Desain Rumah Panggung yang Modern

0
589
rumah dekat danau
sumber: archdaily.com

Rumah panggung sangat cocok untuk daerah pesisir dan iklim subtropis. Mereka bisa melindungi dari banjir dan memungkinkan pemilik rumah untuk membangun di atas tanah berbatu dan curam. Mereka juga berfungsi untuk mencegah binatang dan hama masuk ke dalam rumah.

Bagi yang tinggal di daerah yang rendah atau di atas tanah yang tidak rata, Anda bisa mengaplikasikan desain rumah panggung. Yuk, simak inspirasi desain rumah panggung yang modern di bawah ini.

Rumah panggung di bukit

rumah panggung di bukit
sumber: homedit.com

Rumah ini adalah proyek dari Architekt.Lemanisk. yang bernama GG House. Berada di tanah yang curam menyebabkan satu sisi dari rumah hampir tidak dapat cahaya. Agar cahaya dapat masuk, tim dari arsitek tersebut menggunakan kaca di balkon dan teras rumah.

Rumah panggung bergaya cabin

rumah panggung bergaya cabin
sumber: trendir.com

Rumah bergaya pondok ini adalah karya BaumRaum, spesialis rumah pohon di Jerman. Terletak di atas air, bangunan ini memiliki jembatan yang menghubungkan rumah dan daratan. Dinding depan dan belakang rumah sebagian besar menggunakan kaca agar dapat melihat pemandangan kolam yang indah.

Tiang penyangga, pagar, dan tembok kabin menggunakan logam, menambahkan sedikit kesan modern pada desain ini. Namun, struktur dan dekorasi didominasi oleh kayu untuk menciptakan pola dan kesan yang unik.

Rumah modern

modern stilt house
sumber: archdaily.com

Rumah ini adalah karya dari B.Houssais Architecture. Bahan rumah yang terbuat dari aluminium, kaca, serta kayu menciptakan kesan anggun dan sederhana. Meskipun sebagian rumah terbuat dari kaca, namun privasi pemiliknya tetap terjaga. Banyaknya pohon membuat rumah terlindungi dari penglihatan bangunan sekitarnya

Rumah ramah lingkungan

rumah dekat danau
sumber: archdaily.com

Bagi Anda yang memiliki rumah dekat danau, rumah ini bisa menjadi inspirasi desain yang baik. Rumah ini berdiri di atas 40 tiang besi diagonal yang membentuk 10 titik fondasi. Sebuah kerangka baja menopang lantai kayu, dinding, dan langit-langit rumah. Rumah ini  juga ramah lingkungan karena memiliki sistem solar thermal pada atapnya.

Rumah di tanah curam

cliffside house
sumber: archdaily.com

Rumah yang terletak di Zebegény, Hungaria Utara ini adalah karya RJZS Architects. Bangunan dengan 12 tiang penopang ini terletak di tanah yang curam akibat tergerus air hujan. Seluruh rumah terbuat dari kayu ringan yang memberikan tampilan sederhana.

Rumah scandinavian

scandinavian house
sumber: scandinavianretreat.blogspot.com

Rumah bergaya scandinavian ini adalah karya dari arsitek MNAL Knut Hjeltnes. Bangunan itu sendiri memiliki bentuk asimetris. Kedua lantai, dinding dan langit-langit terbuat dari elemen kayu solid dan semen menciptakan kesan yang maskulin.

Rumah di tebing terjal

rumah di tebing
sumber: homeadore.com

Rumah yang terletak di Tasmania, Australia ini adalah rancangan arsitek Room 11. Berdiri di atas lereng yang terjal, kamar-kamar di ruangan ini menghadap ke arah utara agar mendapatkan cahaya matahari.

Rumah panggung yang menjulang tinggi

rumah panggung tinggi
sumber: architecturepastebook.co.uk

Jika memiliki rumah di tengah-tengah pepohonan yang rimbun, maka Anda bisa jadikan gambar di atas sebagai inspirasi. Bangunan ini ditopang oleh tiang-tiang besi agar dapat berdiri kokoh. Pemiliknya dapat menikmati pemandangan sekitar tanpa harus khawatir terhalangi pohon.

Rumah di pinggir jalan

mirador house
sumber: homeadore.com

Di Lima, Peru, 2.8x Architects mendesain arsitektur sederhana namun modern yang bernama Mirador House. Proyek ini terdiri dari dua volume yang kontras satu sama lain. Bagian pertama yang transparan dengan kaca dan logam mendominasi rumah sehingga memungkinkan pemandangan kota yang jelas. Bagian kedua berisi area privasi rumah. Batu dan beton mendominasi bagian rumah membantu untuk menciptakan kesan kokoh dan maskulin.

Rumah unik

toda house
sumber: archdaily.com

Bangunan oleh Kimihiko Okada terletak di Jepang. Rumah model di atas memampukan pemiliknya agar melihat pemandangan dengan leluasa tanpa terhalangi rumah lainnya. Model rumah seperti ini juga mengurangi gangguan suara dari lingkungan sekitarnya.

Itulah beberapa inspirasi desain rumah panggung modern yang bisa Anda tiru. Bagi Anda yang membutuhkan perabotan rumah tangga, Anda bisa kunjungi web atau aplikasi Ruparupa. Ruparupa menyediakan furnitur home living serta perkakas berkualitas yang lengkap. Yuk, kunjungi Ruparupa sekarang juga!