Aquarium ikan hias yang cantik akan menjadi dekorasi menarik untuk rumah Anda. Liak-liuk mahluk air yang berenang di dalamnya juga bisa menjadi terapi pereda stres setelah lelah bekerja. Namun menghias aquarium ikan hias yang menarik juga ada triknya. Anda mungkin sudah memiliki aquarium kaca yang diinginkan lengkap dengan penyaring air dan ikan-ikan yang akan dimasukkan ke dalamnya. Pertanyaan sekarang, bagaimana memulainya?

Banyak orang yang menjadi terlalu bersemangat memborong berbagai dekorasi aquarium lucu yang ditawarkan di toko sehingga akhirnya meramaikan dasar aquarium ikan hias. Ini tidak bagus, selain membuat penyaring air bekerja lebih berat untuk membersihkan kotoran yang menempel di permukaannya, aquarium ikan hias yang terlalu ramai juga tidak akan terlihat indah. Yuk, pelajari langkah-langkahnya!

Menghias Aquarium Dimulai dari Dasar

Substansi apa yang Anda ingin gunakan untuk bagian ini? Pilihannya banyak, bisa  menggunakan pasir, kerikil kecil atau besar atau bola kaca warna-warni. Putuskan juga, apakah Anda ingin menghias aquarium ikan hias dengan sentuhan warna natural atau lebih berwarna? Pemilihan dasar ini juga harus disesuaikan dengan jenis ikan hias yang akan Anda pelihara.

Pasir

Jika Anda ingin memasukkan ikan sejenis belut, maka dasar dengan pasir pas karena sebagian besar waktu mereka akan digunakan di dasar, sementara kerikil terlalu kasar untuk ikan hias jenis ini. Pasir juga akan mendatangkan nuansa aquarium air laut yang eksklusif. Namun pasir juga punya kelemahan karena merepotkan saat harus dibersihkan karena teksturnya yang halus.

Kerikil

Kerikil atau batu lebih populer untuk aquarium ikan hias air tawar karena memberi kesan natural dan lebih mudah dibersihkan. Jangan lupa untuk mencuci apapun yang akan Anda gunakan sebagai dasar sebelum memasukkan ke dalam aquarium.

Tanaman Hidup atau Plastik?

Tanaman merupakan dekorasi populer untuk menghias aquarium ikan hias. Kehadirannya memberi nuansa warna dan kesan natural pada aquarium. Pilihannya juga sangat beragam.

Tanaman Plastik

Belakangan ini, aquarium di rumah lebih banyak menggunakan tanaman plastik. Alasannya, tanaman plastik kadang tampil lebih berwarna bahkan dibanding tanaman-tanaman asli. Tanaman jenis ini juga lebih mudah perawatannya karena tidak akan mati. Dan seperti tanaman hidup, dia menawarkan tempat bersembunyi untuk ikan.

Tanaman Hidup

Kelebihan tanaman hidup, ia bisa memberi kualitas lebih baik pada kualitas air di aquarium Anda karena mengikat karbondioksida dan mengeluarkan oksigen untuk bernapas ikan.

Mana yang dipilih? Semua kembali pada keputusan dan juga selera Anda.

Menambah Dekorasi

Tidak ada batasan untuk yang satu ini, semua tergantung selera bagaimana Anda menginginkan tampilan aquarium hias Anda.  Perhatikan ukuran aquarium Anda, jika sudah diisi tanaman berapa banyak ruang yang tersisa. Pastikan apa pun jenis dekorasi yang akan digunakan tidak berbahaya untuk ikan-ikan peliharaan Anda.

Pastikan apa pun jenis dekorasi yang akan digunakan tidak berbahaya untuk ikan-ikan peliharaan Anda.

Masih belum puas? Kunjungi halaman inspirasi dan kebutuhan akuarium ikan hias Anda. Selamat menghias aquarium!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here