17 Manfaat Daun Jarak bagi Tubuh dan Efek Sampingnya

0
1076
Manfaat daun jarak

Daun jarak merupakan salah satu tanaman yang seringkali menjadi bahan untuk pengobatan herbal karena manfaatnya yang sangat baik bagi tubuh. Senyawa yang terkandung dalam daun ini dapat membantu menyembuhkan berbagai penyakit, baik luar atau dalam. 

Daun Jarak
Sumber : aphotoflora.com

17 Manfaat Daun Jarak bagi Tubuh

Agar tidak penasaran, yuk simak 17 manfaat daun jarak berikut bagi tubuh kita :

Menurunkan gula darah

Daun jarak ternyata akan sangat membantu bagi orang yang mengalami diabetes loh. Air rebusan daun ini mampu membantu menstabilkan dan menurunkan gula darah yang tinggi pada tubuh. Kamu hanya perlu meminum air rebusannya secara rutin.

Mengobati sariawan

Kamu pasti risih kan jika ada sariawan di mulutmu? Tenang aja, Ruppers. Getah dari daun jarak ini bisa membantu kamu loh. Remaslah daun hingga batang daun ini sampai mengeluarkan getah, kemudian kamu dapat menempelkan getahnya ke bagian sariawan.

Mengatasi masuk angin

Terjadinya masuk angin dan juga perut kembung bisa disebabkan oleh gas yang berlebihan di dalam perut. Kamu dapat melayukan beberapa daun jarak di atas api (jangan hangus). 

Setelah layu, kamu dapat mengoleskan minyak kelapa atau telon atau minyak kayu putih, kemudian menempelkannya di perut atau pinggang. Perut kamu pasti akan menjadi lebih lega.

Mengobati gangguan kulit

Senyawa aktif yang terkandung dalam daun ini ternyata dapat mengobati berbagai masalah kulit, salah satunya adalah kurap. Kamu dapat merendam daun ini dengan minyak kelapa selama beberapa jam. Kemudian panaskan minyak dan daun di panci. Oleslah minyaknya ke bagian kurap dan tutup dengan handuk kecil.

Memperbaiki kerusakan hati

Daun jarak bersifat hepatoprotektif yang mampu melindungi hati agar tidak mengalami kerusakan. Bagi orang yang mengalami sakit kuning, daun ini dapat menjadi pengobatan awal untuk menyembuhkannya. 

Haluskan 20 lembar daun ini dan masukkan dalam air mendidih. Minumlah hasil rebusan tersebut secara rutin dua kali sehari.

Mengatasi iritasi kulit pada bayi

Kamu punya bayi atau anak yang masih kecil ? Catat hal ini ya, Ruppers! Bayi seringkali mengalami iritasi kulit, khususnya yang memiliki kulit sensitif. Daun jarak dapat membantu kamu mengatasinya loh. Cukup tumbuk daun ini hingga halus dan tempelkan ke kulit bayi yang mengalami iritasi. Selain itu, kamu dapat mengurangi terjadinya iritasi pada bayi kamu dengan menggunakan popok anti iritasi

Menurunkan demam pada bayi

Selain mengatasi iritasi kulit, daun ini juga dapat meredakan demam pada bayi kamu loh. Kamu dapat mencampur daun ini dengan minyak kayu putih atau telon dan mengompresnya pada bayi kamu. 

Mengencangkan payudara

Ingin punya payudara yang bagus dan kencang ? Daun jarak dapat menjadi solusinya. Haluskan daun jarak dan kemudian oleskan ke seluruh payudaramu selama 15 menit sampai kering. Rutinlah melakukan ini agar kamu dapat memiliki payudara yang bagus. 

Mengurangi risiko kanker payudara

Selain membuat bentuk payudara menjadi lebih bagus, daun ini juga dapat mengurangi risiko terkena kanker payudara loh. Rebus daun ini sampai menyusut dan minumlah air rebusannya secara rutin. Dengan begitu, kamu dapat membunuh sel kanker di dalam tubuhmu.

Daun jarak (castor leaves)
Sumber : balconygardenweb.com

Mengatasi sembelit

Kamu susah BAB atau sembelit ? Cobalah untuk mengukus daun ini sampai matang dan konsumsilah sebagai pendamping makananmu. Masalah buang air kamu akan terselesaikan. 

Meredakan memar

Memar ditandai dengan adalah perubahan warna kulit di bagian tertentu menjadi biru atau merah dan terkadang akan sakit. Kamu dapat mengompres memar tersebut menggunakan daun jarak yang sudah dihaluskan. 

Mengobati rematik

Rematik merupakan kondisi saat sendi-sendi mulai kehilangan kelenturannya karena pelumas berkurang dan tentunya akan sangat sakit. Kamu dapat meminum rebusan daun ini untuk mengobati masalah tersebut. 

Mengobati batuk dan mengencerkan dahak

Kamu juga dapat menyembuhkan batuk dan mengencerkan dahak menggunakan daun ini loh. Minumlah air rebusan daun ini secara rutin pada pagi dan sore hingga batuk kamu sembuh.

Mengatasi sakit gigi

Getah dari daun ini juga dapat menyembuhkan sakit gigi kamu loh, Ruppers. Olehkan getah daun ini ke gigi kamu yang sakit untuk meredakannya.

Mengobati luka luar

Daun jarak memiliki senyawa yang bersifat antibakteri sehingga dapat membunuh bakteri yang ada pada luka. Dengan begitu, luka kamu tidak menjadi infeksi. Oleskan getah daun ini pada bagian luka dan diamkan hingga lukamu mengering.

Mengatasi masalah ketombe

Ketombe menjadi salah satu masalah yang sering menghantui orang-orang. Ternyata daun ini dapat mengatasi masalah rambut satu ini loh. Haluskan daun jarak lalu oleskan ke akar rambut kamu secara merata. Diamkan 15 menit lalu bilaslah. 

Mengobati peradangan

Daun ini memiliki senyawa yang bersifat antiinflamasi, sehingga dapat membantu mengobati masalah peradangan ini. Kamu dapat meminum air rebusan daun ini secara rutin hingga sembuh.

Efek Samping Daun Jarak bagi Tubuh

Walaupun memiliki banyak sekali manfaat, daun jarak juga memiliki efek samping yang harus diperhatikan sebelum mengonsumsinya, diantaranya adalah:

  • Iritasi usus
  • Mual
  • Gangguan lambung
  • Gangguan pencernaan

Jika kamu mengalami beberapa gejala tersebut, berhentilah mengonsumsi daun ini ya, Ruppers

Nah, jadi itu tadi 17 manfaat dari daun jarak bagi kesehatan tubuh dan juga apa saja efek samping dari mengonsumsinya. Jadi, apakah kamu mau mencobanya? Berikut rekomendasi produk dari Ruparupa.com yang dapat kamu gunakan untuk mengonsumsi daun jarak :

Bear Teko Listrik
Bear Teko Listrik beli di Ruparupa.com