Akuarium

    Tips Merawat Akuarium dan Aksesoris Bagi Pemula

    Setiap tahun, ribuan pemilik ikan baru menemukan keajaiban alami dari akuarium. Memiliki ikan memberi mereka, dan sekarang Anda, kesempatan unik untuk tidak hanya mengamati dunia lain, tetapi juga menciptakannya. Dalam prosesnya, Anda akan belajar tentang makhluk akuatik dan mengamati perilakunya secara langsung. Akuarium adalah salah satu wadah untuk menghasilkan apresiasi dan menghormati lingkungan kita. Untuk membantu Anda menjaga ikan Anda dalam kondisi maksimal, kami akan memberikan tips merawat akuarium dan aksesoris apa saja yang Anda butuhkan.

    Ikan Sebagai Hewan Peliharaan

    Anggap ikan Anda sebagai hewan peliharaan dan Anda akan setuju bahwa mereka berhak mendapatkan perhatian dan perawatan terbaik yang dapat Anda berikan. Mereka mengandalkan Anda untuk menjaga lingkungan mereka tetap sehat. Akuarium yang sehat relatif mudah dicapai dan dipelihara, tetapi itu tidak akan terjadi dengan sendirinya. Semua itu tergantung pada Anda dalam memilih tipe akuarium dan aksesoris lengkapnya.

    Di sungai, danau, dan lautan, air dibersihkan dan disaring secara alami. Di akuarium, itu cerita yang lain. Agar air akuarium tetap bersih dan sehat, Anda harus mengerjakannya sendiri. Ini artinya Anda harus berhati-hati agar tidak terlalu memasukkan terlalu banyak ikan dalam satu tangki atau memberi makan ikan secara berlebihan. Ini berarti mengubah sebagian air secara teratur, membersihkan batu kerikil dan menyediakan penyaringan yang tepat.

    Kedengarannya seperti pekerjaan yang rumit? Sama sekali tidak. Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit dalam seminggu. Selain akuarium dan aksesoris umum seperti filter, dan pencahayaan, berikut daftar hal yang perlu Anda mulai:

    Kerikil: Dilapisi atau dicuci terlebih dahulu sangat ideal.

    Dekorasi: Hanya yang ditujukan untuk akuarium (misalnya, tanaman atau hiasan hidup atau buatan).

    Air Conditioner: Mengurangi kadar klorin dari air keran untuk membuat ikan-aman.

    Net: Untuk memindahkan ikan.

    Pembersih kerikil: Untuk perubahan air dan pembersihan.

    Makanan Ikan: Hubungi dealer Anda untuk mendapatkan rekomendasi.

    Menyiapkan Akuarium Anda

    Tangani dengan hati-hati

    Jangan pernah mencoba memindahkan akuarium dalam keadaan penuh atau sebagian penuh.

    Jangan pernah mengangkat akuarium dengan tangan basah.

    Jangan pernah mencoba mengangkat akuarium dengan menggenggam tepi atau bingkai bagian atas.

    Selalu pegang dan bawa akuarium dari bawah, dukung bagian bawah setiap saat.

    Mempersiapkan Tangki Anda

    Dengan menggunakan kain lembab, bersihkan tangki Anda di dalam dan luar sebelum pemasangan.

    Jangan gunakan sabun, deterjen atau pembersih yang keras.

    Memilih Lokasi

    Selalu tempatkan akuarium di lokasi yang dapat menopang berat akuarium dalam keadaan terisi.

    Akuarium yang penuh dengan air dan kerikil beratnya sekitar 4 hingga 5 kg per galon.

    Selalu tempatkan akuarium pada permukaan yang datar dan rata dan pastikan stopkontak listrik berada dalam jarak dekat.

    Jangan letakkan akuarium dekat sumber panas atau AC.

    Jangan pernah menempatkan akuarium di bawah sinar matahari langsung. Cahaya matahari penuh atau bahkan sebagian dapat menyebabkan pertumbuhan alga yang berlebihan.

    Menambahkan Kerikil

    Tambahkan 1 hingga 2 kg kerikil untuk setiap galon air akuarium. Pastikan untuk membilas kerikil secara menyeluruh (air harus mengalir bersih) sebelum menambahkannya. Lapisan kerikil harus dalam posisi miring secara bertahap ke bagian depan akuarium Anda.

    Mengisi Akuarium Anda

    Menuangkan aliran air langsung ke tangki Anda akan mengganggu lapisan kerikil. Kami merekomendasikan agar sebelum menambahkan air, Anda menempatkan piring bersih di atas kerikil dan secara bertahap tuangkan air di atas piring. Aliran ini disalurkan dengan lembut tanpa menggeser kerikil.

    Selalu isi akuarium Anda dengan air pada suhu ruangan. Air dingin menyebabkan kondensasi, yang membuat kebocoran. Jika kondensasi terjadi, cukup bersihkan permukaan dengan kain bersih sampai suhu stabil. Selalu obati air dengan dechlorinator sebelum menambahkannya ke akuarium Anda. Jangan menambahkan air keran biasa dan tidak terawat - ini bisa membunuh ikan Anda.

    Dekorasi Akuarium

    Setelah akuarium setengah penuh, Anda dapat menambahkan tanaman air (hidup atau buatan) dan/atau batu hias atau ornamen. Sebelum menambahkan barang-barang ini, pastikan untuk membilasnya secara menyeluruh. Saat menempatkan tanaman, ada baiknya untuk mencari yang lebih besar di bagian belakang tangki, yang lebih kecil mengarah ke depan. Ini memastikan area kolam terbuka untuk ikan Anda. Ketika semua ornamen dan tanaman sudah terpasang, terus mengisi akuarium sampai air mencapai 2,5 cm dari atas akuarium.

    Total Tiga Tahap Filtrasi

    Akuarium yang sehat dan sukses membutuhkan penyaringan yang tepat. Tiga tahap penting ini diperlukan untuk mewujudkannya.

    Filtrasi Mekanik menangkap puing-puing padat seperti sisa makanan dan sisa ikan. Filter cartridge adalah sumber ideal dari filtrasi mekanik dan kimia.

    Filtrasi Kimia menggunakan media (karbon aktif) untuk menyerap (menarik dan menahan) polutan terlarut yang dapat menyebabkan perubahan warna air dan bau. Untuk filtrasi mekanis, ada lapisan serat poli untuk menjebak kotoran dan serpihan. Untuk penyaringan kimia, setiap kartrid dikemas dengan karbon aktif premium.

    Filtrasi Biologi adalah jenis filtrasi ketiga. Itu tergantung pada perkembangan bakteri penghasil oksigen yang bermanfaat untuk menghilangkan racun amonia dan nitrit yang terakumulasi dalam air akuarium. Biakan bakteri secara biologis mengubah amonia dan nitrit menjadi nitrat, yang dihapus dengan perubahan air parsial sekali sebulan. Bakteri yang menguntungkan akan tumbuh secara alami pada banyak permukaan dalam akuarium (termasuk kerikil, batu hias dan tanaman plastik) dan akan memberikan filtrasi biologis.

    Panas, Cahaya dan Listrik

    Pemanas dapat digunakan untuk mempertahankan suhu air di akuarium Anda. Kebanyakan ikan tropis membutuhkan suhu air konstan antara 24 ° dan 27 ° C. Ikan mas dan spesies air dingin tertentu lainnya adalah pengecualian dari aturan ini. Mereka bisa hidup dengan cukup nyaman tanpa pemanas.

    Pencahayaan membawa warna alami ikan Anda dan sangat penting untuk pertumbuhan tanaman hidup. Ada banyak jenis perlengkapan lampu akuarium yang tersedia. Penjual perlengkapan akuarium Anda dapat membantu Anda memilih perlengkapan lampu yang sesuai untuk kebutuhan pribadi Anda. Kapas atau penutup akuarium adalah ide yang baik karena benda ini membantu menjaga ikan dan mengeluarkan polutan. Untuk menghindari pertumbuhan alga yang berlebihan, batasi pencahayaan akuarium Anda hingga 7 hingga 10 jam per hari. Secara relatif mudah untuk memasang perlengkapan pencahayaan Anda ke pengatur waktu standar.

    Sebelum memasukkan pemanas, kap mesin atau peralatan listrik lainnya, berhati-hatilah untuk membaca semua instruksi yang tertulis di buku manual Anda dan pastikan untuk menggunakan loop infus. Gunakan outlet yang dilindungi GFCI bila memungkinkan.

    Sebelum Anda Memasukkan Ikan

    Ketika menciptakan lingkungan akuarium baru, kesabaran sangat penting untuk keberhasilan Anda. Biarkan sistem akuarium dan aksesoris Anda beroperasi setidaknya selama 24 jam sebelum memasukkan ikan. Mulailah dengan berbicara dengan penjual akuarium Anda tentang ikan apa yang paling cocok untuk akuarium Anda, ikan apa yang cocok satu sama lain dan berapa jumlah yang sesuai.

    Ketika Anda Memasukkan Ikan

    Tambahkan hanya beberapa ikan yang direkomendasikan pada awalnya, tambahkan lebih banyak secara bertahap selama empat hingga enam minggu ke depan. Pilih saja ikan yang tampak aktif dan sehat. Dan berhati-hatilah agar tidak terlalu memenuhi akuarium Anda. Ikan yang lebih sehat lebih baik daripada ikan yang sangat stres. Beri makan ikan Anda dua kali sehari - hanya sebanyak apa yang akan mereka makan dalam waktu sekitar lima menit.

    Melihat ikan berenang kesana kemari bisa memberikan ketenangan tersendiri kedalam diri Anda. Tingkah polah mereka juga lucu sehingga bisa menghibur Anda. Keindahan warna ikan dapat menyebabkan tekanan darah dan denyut jantung turun sehingga Anda dapat merasa lebih relaks. Jika ditempatkan ke dalam akuarium yang unik, maka keindahan rumah Anda bisa terangkat.

     

    Ruparupa menjual akuarium, aksesoris akuarium, pompa akuarium, tanaman hias akuarium, ornamen akuarium yang bisa mempercantik hunian dengan tampilan yang baru dan menenangkan. Selain itu, kami juga menjual berbagai keperluan kolam dan aksesori yang akan akuarium Anda akan terlihat semakin indah. Kami juga hadir dengan konsep 100% kepuasan pelanggan yang mengedepankan layanan prima untuk setiap transaksi yang Anda lakukan di Ruparupa.