Ikan hias air tawar – Ruppers siapa nih yang dirumah nganggur atau mau pelihara ikan tapi bingung pelihara ikan apa? Ikan hias biasanya berada di lautan bebas, jika tidak berada di air laut maka ikan hias akan mati. Namun Anda dapat memelihara ikan hias yang tidak kalah cantik cukup dengan air tawar loh.

Simak yuk, 12 jenis ikan hias air tawar yang tidak mudah mati.

Ikan Cupang

pikist.com

Ikan hias satu ini tentu sudah tak asing diliat yah Ruppers. Ikan cupang memiliki beragam warna dan bentuk yang sangat menarik. Perawatan ikan ini pun cukup mudah. Hanya tempatkan kedalam botol yang diisi air, maka ikan tetap dapat hidup. Namun ikan ini memiliki sifat agresif sehingga tidak dapat digabung dengan ikan lainnya.

Aquarium
Beli Perlengkapan Aquarium Lengkap untuk ikan cupang di Ruparupa

Ikan Botia

Ikan botia termasuk ikan nokturnal karna aktif dimalam hari dan ikan ini adalah ikan yang paling banyak diburu para pecinta ikan hias untuk menghiasi akuarium mereka. Terdapat beberapa jenis ikan hias botia yang menjadi primadona, di antaranya ikan botia macan, ikan botia badut, ikan botia morleti, dan ikan botia India.

Ikan Koi

pxhere.com

Tidak asing lagi yah Ruppers dengan ikan yang satu ini. Ikan koi memiliki ciri khas perut buncit dan warna yang cerah dan beragam. Biasanya ikan ini ditempatkan didalam kolam ikan. hal ini dikarenakan ikan ini membutuhkan space yang cukup lebar. Semakin besar dan semakin bagus warna ikan, maka semakin mahal juga harganya loh.

Ikan Black Ghost

id.pinterest.com/pin/291185932154430816

Lagi – lagi ikan yang berasal dari Amazon, yaitu black ghost. Memiliki warna yang hitam dan bentuknya yang pipih serta sirip panjang membuat ikan ini dijuluki sebagai black ghost. Ikan ini suka memakan jentik nyamuk dan serangga air kecil atau pelet. Perawatannya pun cukup mudah.

Ikan Louhan

id.pinterest.com/pin/620652392389023139

Ikan dengan ciri khas kepala yang menonjol ini sangat terkenal diberbagai kalangan. Di Indonesia, ikan lohan menjadi salah satu jenis ikan air tawar yang banyak diminati para kolektor ikan. Bentuknya yang unik dengan warna yang indah menjadikan ikan louhan sebagai simbol keberuntungan. Harga ikan ini juga cukup mahal loh Ruppers.

Ikan Manfish

flickr.com

Jenis ikan hias ini sangat mudah dipelihara karena dapat dicampur dengan jenis ikan hias lainnya dalam satu akuarium. Memiliki ciri – ciri badan yang pipih dan sirip yang memanjang serta memiliki banyak pilihan warna membuat ikan ini cocok sebagai penghias akuarium Anda. Harganya untuk ikan manfish ini juga relatif murah loh Ruppers.

Ikan Swordtail

ikanesia.id

Ikan swordtail memiliki tubuh yang berujung runcing seperti pedang, maka tidak aneh jika ikan ini disebut sebagai ikan pedang. Namun, bagian runcing seperti pedang tersebut hanya ada pada jantan.

Ikan Lemon

ball-pythons.net

Dari warnanya saja pasti Ruppers sudah tau nih mengapa dinamai dengan ikan lemon. Yaps, hal ini dikarenakan warnanya yang seperti lemon. Ikan ini memiliki daya tahan yang cukup kuat, namun ikan lemon termasuk ikan yang agresif sehingga sulit digabungkan dengan ikan jenis lainnya dalam satu akuarium.

Ikan Guppy

pixabay.com

Ikan guppy termasuk salah satu ikan hias yang mudah dipelihara dan harganya juga relatif murah loh Ruppers. Ikan ini memiliki ukuran kurang lebih 2,5 sampai 5 cm serta memiliki sirip yang cantik dengan berbagai motif warna yang menarik perhatian. Jika ikan guppy merasa nyaman dengan lingkungannya, maka ia mudah berkembang biak.

Ikan Neon Tetra

allposters.com

Dengan nama latin Paracheirodon innesi, ikan neon tetra menjadi pilihan pelengkap ikan hias air tawar yang ada di akuarium. Jenis ikan ini tergolong dalam kelompok ikan cardinal fish atau ikan air tawar yang membentuk sculling atau gerombolan. Sisik dalam neon terta mempunyai zat bioluminesen, yang artinya bisa mengeluarkan cahaya.

Ikan Molly

pixabay.com

Ikan molly memiliki warna yang cantik, mudah dirawat, dan jinak. Memiliki bentuk yang kecil, gemuk, dan beragam warna menarik sehingga cocok jika dipelihara di dalam akuarium bersama ikan-ikan kecil lainnya. Meski tak ada alat pompa oksigen di dalam akuarium, ikan ini juga mampu bertahan hidup.

Ikan Platy

ikanesia.id

Sekilas ikan platy memiliki bentuk yang mirip dengan ikan molly, hanya saja warna ikan platy lebih mencolok. Ikan platy memiliki berbagai jenis yang menarik. Perawatan ikan ini cukup mudah. Warna nya yang mencolok dan jinak sehingga cocok di pelihara oleh pemula.

12 jenis ikan air tawar diatas termasuk kedalam ikan air tawar yang tidak mudah mati. Hal ini dikarenakan perawatan terhadap ikan tersebut tidak membutuhkan perawatan khusus sehingga ikan – ikan diatas tidak mudah mati.

Jika ingin memelihara ikan, tentu Ruparupa punya beberapa barang penting sebagai pendukung nih. Simak yuk beberapa barang pendukung berikut ini.

Akuarium

Saat memelihara ikan, tentu hal utama yang dipikirkan adalah akuarium. Anda dapat menggunakan akuarium dengan berbagai desain dan jenis seperti akuarium dengan kabinet, akuarium kaca bulat, atau lainnya.

Filter

Agar kualitas akuarium selalu terjaga, hadirkan filter yang memiliki daya kerja maksimal dan praktis digunakan untuk menjaga kebersihan akuarium Anda. Terdapat pilihan filter akuarium lainnya yang dapat Anda sesuaikan sesuai kebutuhan.

Hiasan Akuarium

Akuarium terasa tidak lengkap tanpa kehadiran hiasan didalamnya. Adanya dekorasi akan menambah aksen tersendiri bagi akuarium Anda. Anda dapat menambahkan berbagai hiasan seperti pasir, batu – batuan, pohon, bangunan – bangunan atau hiasan lainnya.