10 Fakta Kucing Ragdoll yang Dipelihara Selebriti Terkenal

0
35153
kucing ragdoll
Sumber: Unsplash/ James Park

Kucing Ragdoll dikenal dengan bulunya berwarna putih halus dan mata biru cerah. Jenis kucing satu ini juga punya kepribadian yang manis dan ramah. Tidak heran bila kucing Radgoll menjadi favorit antar keluarga dan pencinta kucing.

Bahkan, selebriti terkenal seperti Taylor Swift saja memelihara kucing satu ini, lho! Jadi, apakah kamu tertarik untuk memelihara ras kucing satu ini? 

Ruparupa Banner

Fakta Menarik Kucing Radgoll

Nah, berikut beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang kucing satu ini sebelum memeliharannya. 

1. Ragdoll Bukan Ras Tua

kucing ragdoll
Sumber: Unsplash/David Brooke Martin

Ragdoll adalah ras yang relatif baru, tidak seperti banyak ras kucing lainnya. Menurut sebagian besar orang, jenis kucing Ragdoll berumur kurang dari 100 tahun.

2. Warna Bulu Bervariasi

Meskipun bulu yang panjang, putih, dan halus adalah salah satu karakteristik ragdoll, sebenarnya bulu mereka dapat memiliki variasi warna beragam.

Kamu bisa menemukan ras kucing satu ini dengan bulu berwarna biru, ungu, krem, merah, atau oranye. 

3. Suhu Dapat Menentukan Warna Bulu Ragdoll

kucing ragdoll
Sumber: Unsplash/Mikhail Vasilyev

Bukan hanya genetika yang berkontribusi pada warna bulu ragdoll. Biasanya, warna bulu kucing ditentukan oleh beberapa set gen, sedangkan pola pada bulunya ditentukan oleh gen pengubah.

Seperti kucing Siam, Ragdoll memiliki gen pengubah khusus yang mencegah pigmen berkembang pada bulu dan menyebabkan albinisme. Namun, pengubah itu hanya dapat memengaruhi pigmentasi bulu kucing pada suhu antara 37-39 derajat celsius.

Karena tubuh kucing biasanya memiliki suhu yang lebih rendah pada sekitar hidung, telinga, kaki, dan ekornya, di sanalah pigmen berada.

Baca Juga:   6 Jenis Nutrisi Ini Wajib Ada Dalam Makanan Kucing

4. Banyak Ragdoll Memiliki Mata Biru Cerah

Mata ragdoll yang besar, cerah, dan biru adalah ciri khas lain dari kucing ini. Apalagi, semua ras ragdoll murni memiliki mata biru dengan campuran biru tua, hijau, dan emas. Warna ini akan berubah ketika mereka masih muda.

5. Ragdoll Jadi Salah Satu Ras Kucing Terbesar

kucing ragdoll
Sumber: Unsplash/Kanashi

Seperti maine coons, Ragdoll adalah kucing yang cukup besar. Untuk laki-laki, beratnya bisa mencapai 9 kg, sementara perempuan mencapai 7 kg. Meskipun besar, kucing ini dikenal sangat penyayang, menggemaskan, dan suka dimanja, lho!

6. Manja

Ragdoll sangat suka disayang dan dipeluk, sehingga meraka akan betah buat berada di pangkuan kamu dalam waktu lama. Bahkan, mereka juga betah untuk didandani memakai pakaian yang menggemaskan.

7. Perawatan Bulunya Mudah

Meskipun panjang dan halus, bulu kucing Ragdoll tidak mudah rontok dan mudah dirawat. Soalnya, kamu hanya perlu menyisir bulunya beberapa kali dalam seminggu. Hal ini bertujuan supaya bulunya tidak kusut. 

8. Kucing Ragdoll Lambat Dewasa

kucing ragdoll
Sumber: Unsplash/Anna

Tidak hanya mengacu pada kepribadiannya yang menyenangkan, kucing ini juga baru bisa dianggap dewasa jika ia menginjak usia empat tahun. Selain itu, warna dan pola bulunya juga akan terus berubah sampai mereka berusia empat tahun.

9. Ragdoll Mengambil Posisi Teratas di 2018 Cat Fancier Association

Jenis kucing satu ini merebut tempat nomor satu pada peringkat kucing teratas di Asosiasi Pemelihara Kucing 2018, lho! Jadi, kamu tidak perlu ragu lagi kalau mau pelihara anabul yang satu ini.

Baca Juga:   Sejarah Kucing Scottish Fold yang Harus Kamu Tahu

10. Seekor Ragdoll Memegang Rekor Dunia sebagai Kucing Janus Tertua

Kucing janus atau yang lahir dengan dua wajah karena cacat bawaan disebut dengan diprosopia. Meskipun kondisi ini jarang terjadi, rekor kucing janus tertua pada dunia terpegang oleh ras ragdoll bernama Frankie dan Louie.

Frank dan Louie hidup sampai usia 15 tahun, memiliki satu otak, dua mata (mata tengah tidak berfungsi), dua hidung, dan dua mulut. Sang pemilik menyelamatkannya dan membantunya agar mereka bisa panjang umur, bahagia, dan sehat.

Nah, itulah sepuluh fakta kucing ragdoll yang perlu kamu ketahui sebelum memeliharanya.

Kamu bisa nih membeli semua perlengkapan untuk merawat kucing Radgoll melalui toko online resmi Pet Kingdom di ruparupa.

Berikut rekomendasi perlengkapan yang perlu kamu siapkan. 

 

Pet Kingdom Kandang Kucing 3 Tingkat 199 - Hitam
Pet Kingdom Kandang Kucing 3 Tingkat 199 – Hitam

Cek harga

Royal Canin Hair & Skin Care Dry Makanan Kucing Dewasa 400 Gr
Royal Canin Hair & Skin Care Dry Makanan Kucing Dewasa

Cek harga

 

M-pets 250ml Sampo Kucing Disinsectization
M-pets 250ml Sampo Kucing Disinsectization

Cek harga

M-pets Kalung Kucing Pixie Eco - Hitam
M-pets Kalung Kucing Pixie Eco – Hitam

Cek harga

 

Ferplast Toilet Kucing Dengan Filter Karbon - Putih
Ferplast Toilet Kucing Dengan Filter Karbon – Putih

Cek harga

M-pets Keset Pasir Kucing Bentuk Kaki - Hijau
M-pets Keset Pasir Kucing Bentuk Kaki – Hijau

Cek harga

 

dapatkan perlengkapan untuk merawat kucing hemat sampai 60% klik di sini

Di ruparupa, kamu bisa membeli perabot, perlengkapan rumah tangga, dan alat elektronik dari merek-merek terbaik milik Kawan Lama Group, yaitu ACE, INFORMA, SELMA, ATARU, Krisbow, Toys Kingdom, dan masih banyak lagi.

Temukan juga berbagai artikel menarik lainnya dari ruparupa hanya di Google News atau klik di sini.