10 Fakta Kucing Ragdoll yang Menarik

0
2943

Kucing Ragdoll mungkin paling terkenal karena bulu berwarna putih yang halus dan mata biru yang cerah. Tetapi ada lebih banyak hal pada kucing cantik ini daripada penampilan mereka.

Ragdoll memiliki kepribadian yang sangat manis dan ramah yang menjadikannya favorit pada antara keluarga dan pecinta kucing.

Beberapa pemilik Ragdoll bahkan mendeskripsikan sifat mereka seperti anjing karena mereka sangat lucu, penyayang, dan suka orang emong. Yuk, lihat 10 fakta menarik tentang kucing Ragdoll!

Ragdoll Bukanlah Ras Keturunan yang Tua

Ragdoll adalah ras yang relatif baru, tidak seperti banyak ras kucing lainnya. Faktanya, menurut sebagian besar orang, jenis kucing ragdoll berumur kurang dari 100 tahun.

Banyak Ragdoll memiliki bulu runcing berwarna, seperti kucing Siam. Sehingga, banyak yang percaya bahwa salah satu kucing pertama dalam keturunan Ragdoll bisa jadi adalah kucing Burma atau Siam, atau hanya memiliki ciri yang serupa.

Warna Bulu Mereka Bisa Sangat Bervariasi

Meskipun bulu yang panjang, putih, dan halus adalah salah satu karakteristik Ragdoll yang paling terkenal, bulunya sebenarnya dapat memiliki variasi warna yang sangat beragam.

Beberapa warna Ragdoll yang umum termasuk biru, ungu, krem, dan bahkan merah atau oranye. Banyak Ragdoll juga memiliki bulu runcing berwarna, seperti kucing Siam.

Suhu Dapat Menentukan Warna Bulu Ragdoll

Bukan hanya genetika yang berkontribusi pada warna bulu Ragdoll. Biasanya, warna bulu kucing tertentukan oleh beberapa set gen, sedangkan pola pada bulunya tertentukan oleh gen pengubah.

Seperti kucing Siam, Ragdolls memiliki gen pengubah khusus yang mencegah pigmen berkembang pada bulu dan menyebabkan albinisme. Namun, pengubah itu hanya dapat memengaruhi pigmentasi bulu kucing pada suhu antara 37 dan 39 derajat celsius.

Atau saat kucing desang ada dalam kandungan ibunya atau terpapar suhu yang sangat hangat. Ketika tubuh Ragdoll turun di bawah 37 derajat celsius, gen warna bulunya kembali aktif dan mampu mengirimkan pigmen ke bulunya.

Karena tubuh kucing biasanya memiliki suhu yang lebih rendah pada sekitar hidung, telinga, kaki, dan ekornya, dalam sanalah pigmen biasanya berada.

Kebanyakan Ragdoll terlahir sepenuhnya putih dan mengembangkan tanda mereka selama beberapa minggu pertama kehidupan. Karena mereka tidak lagi terpapar kehangatan rahim ibu mereka.

Banyak Ragdolls Memiliki Mata Biru Yang Cerah

Mata Ragdolls yang besar, cerah, dan biru adalah ciri khas lain dari kucing ini. Tetapi, tidak semua Ragdoll memilikinya. Semua Ragdoll ras murni memiliki mata biru, tetapi Ragdoll ras campuran mungkin memiliki mata berwarna biru tua, hijau, atau emas yang berubah selama masih berumur masa mudanya.

Ragdolls Adalah Salah Satu Ras Kucing Terbesar

Seperti Maine Coons, Ragdolls adalah kucing yang cukup besar. Laki-laki bisa mencapai 9 kilogram, sementara perempuan bisa mencapai sampai 7 kilogram. Tapi jangan biarkan ukuran mereka yang besar meragukan Anda.

Ragdoll sangatlah penyayang, lucu, dan sangat suka kalau Anda gendong. Itu sama-sama menguntungkan untuk Anda yang akan mendapatkan latihan lengan dan pelukan dengan kucing manis Anda!

Mereka Benar-Benar Dinamakan Ragdolls

Ragdoll sangat suka Anda sayang dan peluk. Sedemikian rupa sehingga mereka benar-benar lemas saat Anda gendong (karena mereka begitu santai). Sama seperti mainan ragdoll!

Terlebih lagi, banyak Ragdoll lainnya yang akan membiarkan Anda mendandani mereka dengan pakaian kecil yang lucu.

Bulu Ragdolls Tidak Banyak Rontok dan Perawatannya Sangat Mudah

Meskipun bulunya panjang dan halus, kucing Ragdoll tidak banyak rontok. Dan jika Anda bandingkan dengan kucing lain, perawatannya sangat mudah.

Karena Ragdoll tidak memiliki lapisan bawah yang tebal dan tidak rentan terhadap anyaman. Yang harus Anda lakukan untuk menjaga bulunya tetap bersih dan sehat adalah menyisirnya beberapa kali dalam seminggu. Ini adalah produk sikat bulu kucing rekomendasinya:

Vetocanis Sikat Bulu Kucing

Anda harus menjaga keindahan dan kesehatan bulu kucing Anda. Bulu kucing ragdoll yang panjang bisa mengakibatkan kusut. Gunakan alat ini untuk mengurai kusut, menghilangkan rambut dan bagian kulit bawah yang mati. Belilah sikat bulu yang dapat digunakan untuk segala jenis bulu mulai dari pendek, panjang, hingga tebal.

Kucing Ragdoll Lambat Menjadi Dewasa

Tidak hanya mengacu pada kepribadian mereka yang menyenangkan. Tetapi, kucing Ragdoll belum teranggap dewasa sepenuhnya sampai mereka mencapai usia empat tahun.

Teranggap sebagai ras “dewasa lambat”, Ragdolls akan terus tumbuh. Dan warna serta pola bulu mereka mungkin akan terus berubah sampai mereka berusia sekitar empat tahun.

Ragdolls Mengambil Posisi Peringkat Teratas di 2018 Cat Fancier Association

Berkat sifat mereka yang manis dan jinak, bulu yang indah dan lembut, dan perhatian dan penyayang, Ragdolls merebut tempat nomor satu pada peringkat kucing teratas Asosiasi Pemelihara Kucing 2018.

Seekor Ragdoll Memegang Rekor Dunia sebagai Kucing Janus Tertua

Kucing Janus, atau kucing yang lahir dengan dua wajah, tersebabkan oleh cacat bawaan yang sangat langka yang orang sebut diprosopia. Meskipun kondisi ini jarang terjadi, rekor kucing Janus tertua pada dunia terpegang oleh Ragdolls bernama Frankie dan Louie, atau orang kenal sebagai Frankenlouie.

Frank dan Louie, yang hidup sampai usia 15 tahun, memiliki satu otak, dua mata (mata tengah tidak berfungsi), dua hidung, dan dua mulut. Pemiliknya menyelamatkannya dan membantunya agar hidup panjang, bahagia, dan sehat.

Nah, sekarang Anda sudah mengetahui 10 fakta menarik tentang kucing ragdoll. Apakah Anda tertarik untuk memelihara kucing ragdoll? Atau bagi kalian yang sudah memelihara kucing, apakah ingin membeli atau mengadopsi kucing lainnya?

Yuk, jangan lupa untuk membeli dan mempersediakan kebutuhan untuk kucing peliharaan Anda! Ini adalah produk rekomendasinya:

Pawise Mainan Kucing Scratcher Play Pen 35x35x58cm

Dorong perilaku alami kucing Anda untuk menggaruk sambil mencegahnya menggaruk furnitur Anda dengan scratcher.

Produk rekomendasi diatas bisa Anda temukan dengan mudah di Ruparupa.com yang selalu memiliki berbagai penawaran menarik. Yuk, belanja sekarang jangan sampai kehabisan!