10 Makanan Jepang Terpopuler dan Wajib Dicoba

0
2068
makanan jepang
sumber: unsplash.com

Jepang memang terkenal dengan berbagai hidangan khasnya yang membuat banyak orang sangat menikmatinya. Bahkan, di Indonesia sendiri, makanan Jepang ternyata banyak diminati, lho. Yuk, kenalan dengan beberapa makanan Jepang yang wajib Anda coba ini. 

Makanan Jepang yang Populer

Salah satu ciri khas makanan Jepang adalah rasanya yang gurih. Nah, berikut ini ada beberapa rekomendasi makanan Jepang kekinian yang wajib Anda cicipi. Simak, yuk.

1. Ramen

makanan jepang
sumber: unsplash.com

Pasti sudah tidak asing mendengar menu makanan satu ini. Biasanya, ciri khas dari ramen adalah kuah kaldu gurihnya.

Selain memakai mie yang lembut, ramen juga disajikan dengan beragam topping, seperti daging, telur rebus, nori, dan jagung. Anda juga bisa menambahkan topping menarik lainnya, yang sesuai selera.  

mangkuk ramen
Appetite Set 4 Pcs Mangkuk Saji Daishu – 4 set mangkuk dengan motif yang cantik membuat tampilan makanan akan lebih menarik.

Beli di sini

2. Takoyaki

takoyaki
sumber: unsplash.com

Takoyaki sebenarnya merupakan jajanan kaki lima di Jepang berbentuk bola, yang dibuat dengan alat khusus.

Makanan ini juga disebut bola gurita karena ciri khasnya menggunakan gurita. Si bola kecil yang kaya rasa ini, punya tekstur yang lembut, ditaburi dengan katsuobushi atau abon ikan cakalang asap. Inilah yang membuat makanan ini terasa lebih lezat. 

3. Gyoza

makanan jepang
sumber: unsplash.com

Makanan Jepang satu ini sering disebut sebagai pangsit khas Jepang. Biasanya, terbuat dari sayuran dan daging yang dicincang, lalu dibungkus memakai kulit pangsit yang tipis. Inilah yang membuatnya terasa lembut saat Anda menyantapnya.

Cara memasak gyoza  pun beraneka ragam. Anda bisa menggorengnya, memanggangnya, ataupun memasukkannya ke dalam kuah sup.

Umumnya, gyoza berkuah sangat nikmat disantap ketika cuaca dingin dan saat kondisi badan sedang tidak enak.

Baca Juga:   8 Ide Makanan Valentine Selain Coklat yang Wajib Dicoba
piring saji
Krishome Piring Saji 32×12.5 Cm – Dengan ukuran yang cukup besar, membuat Anda lebih mudah dalam menaruh makanan yang hendak disajikan.

Beli di sini

4. Udon

udon
sumber: unsplash.com

Keunikan dari udon terletak pada ketebalan dan kekenyalan tekstur mie, serta kuah kaldu pelengkapnya. Namun, seiring berjalannya waktu, beberapa restoran udon memodifikasi kuahnya dengan varian lain, seperti curry.

Hidangan ini pas banget dinikmati saat musim hujan, lho. Anda bisa menikmati makanan satu ini menggunakan sumpit kayu, seperti di bawah ini.

sumpit
Appetite Kunio Set Sumpit 6 Pasang – Berisi 6 set sumpit yang memiliki ukuran yang pas dengan tangan.

Beli di sini

5. Kare Raisu

kare raisu
sumber: oyakata.com.pl

Menu makanan satu ini biasanya memiliki kuah yang kental. Selain menggunakan daging, Anda bisa menambah sayuran, seperti wortel dan kentang. Anda bisa menikmatinya dengan nasi panas ataupun memakai udon.

Kare juga sudah dijual dalam bentuk kemasan instan, lho. Jadi Anda bisa dengan mudah membelinya di supermarket kemudian tinggal memanaskannya selama beberapa menit di rumah.

6. Sushi dan Sashimi

sushi dan sashimi
sumber: unsplash.com

Meski keduanya sama-sama menggunakan potongan ikan mentah, tetapi sushi dan sashimi disajikan dengan cara berbeda.

Biasanya, sushi terdiri dari potongan ikan mentah segar, yang digulung dengan nasi dan rumput laut. Sedangkan, sashimi merupakan potongan ikan dan seafood mentah lainnya, yang disajikan polos tanpa tambahan nasi dan nori. 

Namun, kedua makanan khas Jepang ini menjadi favorit banyak orang karena rasanya yang lezat. Nah, Anda juga bisa membuat sendiri sushi dan sashimi di rumah, lho.

Lalu, sajikan di atas nampan cantik, seperti satu ini, agar hidangan Anda terasa semakin lebih nikmat.

piring sushi
Krishome Piring Saji Marble 40×20 Cm – Bisa Anda gunakan untuk menaruh berbagai jenis hidangan agar terlihat lebih cantik.

Beli di sini

 

7. Chawan Mushi

makanan jepang
sumber: asiasociety.org

Menu makanan satu ini merupakan telur kukus khas Jepang yang memiliki rasa gurih. Biasanya, Chawan Mushi cocok dimakan bila sedang tidak enak badan. Selain itu, makanan satu ini juga merupakan menu MPASI yang menyehatkan.

Cara membuatnya pun cukup mudah. Anda hanya perlu mengukus telur di atas mangkuk kecil, lalu tambahkan kaldu, garam, light soy sauce, dan mirin, serta udang dan daging cincang. Kukus selama 10 menit agar hasilnya terasa lebih lezat.

Baca Juga:   8 Makanan yang Cocok untuk Musim Hujan

8. Hambagu

hambagu
sumber: just wantcookbook

Berbeda dengan Hamburger asal Amerika, Hambagu merupakan steak khas Jepang yang terbuat dari daging sapi giling dan diguyur saus khusus dengan berbagai varian yang bisa dipilih.

Hambagu biasa dimakan dengan nasi agar terasa semakin nikmat. Anda juga bisa menambahkan sayuran, seperti brokoli dan wortel rebus. 

9. Zaru Soba

makanan jepang
sumber: unsplash.com

Bila biasanya kita memakan mie yang hangat, tapi tidak dengan hidangan satu ini. Zaru Soba adalah mie dingin yang dibuat dari tepung soba.

Cara memakannya adalah dengan mencelupkan mie pada saus kecap bernama Tsuyu. Kecap ini juga bisa Anda temukan di supermarket yang menjual berbagai produk makanan Jepang. 

Nah, hidangan khas Jepang ini, biasanya dinikmati pada saat cuaca panas. 

10. Gyudon

gyudon
sumber: unsplash.com

Menu satu ini merupakan perpaduan nasi dengan daging yakiniku atau teriyaki pada bagian atasnya. Hidangan ini biasanya juga dicampur dengan potongan bawang bombay agar terasa lebih nikmat.

Tidak heran bila menu nasi khas Jepang ini cukup populer di Indonesia.

***

Itu dia beberapa menu makanan Jepang yang cukup populer. Selain bisa menikmatinya di restoran, Anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah, lho.

Nah, supaya suasana makan ala Jepang di rumah semakin terasa, Anda bisa menyajikannya menggunakan peralatan makan khas negara sakura, yang dapat dibeli melalui Ruparupa. com.

Situs belanja satu ini, hadir dengan berbagai pilihan produk rumah tangga berkualitas dari merek ternama, seperti ACE, Informa, dan Selma. Yuk, segera belanja dan jangan lewatkan berbagai promo menariknya.