Sebagian orang pasti penasaran apa saja warna kucing? mengapa anak kucing memiliki warna yang berbeda dari induknya? Kenapa kucing berubah warna ?

Untuk menjawabnya memang tidak mudah tapi secara umum memang warna bulu jenis hewan yang lucu ini sangat bervariatif sesuai dengan kelompok mereka.

Bahkan karena perbedaan inilah kucing bisa memiliki kepribadian yang berbeda-beda loh! unik banget kan? untuk mengetahui informasi selengkapnya kita baca informasi ini sampai habis

Warna Kucing

Jika kamu bertanya berapa banyak sih variasi yang ada? inilah jawabannya untuk kamu

Solid

jika bicara Warna solid maka tentunya kita dapat membayangkan ada hewan lucu yang berwarna putih hitam kuning coklat,  abu-abu titik setiap hewan ini memiliki perbedaan yang unik misalnya

Karakter secara umum berbeda-beda seperti penjelasan di bawah ini

# Kucing putih

warna-warna kucing
Source: Pixabay

Lucu menggemaskan rasanya pengen dipeluk terus.  Tapi karena memiliki sifat yang pemalu karena penglihatannya yang buruk dan mudah gelisah tidak semua manusia atau pemilik jenis kucing ini ini mudah melakukan kontak fisik.

Selain itu yang menonjol dari ras ini adalah matanya yang biru atau bahkan berlainan warna yang mana sangat beresiko dapat menyebabkan tuli. 

# Kucing hitam

Kucing warna hitam
Source: Pixabay

Kebanyakan orang Indonesia menganggap kehadiran kucing dengan warna bulu pekat ini membawa dampak negatif untuk kehidupan, namun saat ternyata ini hanya mitos semata atau tergantung kamu percaya atau enggak nih?

Namun secara karakter mereka adalah hewan yang cerdas aktif dan pandai berburu mangsa loh titik bahkan menurut hasil riset Universitas California Davis jenis ras ini ternyata paling ramah, wow mengejutkan ya!

# Kucing coklat

Kucing warna coklat
Source: catbreedslist

Mungkin jarang yang melihat jenis hewan peliharaan ini, karena masuk dalam peliharaan yang langka. Tapi ada kesamaan karakter dengan kucing hitam yang mana  sangat cerdas, menyenangkan, ramah dan manja sama pemiliknya nya.

Lebih dekat lagi mereka memiliki area kelopak mata berwarna kuning yang sangat kontras dengan hitam serta pandangan yang innocent dan  menggemaskan.

# Kucing abu-abu 

Kucing warna Abu-abu
Source: Purina

Dari mukanya hewan ini terlihat tenang dewasa dan jauh dari kata jahil.  si ternyata mereka suka banget bermain, punya rasa penasaran yang tinggi, atraktif ,  sekaligus iseng sama peliharaan lainnya. Kelebihan lainnya hewan ini memiliki mata bulat yang cantik dan mempesona 

Bi- color

Kucing belang yang memiliki dua warna yang lucu dan sangat bervariasi, memiliki karakter yang misterius, dan moody. Terkadang mereka tidak suka sentuhan, namun beberapa jam kemudian mereka bisa menjasi sangat manja. Meskipun susah ditebak hewan ini pandai dan atraktif.

# Kucing hitam putih

Kucing dua warna
Source: wikiwand

Memiliki perpaduan warna monokrom layaknya jas tuxedo,  serta memiliki beberapa nama penyebutan  misalnya mitt  untuk jenis kucing yang memiliki putih pada bagian kaki, Lalu ada Beat putih pada bagian dada, juga locked bercak putih pada bagian badan

# Badut 

Kucing warna warni
Source: unsplash

Memiliki warna putih yang mencolok dibanding dengan warna tubuh lainnya, yang mana membuat tubuh hewan ini terlihat sangat kontras

# Van bi Color

Memiliki warna putih yang dominan pada seluruh tubuh, dan dihiasi dengan warna hitam yang ada pada bagian punggung ekor atau telinga 

# Dilute 

Jenis warna kucing
Source: The happycatsite

Memiliki istilah lain ucap yang mana sangat tampak dari warna bulu yang Pudar namun tetap mengagumkan

# Smokey

Jenis ini memiliki kombinasi bulu hitam abu-abu dengan warna putih pada bagian dalamnya

Tabbies 

Biasanya dimiliki oleh kucing liar yang sangat beragam misalnya warna orange abu-abu perak maupun coklat. serta pola garis-garis yang menempel seperti harimau. Selain itu pola kucing tabby seperti huruf  M yang ada pada dahi mereka. 

# Classic tabby

Kucing warna abu
Source: Pixabay

Memiliki nama lain blotched tabbies , karena adanya pola atau warna hanya ada pada bagian panggul terkadang melingkar seperti garis-garis, pusaran kue keong , atau bercak  yang mirip mata banteng pada tubuh. 

# Ticked tabbies 

Kucing ticked tabby
Source: commons.wikimedia

Memiliki pita pada setiap batang rambut dengan warna yang lebih terang di bagian dasarnya, memiliki tampilan berbintik-bintik warna-warni tanpa garis-garis pada tubuh. Sebagai contoh terdapat pada Abyssinians dan Somalia 

# Tabbies mackerel

Hewan peliharaan lucu
Source: hippopx.com

Memiliki garis-garis vertikal terus menerus di kedua sisi tubuh mereka dan garis tulang belakang gelap memanjang dari bahu ke ekor.

# Spotted 

Kucing berbintik dengan jarak dan ukuran yang bervariasi. Umumnya mereka tidak memiliki pola yang teratur. Sebagai contoh Bengals yang memiliki bercak roset. Memiliki bentuk yang cantik layaknya jelmaan harimau mungil. 

# Patched Tabby

Jenis ini biasanya terdapat pada kucing betina yang memiliki gen jingga bawaan, cantik namun sulit untuk ditemukan. 

Tiga Warna

Salah satu jenis hewan yang memiliki bulu perpaduan tiga warna yang cantik, dan mayoritas betina. Memiliki karakter yang dinamis, aktif, penasaran dan suka bermain.

# Kucing Calico

Kucing tiga warna ATAU CALICO
Source: Kittentoob

Hasil perpaduan dari hitam orange dan putih namun umumnya kamu bisa menemukan dalam dua jenis hewan loh yang berwarna terang maupun berwarna pucat.

#  Tabico

Tidak memiliki warna yang selalu terang karena hewan ini didominasi oleh warna putih dan coklat, serta garis-garis lembut pada bagian tubuhnya

# Torties

Kucing yang satu ini sangat menggemaskan karena memiliki pola belang dari dua warna putih abu-abu cream dengan abu-abu

# Torbie

Kucing yang didominasi dengan warna orange pada bagian tubuhnya lainnya. Dalam kartun kamu bisa melihatnya seperti kucing Garfield.

Point

warna warna kucing
Source: Thaicats

Umumnya memiliki tubuh berwarna terang, karena adanya pengaruh gen bawaan dari induk.

# Flame point

Memiliki warna putih yang cantik, namun memiliki bagian gelap pada telinga, ekor, wajah maupun kaki.

# Seal point

Memiliki spot gelap pada hidung atau bagian kaki, atau telinga.

# Chocolate point

Berwarna terang yang semakin lucu dengan bagian hidung atau kaki berwarna merah muda.

# Lilac point

Memiliki spot terang atau gelap yang ada pada bagian tubuh tertentu yang membuatnya semakin meneggemaskan

#Lynx point

Terdapat pada kucing siam yang kaki, telinga wajah atau ekornya berwarna krem, serta warna lainnya yang mungkin saja bisa lebih terang atau gelap.

Mengapa anak kucing memiliki warna yang berbeda dari induknya?

Mengapa anak kucing memiliki warna yang berbeda dari induknya?
Source: Pixabay

Terdapat beberapa alasan yaitu gen dan heteropaternal superfecundation. Nantinya gen mempengaruhi warna, sedangkan heteropaternal superfecundation merupakan sperma kucing jantan yang membuahi induk berbeda. Karena itulah kitten memiliki warna-warna berbeda.

Kenapa bulu kucing berbeda warna?

Kenapa bulu hewan dapat berbeda beda
Source: Pixabay

Tidak perlu khawatir jika hewan peliharaanmu memiliki bulu warna yang berbeda seiring berjalannya waktu. Ini terjadi karena faktor faktor tertentu seperti ini

# Suhu

Biasanya terjadi pada jenis kucing Himalaya, Siam, maupun kucing oriental, yang mana dapat berubah saat musim dingin. Sehingga tidak perlu khawatir jika kucing kamu mengalami perubahan warna ya.

Dengan adanya perubahan suhu juga ternyata berpengaruh pada warna hidung kucing berwarna pink. Hal ini terjadi karena adanya panas yang mengalir dan mengubah warna hidung merah muda gelap. Umumnya banyak terlihat pada peliharaan yang berwarna terang.

#Efek Matahari

Ada jenis hewan berbulu yang suka berjemur, dan hal inilah juga yang menjadi penyebab mereka dapat berubah warna loh! Begitu juga untuk mereka yang suka berbaring pada area terang maka akan memberikan efek yang cukup berdampak.

# Kurangnya Nutrisi

Siapa nih yang punya kucing dikasih makan sembarangan? yuk, hentikan mulai sekarang karena kurangnya asam amino tirosin dapat membuat perubahan yang signifikan loh! Misalnya warna bulu kucing hitam dapat menjadi merah, dengan informasi ini tentunya juga sekaligus menjawab pertanyaan kenapa bulu kucing hitam berubah warna.

Dari kasus di atas kita bisa belajar kalau Tirosin sangat perlu untuk memproduksi melanin, yang mana kucing membutuhkan dua kali lebih banyak setiap harinya, atau kurang lebih 5 gram dalam sehari. Tapi selain itu kekurangan tembaga dan kelebihan seng juga dapat menjadi penyebab warna bulu kucing berubah warna.

# Bertambah Usia

Sama seperti manusia kucing juga bisa mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Misalnya jika kamu memperhatikan warna kucing semakin pudar atau terang, itu karena kulit kehilangan pigmentasi atau vitiiligo.

Vitiligo ini terdapat dua macam, hanya pada sebagian kulit yang mana kecil atau dapat menyebar. Sementara itu pada jenis lainnya hanya ada pada bagian hidung. Jadi ada baiknya perhatikan perubahan yang terjadi dari waktu ke waktu.

# Menjilati Tubuh

Terkadang perubahan warna terjadi karena adanya infeksi akibat jilatan dari ritual mandi si kucing. Kenapa bisa? karena ada pigmen cokelat yang bersumber dari sel darah merah tua yang menempel. Semakin sering mereka menjilati tubuhnya, semakin banyak perubahan yang terjadi.

# Masalah kesehatan

Masalah kesehatan yang sering terjadi seperti penyakit kuning, ketidaksiembangan hormon, kista, tumor, peradangan, dan penyakit cushing yang membuat perubahan warna. Pantau secara berkala jika mereka mengubah perilaku.

Untuk mencegah hal-hal buruk yang mungkin saja terjadi penuhi nutrisi dan perlengkapan yang terbaik untuk hewan kesayangan kamu dengan produk terbaik dari Ruparupa. Melalui situs ini kamu bisa menemukan berbagai produk seperti makanan, sisir, tempat tidur hewan yang dapat sesuai dengan budget kamu.

Buat yang belum tahu Ruparupa, adalah situs belanja online yang menyediakan brand dari Kawan Lama Group seperti, ACE, INFORMA, hingga Toys Kingdom dan masih banyak lagi. Kelebihan lainnya dengan berbelanja pada platform ini adalah penggunanya akan mendapatkan kemudahan, kemanan, serta kenyamanan dalam bertransaksi

Dapatkan dengan harga terbaik dengan menggabungkan diri menjadi Ruppers sekarang juga, melalui web atau aplikasi yang tersedia pada Android maupun Ios