7 Keunggulan Batu Hebel Untuk Fondasi Rumah

0
11684
keunggulan batu hebel
Sumber : depohebelyogya.com

Material untuk membangun sebuah rumah semakin banyak pilihan, mulai dari batu bata, batako, dan batu hebel. Namun, seiring waktu, penggunaan batu hebel pun jadi populer. Lalu, apa itu batu hebel?

Batu hebel merupakan material bangunan hasil campuran pasir, semen, kimia busa, gypsum, kapur, pasta alumunium, dan air.

Ruparupa Banner

Tidak seperti batu bangunan lain, biasanya batu hebel lebih mudah didapatkan. Proses pengerjaannya pun lebih cepat karena menggunakan mesin cetak modern. Tidak heran bila batu hebel memiliki banyak keunggulan, yang mulai dilirik banyak ahli bangunan.

Apa Saja Kelebihan Batu Hebel?

Selain mudah ditemukan, ternyata ada beberapa kelebihan lainnya dari batu hebel. Berikut telah kami rangkum menjadi beberapa poin mengenai keunggulan dari bahan bangunan satu ini. Simak, yuk.

1. Bobot ringan

Batu hebel punya bobot yang lebih ringan daripada batu bata dan batako. Inilah yang membuat batu ini menjadi pilihan karena lebih efisien saat proses pengerjaan bangunan.

Selain itu, batu ini memiliki banyak rongga udara di dalamnya sehingga tergolong lebih ringan.  Walau begitu, batu ini tetap kuat, lo.

2. Ukuran yang simetris

Karena berasal dari cetakkan mesin, ukuran dan bentuk dari batu hebel pun lebih rapi dan simetris. Jadi, tidak akan ditemukan batu dengan ukuran berbeda. Menyusun batu ini untuk membentuk bangunan pun jadi lebih mudah.

3. Memiliki ketahanan tinggi

Meski memiliki banyak rongga udara di dalamnya, tetapi batu hebel punya ketahanan yang sangat tinggi. Bahkan banyak yang mengatakan kekuatan batu ini sekuat beton.

Hal ini disebabkan oleh bobotnya yang ringan sehingga dapat menahan getaran atau goncangan. Selain itu, batu hebel juga telah memenuhi standar anti gempa.

Tidak heran banyak bangunan-bangunan tinggi yang menggunakan jenis batu ini sebagai fondasi bangunan.

4. Tahan udara panas

Batu behel memiliki ketahanan suhu yang baik, terutama terhadap udara panas. Material bangunan ini mampu menghalau udara panas dari luar. Jadinya, bagian dalam rumah tidak menjadi panas sehingga cocok untuk membangun rumah di daerah tropis.

5. Mudah pemasangannya

Bobot yang ringan dan tekstur permukaan rata, menjadikan batu hebel sebagai material yang mudah pemasangannya.

Ukurannya yang simetris membuat pemasangan batu hebel menjadi rapi tidak memerlukan waktu yang lama. Berbeda dari batu lain, yang harus disesuaikan terlebih dahulu.

Dalam proses pemotongan, batu hebel juga cukup mudah dan tidak akan pecah berkeping-keping, berbeda dari batu lain yang memerlukan kesabaran lebih tinggi.

6. Kedap suara dan air

Batu hebel memiliki dasar bentuk yang solid sehingga mampu menghambat suara untuk masuk ke dalam atau dikenal dengan kedap suara. Hal ini bisa memberikan privasi di dalam hunian karena tidak akan terdengar hingga bagian luar rumah.

Selain kedap suara, material hebel juga tahan terhadap air, apalagi jika ditambah dengan finishing yang tepat. Tentu, batu ini mampu menghalau rembesan air masuk ke dalam.

7. Finishing lebih mudah

Karena permukaan yang sudah rata, kamu tidak lagi memerlukan pelabisan yang sangat tebal pada dinding hebelmu. Apalagi, sekarang ini banyak orang menerapkan gaya industrial, yang membiarkan tampilan unfinished pada dinding rumah.

***

Itu dia beberapa keunggulan batu hebel yang bisa kamu gunakan sebagai bahan bangunan. Meski memiliki harga yang cukup mahal, tetapi hasilnya tentu akan membuat kamu merasa puas.

Nah, bagi kamu yang sedang membangun rumah dan berencana mengisinya, kamu bisa melengkapi berbagai perabot dan kebutuhan rumah tangga hanya di Ruparupa.com.

Situs e-commerce satu ini menyediakan furnitur terbaik dari merek terkenal milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Selma, Krisbow, Toys Kingdom, dan masih banyak lagi.

Kami pun punya beberapa rekomendasi furnitur terbaik, seperti berikut ini.

furnitur rumah
Kila Sofa Fabric 2 Dudukan Malmo 92 – Abu-abu – Temukan hanya di Ruparupa.com

Beli di sini

lemari
Preston Lemari Kabinet Oak 1 Pintu 3 Laci – Putih Oak – Beli di Ruparupa.com

Beli di sini