6 Inspirasi Desain Rumah 2 Lantai Anti Banjir

0
2043
desain rumah 2 lantai
Sumber : homedesignlover.com

Sekarang kamu tidak perlu panik lagi saat menghadapi musim hujan. Apalagi, saat ini semakin banyak desain rumah 2 lantai yang anti banjir dan tetap terlihat menawan.

Seperti Apa Desain Rumah Anti Banjir?

Nah, buat kamu yang sedang membangun rumah, kami punya beberapa inspirasi  rumah 2 lantai, yang ampuh dalam menghadapi bencana banjir di musim hujan. Seperti apa? Simak, yuk!

1. Rumah bergaya Eropa

Rumah dengan gaya Eropa umumnya punya desain yang klasik sdan punya ciri khas penggunaan aksen kayu pada bagian dinding rumah. Biasanya, dinding tersebut diberikan cat warna netral, seperti biru, abu-abu, dan putih.

Umumnya, rumah bergaya Eropa  juga memiliki pondasi rumah yang tinggi sehingga bisa menghalau banjir masuk ke dalam rumah.

desain rumah 2 lantai
Sumber : Pinterest

2. Rumah panggung modern

Mengadopsi bangunan rumah panggung tradisional, banyak arsitek menggunakan konsep ini untuk membangun rumah modern yang  mewah.

Biasanya, rumah panggung memanfaatkan tiang-tiang tinggi untuk membangun dua lantai. Pada bagian bawah, bisa digunakan sebagai carport ataupun teras rumah.

Baca Juga:   Fakta Unik Rumah Adat Aceh Krong Bade, Wajib Tahu!

Jadi, kamu tidak perlu meletakkan banyak barang di bagian bawah.

rumah panggung modern
Sumber : Pinterest

3. Joglo modern

Rumah tradisional joglo memiliki bentuk khas terlihat dari penggunaan atap rumahnya. Nah, desain rumah joglo sekarang banyak mendapatkan sentuhan modern.

Umumnya, mereka mengganti penggunaan kayu menjadi material bata atau batu hebel agar lebih kuat.

Rumah joglo sendiri memiliki ruang terbuka di lantai bagian bawah, yang bertujuan untuk memberikan udara lebih sejuk ke dalam rumah.

Namun, seiring berjalannya waktu, area terbuka pada rumah joglo bisa menjadi alternatif untuk mengatasi banjir agar tidak masuk ke dalam rumah.

desain rumah 2 lantai
Sumber : Pinterest

4. Beach house

Jika kamu pergi ke bagian pesisi Amerika, mungkin kamu akan menemukan desain rumah seperti gambar di bawah ini.

Sekilas, mirip dengan rumah bergaya Eropa, yang memanfaatkan material kayu. Namun, rumah ini sengaja dibuat tinggi untuk menghindari pasang air laut.

Konsep seperti ini bisa kamu jadikan referensi, loh. Selain menghindari banjir, rumah ini juga cocok menjadi spot foto cantik di tengah ibukota.

Baca Juga:   Agar Tidak Bikin Sempit, Cek 5 Tips Pilih Rak Buku Ini
rumah pinggir pantai
Sumber : carolinabluewaterconstruction.com

5. Rumah pohon

Siapa bilang rumah kayu itu tidak menarik? Salah satunya adalah rumah pohon,yang  sejuk karena berada di tempat yang cukup tinggi untuk mendapatkan udara segar.

Karena berada di tempat tinggi, rumah ini juga bisa  menjadi rumah 2 lantai anti banjir. Sayangnya karena keterbatasan lahan, rumah jenis ini cocok berada di daerah dengan halaman yang luas.

Desain rumah 2 lantai anti banjir
Sumber : atlanta.curbed.com

6. Rumah kaca

Rumah yang memiliki dinding dari kaca terbilang cukup ampuh untuk menghalau air masuk ke dalam rumah.

Biasanya, bagian bawah rumah penuh kaca ini, memiliki perekat berupa lem kedap air sehingga air tidak bisa masuk.

Rumah desain kaca
Sumber : geoffsumichdesign.com

Nah itu dia beberapa inspirasi desain rumah 2 lantai anti banjir yang bisa kamu tiru saat musim hujan tiba. Walau begitu tetap waspada dan jaga kesehatan, ya!

Bagi kamu yang mencari beragam furnitur dan kebutuhan untuk melengkapi interior rumah, kamu bisa menemukan hanya di Ruparupa.com.

Kami juga punya beberapa inspirasi perabot rumah tangga terbaik, seperti berikut ini.

meja makan
Lazio Set Meja Makan 4 Kursi – Putih – Beli hanya di Ruparupa.com

Beli di sini

rak dinding
Masterspace Rak Dinding Moreo – Cokelat – Temukan hanya di Ruparupa.com

Beli di sini