16 Jenis Ikan Guppy Banyak Dicari dan Cara Merawatnya

0
51710

Ikan guppy banyak dicari orang karena punya corak yang indah dan mudah dirawat. Ikan yang berasal dari anggota suku Poecilidae ini, dijuluki juga sebagai ikan seribu. Soalnya, ikan guppy sangat mudah berkembang biak. Namun, ada ikan ini memiliki berbagai jenis. Penasaran apa saja itu? Simak berikut ini. 

Ini Jenis-jenis ikan guppy yang banyak dicari.

Cobra

id.pinterest.com/pin/637963103458363591

Bukan berarti ikan iniketurunan cobra, yah, Ruppers. Namun, coraknya yang berbentuk seperti kulit ular, maka ikan satu ini dijuluki guppy cobra.

Pada guppy cobra jantan, warna ekor di dominasi oleh warna putih, kuning, atau hitam. Tampilannya yang eksotis menyerupai kulit ular menjadi daya tarik bagi guppy jenis ini.

Albino

livetropicalfish.net

Bila memiliki mata warna merah, maka ikan guppy ini termasuk jenis albino. Namun, jenis albino juga memiliki banyak corak, seperti white albino yang terdapat pada gambar di atas.

Karena albino, pengelihatan dari ikan albino tidak normal seperti ikan biasanya atau kurang jelas. Namun karena matanya yang merah, memberikan kesan cantik pada ikan jenis albino.

Japan Blue

id.pinterest.com/pin/291185932156179607

Dinamakan Japan Blue karena guppy jenis ini memiliki warna yang didominasi oleh warna biru muda cantik pada ekor dan siripnya. Ikan ini berasal dari guppy liar yang berada di Jepang.

Tuxedo

diapteron.co.uk

Jenis yang satu ini memiliki ciri khas warna gelap yang hampir menutupi badan atau setengah badan guppy. Biasanya, berwarna hitam dan biru tua. Selain warna, bentuk sirip pada jenis ikan ini mirip tuxedo dan terlihat sangat unik.

Metalic

aquafood.co.uk

Warna metalik yang keren pada guppy menjadi daya tarik tersendiri bagi penggemarnya loh. Pada guppy jantan, biasanya berwarna biru atau abu-abu gelap metalik.

Baca Juga:   Kucing Hutan Jawa, Hewan Liar Namun Jadi Peliharaan

Selain itu, ada juga jenis guppy cobra berwarna metalik seperti ikan satu ini. Hal ini dikarenakan banyaknya perkawinan gen antara jenis cobra dan metalik.

Magenta

aquasnack.co.uk

Guppy yang cantik ini berasal dari Indonesia, loh, Ruppers. Ikan yang memiliki warna cantik ini mudah ditemukan. Tidak heran bila ikan guppy magenta  sering dijadikan andalan untuk menghias akuarium. Umumnya, warna dasar pada sirip ikan ini adalah pink atau merah muda.

Mosaic

flickr.com

Ciri khas dari guppy mozaic  adalah terdapat motig gelombang yang cantik pada ekor dan siripnya. Meski polanya sangat tersusun rapih, tetapi untuk mendapatkan gen mozaic cukup sulit nih, Ruppers.

Gen mozaic harus dikawinkan dengan gen lain agar memiliki corak dengan warna yang cantik.

Red Moscow

aquafood.co.uk

Jenis guppy yang satu ini sangat mudah ditemukan di Indonesia. Ciri khasnya adalah tubuh dan siripnya berwarna merah solid. Selain merah, banyak warna lainnya, seperti warna emas dan abu.

Grass

michaelsfishroom.com

Guppy grass dengan mozaic masih satu gen, loh, Ruppers. Ciri khas pada jenis grass ini terletak pada adanya corak pada sirip dan ekornya.

Biasanya, guppy grass memiliki 2 macam, yaitu red grass dan blue grass. Selain itu, guppy grass juga sering disebut  glass grass karena ekornya yang terlihat transparan.

Leopard

deviantart.com

Jenis leopard memiliki ciri khas dengan adanya motif bercak-bercak tebal dan tersebar secara acak pada sirip dan ekornya.

Motif ini bisa Anda dapatkan dengan mengawinkan jenis guppy cobra dengan jenis guppy polos. 

Young Pair Champion Purple

livefins.com

Coraknya yang cantik dan polos, membuat gen guppy yang satu ini sangat langka. Tak heran jika harganya termasuk mahal. Harga untuk ikan ini berkisar Rp1 jutaan.

Multicolor

aquasnack.co.uk

Guppy multiwarna memiliki ciri khas adanya 3 warna atau lebih pada bagian ekor ataupun tubuhnya. Punggung dan ekor harus memiliki warna yang sama. Tidak heran bila guppy ini disebut sebagai jenis multicolor.

Baca Juga:   7 Fakta Kucing Siam yang Menarik

Swordtail

guppywest.com

Guppy jenis ini sangat mudah dibedakan dengan jenis guppy lainnya. Perbedaannya terletak pada bentuk ekor yang menyerupai pedang. Swordtail juga hadir dengan 2 jenis, yaitu tunggal dan ganda.

Metal Yellow Lace guppy

arofanatics.com

Ciri khas dari jenis matal yellow lLace adalah pola kekuningan yang terdapat pada tubuh, sirip, dan ekornya. Tak heran, ikan jenis ini sangat diburu oleh pecinta guppy.

Red Blonde

fishplace.eu

Jenis yang satu ini sangat mudah ditemukan di Indonesia. Ciri khasnya adalah perpaduan yang kontras antara warna putih dan merah pada badan dan ekornya.

Platinum Half Moon

diapteron.co.uk

Jenis platinum half moon termasuk salah satu ikan yang termahal. Soalnya, pada sirip dan tubuh ikan ini terdapat warna gradasi yang cantik.  Sedangkan pada bagian tengah tubuhnhya, berwarna hitam kesilveran.

Cara Merawat Ikan Guppy

  1. Siapkan perlengkapan aquarium, seperti aquarium, saringan, filter, aerator, hiasan, dan pelengkapan aquarium lainnya.
  2. Jaga kebersihan kandang dan Ph air sebesar 68 Ph atau 72 Ph. Anda dapat menggunakan alat penyesuai Ph khusus.
  3. Beri makan yang higienis, seperti pelet khusus ikan, cacing, atau kutu air. Namun bersihkan terlebih dahulu agar higienis.
  4. Jika Anda ingin membudidayakan, pisahkan jantan dan betina saat setelah kawin agar tidak mengganggu perkembangan anak.
  5. Pisahkan ikan yang sedang sakit seperti disaat berenangnya tidak sempurna atau tidak seperti biasanya dan kulit yang berjamur.

Selain cara merawat guppy, Ruparupa punya referensi produk untuk guppy kesayangan Anda. Simak berikut ini.

Aquarium

Filter

Makanan Guppy

 

Itu dia beberapa referensi produk untuk guppy, penjelasan jenis ikan guppy, serta cara merawatnya. Temukan informasi lainnya mengenai ikan hias hanya di Ruparupa.