Menjaga kadar gula darah tetap normal mengurangi resistensi insulin, penambahan berat badan, kadar hormon stres, peradangan dalam tubuh, dan menurunkan resiko terjadinya Diabetes Mellitus Tipe 2. Obat-obatan seringkali menjadi pertolongan pertama untuk gula darah tinggi, tetapi ada beberapa cara yang dapat menurunkan gula darah secara alami dan menghindari keharusan mengonsumsi lebih banyak obat resep.

Cara-cara menurunkan gula darah secara alami

Agar tidak terus bergantung pada obat-obatan, berikut adalah cara-cara untuk menurunkan gula darah secara alami.

Rutin olahraga

olaharga dapat menurunkan gula darah
sumber: pxfuel.com

Olahraga yang teratur dapat membantu Anda meningkatkan sensitivitas insulin. Peningkatan sensitivitas insulin membuat sel-sel lebih mampu memanfaatkan gula di dalam aliran darah Anda. Olahraga juga membantu otot memanfaatkan gula darah untuk kebutuhan energi dan kontraksi otot.

Periksa secara rutin kadar gula darah Anda. Ini akan membantu Anda menentukan aktivitas yang dapat menjaga kadar gula darah Anda agar di batas yang normal.

Olahraga yang bisa Anda lakukan seperti lari, bersepeda, menari, hiking, berenang, dan banyak lagi.

Mengatur konsumsi karbohidrat

mengatur konsumsi karbo dapat menurunkan  gula darah
sumber: pxhere.com

Tubuh Anda memecah karbohidrat menjadi gula, pada umumnya glukosa. Kemudian insulin membantu tubuh menggunakan dan menyimpan gula sebagai energi. Ketika Anda makan terlalu banyak karbohidrat atau memiliki masalah fungsi insulin, proses ini akan gagal, dan kadar glukosa dalam darah dapat meningkat.

Penting untuk mengelola asupan karbohidrat dengan menghitung karbohidrat dan menyadari berapa banyak yang Anda butuhkan. Hal ini dapat meningkatkan pengelolaan gula darah.

Diet rendah karbohidrat membantu mengurangi dan mencegah lonjakan gula darah. Terlebih lagi, diet ini dapat membantu menjaga kadar gula darah normal dalam jangka waktu panjang.

Meningkatkan konsumsi serat

makan kaya serat dapat menurunkan gula darah
sumber: vegan.rocks

Serat dapat memperlambat pencernaan karbohidrat dan penyerapan gula. Maka dari itu, ini mendorong peningkatan kadar gula darah secara bertahap.

Selain itu, diet tinggi serat dapat membantu mengelola diabetes tipe 1 dengan lebih baik dengan membantu tubuh mengatur dan mengurangi penurunan gula darah.

Makanan yang mengandung serat tinggi antara lain: sayuran, buah-buahan, polong-polongan, dan biji-bijian utuh.

Minum air

drink water
sumber: pxhere.com

Pastikan Anda minum agar dapat menjaga kadar gula darah dalam batas yang sehat dan normal. Selain mencegah dehidrasi, hal ini dapat membantu ginjal membuang kelebihan gula melalui urin.

Minum air secara teratur membantu rehidrasi darah, sehingga kadar gula darah menurun, serta mengurangi risiko diabetes.

Mengatur porsi makan dapat menurunkan gula darah

Mengontrol porsi makan dapat membantu mengatur asupan kalori dan mempertahankan berat badan yang sehat. Menjaga berat badan meningkatkan kadar gula darah yang sehat dan telah terbukti mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2.

Menjaga ukuran porsi makan juga membantu mengurangi lonjakan gula darah berikutnya. Berikut adalah beberapa tips bermanfaat untuk mengelola ukuran porsi makan:

  • Ukur dan timbang porsinya.
  • Gunakan piring yang lebih kecil.
  • Hindari restoran makan sepuasnya.
  • Baca label makanan dan periksa ukuran porsi.
  • Buat jurnal makanan.
  • Makan perlahan.

Memilih makanan dengan indeks glikemik yang rendah

low glycemic food
sumber: photostockeditor.com

Indeks glikemik dapat mengukur bagaimana kita menyerap atau mencerna makanan. Hal ini berpengaruh pada tingkat kenaikan kadar gula darah.

Mengonsumsi makanan dengan indeks glikemik rendah dapat mengurangi orang yang menderita diabetes kadar gula darah pada mereka. Makanan dengan indeks glikemik rendah hingga sedang meliputi:

  • yogurt
  • gandum
  • kacang polong
  • kacang-kacangan
  • polong-polongan
  • pasta gandum
  • sayuran non-tepung

Mengelola tingkat stres dapat menurunkan gula darah

yoga
sumber: pxhere.com

Stres berpengaruh pada kadar gula darah Anda. Kondisi stres dapat menghasilkan hormon seperti glukagon dan kortisol yang dapat menyebabkan kadar gula darah naik.

Olahraga, relaksasi, dan meditasi mampu mengurangi stres dan kadar gula darah bagi siswa secara signifikan.

Latihan dan metode relaksasi seperti yoga juga dapat membantu memperbaiki masalah sekresi insulin pada diabetes kronis.

Cukup tidur dapat membantu menurunkan gula darah

sleep
sumber: publicdomainpictures.net

Kebiasaan tidur yang buruk dan kurang istirahat berpengaruh pada kadar gula darah dan sensitivitas insulin. Mereka dapat menambah nafsu makan dan meningkatkan berat badan.

Kurang tidur dapat mengurangi pelepasan hormon pertumbuhan serta meningkatkan kadar kortisol. Mereka memiliki peranan penting dalam mengontrol gula darah.

Mengonsumi makanan dengan kromium dan magnesium dapat menurunkan gula darah

Kadar gula darah tinggi dan diabetes berkaitan dengan defisiensi mikronutrien. Contohnya termasuk kekurangan mineral kromium dan magnesium.

Kromium terlibat dalam metabolisme karbohidrat dan lemak. Mineral ini dapat membantu mengatur kadar gula darah. Kurangnya kromium dapat mempengaruhi Anda untuk intoleransi karbohidrat.

Makanan kaya kromium meliputi:

  • daging
  • produk gandum utuh
  • buah
  • Sayuran
  • kacang-kacangan

Magnesium juga bermanfaat bagi kadar gula darah, sementara kekurangan magnesium berhubungan dengan risiko lebih tinggi terkena diabetes. Makanan kaya magnesium meliputi:

  • sayuran berdaun gelap
  • labu dan biji labu
  • tuna
  • biji-bijian utuh
  • coklat hitam
  • pisang
  • alpukat
  • kacang polong

Mengonsumsi cuka apel

apple cider vinegar
sumber: pxhere.com

Cuka sari apel memiliki banyak kegunaan untuk kesehatan. Cuka apel dapat membuat kadar gula darah puasa yang lebih rendah, mungkin mengurangi produksinya oleh hati atau meningkatkan penggunaannya oleh sel.

Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa cuka mempengaruhi respons tubuh Anda terhadap gula dan meningkatkan sensitivitas insulin secara signifikan.

Anda dapat mencampur cuka air dengan beberapa ons air sebelum makan tinggi karbohidrat atau mencampurkannya dalam saus salad.

Mengonsumsi kayu manis dapat menurunkan gula darah

kayu manis dapat menurunkan gula darah
sumber: ccnull.de

Kayu manis terkenal dengan manfaatnya yang banyak untuk kesehatan. Kayu manis dapat meningkatkan sensitivitas insulin dengan mengurangi resistensi insulin pada tingkat sel.

Kadar gula darah dapat turun hingga 29% karena kayu manis. Kayu manis mampu memperlambat pemecahan karbohidrat di saluran pencernaan, sehingga memoderasi kenaikan gula darah setelah makan.

Menjaga berat badan

maintain weight
sumber: photostockeditor.com

Mengontrol berat badan agar tetap dalam batas normal akan membantu meningkatkan kesehatan dan mencegah masalah kesehatan di masa depan.

Mengatur berat badan juga meningkatkan kadar gula darah yang sehat dan membantu mengurangi risiko terkena diabetes. Dengan mengurangi 7% berat badan, Anda bisa menurunkan risiko terkena diabetes hingga 58%. Terlebih lagi, penurunan risiko ini dapat bertahan dalam jangka waktu yang panjang.

Menambah konsumsi pati resisten ke dalam diet

potatoes
sumber: pxhere.com

Beberapa kentang dan kacang termasuk pati resisten. Makanan ini melewati usus kecil dan berfermentasi di usus besar, yang berarti mereka tidak meningkatkan kadar glukosa dan mendorong pertumbuhan bakteri baik dalam tubuh.

Pati resisten dapat berubah tergantung dengan suhu. Menurut John Hopkins Medicine, beberapa makanan, seperti nasi, lebih tinggi pati resisten saat telah matang dan dalam keadaan dingin daripada saat dalam keadaan hangat.

Beberapa makanan yang pati resisten sebagai berikut:

  • Pisang raja dan pisang mentah
  • Kacang, kacang polong, dan lentil
  • Biji-bijian utuh, termasuk oat dan barley

Sarapan dapat menurunkan gula darah

sarapan menurunkan kadar gula darah
sumber: pxhere.com

Mungkin Anda sering tidak merasa lapar di pagi hari dan tidak punya waktu untuk membuat makanan. Kemudian saat makan siang tiba, Anda merasa kelaparan dan akhirnya Anda makan dalam porsi besar.

Studi menunjukkan bahwa melewatkan sarapan berhubungan dengan kadar glukosa darah yang lebih tinggi. Selain itu, melewatkan sarapan dapat mempengaruhi kadar glukosa darah Anda sepanjang hari. Makan sarapan yang sehat, kaya serat dan protein bisa membantu mengatur gula darah dan membuat Anda merasa lebih baik sepanjang hari.

Memeriksa gula darah secara reguler

blood sugar monitor
sumber: pxhere.com

Mengukur dan memantau kadar glukosa darah juga dapat membantu Anda mengelola kadar Anda dengan lebih baik. Hal ini dapat membantu menentukan apakah makanan atau obat-obatan yang Anda konsumsi perlu penyesuaian atau tidak. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui reaksi tubuh Anda terhadap makanan tertentu.

Tanda-tanda kelebihan gula darah

Gula darah tinggi atau hiperglikemia, biasanya terjadi ketika tubuh tidak dapat menggunakan insulin dengan benar atau memiliki kadar insulin yang sangat rendah. Insulin adalah hormon yang bertanggung jawab untuk memindahkan glukosa, atau gula, ke dalam aliran darah di mana kemudian dikirim ke sel dan berguna menjadi energi.

Gejala gula darah tinggi sebagai berikut:

  • Sering buang air kecil
  • Merasa haus sepanjang waktu
  • Meningkatnya rasa lapar
  • Sakit kepala
  • Penglihatan kabur
  • Merasa lemah dan lelah
  • Luka yang lambat sembuh

Agar dapat mengetahui jenis makanan apa saja yang dapat memicu kadar gula Anda meningkat, maka rajinlah untuk memeriksa kadar gula Anda. Anda bisa mendapatkan alat pemeriksa gula darah milik Sowell. Memiliki kualitas yang terjamin dengan hasil akurat dan penggunaannya yang praktis. Ukurannya yang tidak besar memudahkan Anda untuk membawa kemana saja.

Anda bisa memiliki peralatan kesehatan Sowell di Ruparupa. Tersedia berbagai macam alat kesehatan yang memudahkan Anda memeriksa kesehatan Anda. Yuk jaga kesehatan Anda bersama Sowell dan Ruparupa!

Pilihan Alat Kesehatan Sowell Lainnya di Ruparupa