dapat menjadi pilihan yang tepat, lho.

chicken wing makanan korea
Sumber: Unsplash.com

Nah, itu dia beberapa makanan korea populer yang wajib kamu coba. Jangan ngaku pencinta Korea kalau belum mencoba semua menu tersebut ya, Ruppers!

Apakah kamu juga ingin berkreasi membuat menu masakan Korea sendiri di rumah? Bisa, kok. Tapi, pastikan kamu memiliki peralatan masak yang berkualitas, ya.

Berikut beberapa rekomendasi alat masak yang dapat kamu beli hanya di Ruparupa.com.

Cooking Color Set 3 Pcs Amber Pisau Dapur & Talenan
Cooking Color Set Pisau & Talenan

Beli di sini

Kokubo Sushi Rolling Mat Dengan Sendok Nasi
Kokubo Sushi Rolling Mat Dengan Sendok Nasi

Beli di sini

Glasslock 1 Ltr Mangkuk Dengan Tutup
Glasslock 1 Ltr Mangkuk Dengan Tutup

Beli di sini

Appetite Mangkuk Saji Sup Noblesse
Appetite Mangkuk Saji Sup Noblesse

Beli di sini