8 Tips Desain Rumah Minimalis Modern Yang Menawan

0
1549
Desain rumah minimalis modern
Sumber: unsplash.com

Saat ini, desain rumah minimalis modern menjadi pilihan favorit banyak orang, khususnya pasangan muda yang tinggal di wilayah perkotaan. Namun, ternyata masih banyak orang yang salah mengira arti dari hunian minimalis.

Sebagian orang masih menganggap kalau rumah minimalis itu pasti sempit dan kecil. Padahal, sebenarnya bukan seperti itu lho, Ruppers.

Ruparupa Banner

Apa itu Rumah Minimalis?

Desain rumah minimalis adalah penataan ruang yang sederhana, menonjolkan efisiensi, serta mengutamakan fungsi dari setiap perabotnya. Jika dapat menatanya dengan baik, rumah kamu akan menjadi sederhana, tapi terlihat menawan. 

Nah, bagi kamu yang ingin membuatnya, intip tips desain rumah minimalis satu berikut ini.

1. Fokus pada fungsinya

Sebelum mendesain rumah minimalis, kamu perlu memikirkan fungsi dari setiap ruangan yang ada. Misalnya, jika akan kedatangan banyak tamu, kamu harus mengoptimalkan fungsi ruang tamu dan menyiapkan banyak kursi.

Namun, kalau sering bekerja dari rumah, pastikan kamu menyiapkan ruang kerja sendiri yang dapat meningkatkan fokus. Kunci tampilan minimalis adalah menjaga ruangan tetap terbuka dan lapang atau disebut juga dengan konsep open space.

2. Gunakan warna netral

Warna cat netral adalah komponen utama dari desain rumah minimalis modern yang keren dan sederhana.

Kamu dapat memilih warna putih, cream, cokelat, dan earth tone sebagai pilihan untuk dinding yang memikat. Selain itu, warna monokrom, seperti abu-abu, hitam, dan putih juga bisa menjadi pilihan yang bagus, lho.

Desain rumah minimalis modern warna netral
Sumber: unsplash.com

Nah, sama seperti dinding, lantai keramik di rumah juga dapat mencerahkan dan memperluas tampilan rumah. Kamu dapat menggunakan lantai bermotif kayu untuk memberikan nuansa minimalis modern ke rumah.

Baca Juga:   Tips Memilih Stoples untuk Kue Kering di Rumah

Bila ingin menggunakan motif kayu, tetapi tidak mau menghabiskan banyak uang, kamu bisa menggunakan vinyl sebagai alternatif yang lebih terjangkau.

3. Manfaatkan cahaya alami

Cahaya alami juga penting di dalam sebuah hunian minimalis. Selain bisa membuat rumah tampak besar, sumber cahaya alami ini juga bisa menciptakan sudut rumah yang aesthetic. 

Kamu bisa menggunakan jendela besar sehingga memungkinkan banyak cahaya alami masuk. Selain itu, jendela besar juga akan menjadi spot berfoto terbaik di rumah. Kamu hanya perlu menambahkan tirai transparan agar lebih memberikan privasi ke hunian. 

4. Gunakan cermin pada berbagai sudut

Terkadang, banyak orang tidak ingin mengganti jendela di rumah mereka karena anggarannya akan lebih besar. Akhirnya, rumah tidak memiliki terlalu banyak cahaya alami.

Nah, kalau kamu mengalami hal tersebut, kamu dapat mencoba alternatif lain dengan menggunakan cermin. Pilihlah cermin berukuran besar dan letakkan pada beberapa sudut rumah. 

Desain rumah minimalis modern cermin
Sumber: unsplash.com

Cermin tidak hanya dapat membantu memperluas tampilan ruangan, tetapi juga dapat menjadi dekorasi yang cantik untuk desain rumah minimalis modern.

Berikut ini beberapa rekomendasi cermin yang dapat kamu beli.

Cermin Dinding 60 Cm Bundar U28 - Gold
Cermin Dinding 60 Cm Bundar U28 – Gold

Beli di sini

Cermin Lantai Wh7 33x150 Cm - Putih
Cermin Lantai Wh7 33×150 Cm – Putih

Beli di sini

5. Pilih perabot multifungsi dan hemat tempat

Desain rumah minimalis multifungsi
Sumber: unsplash.com

Untuk menciptakan desain rumah minimalis modern, kamu perlu menggunakan furnitur yang multifungsi. Misalnya, pilihlah kabinet dapur yang dapat kamu lipat dan tarik menjadi meja makan. 

Selain itu, kamu juga bisa memakai dipan kamar tidur, yang memiliki tempat penyimpanan atau perabot multifungsi lainnya. Hal ini akan membantu kamu menghemat banyak ruang di rumah.

Berikut ini beberapa rekomendasi perabot multifungsi yang bisa kamu gunakan di rumah.

Pragya Kabinet Dapur Serbaguna - Abu-abu
Pragya Kabinet Dapur Serbaguna – Abu-abu

Beli di sini

Krisbow Meja & Rak Multifungsi Convertible - Hitam
Krisbow Meja & Rak Multifungsi Convertible – Hitam

Beli di sini

6. Tambahkan lampu hias sederhana

Salah satu trik untuk membuat desain rumah minimalis modern adalah menambahkan lampu hias sederhana.  Kamu dapat menggunakan lampu gantung, lampu sorot, atau lampu dinding dengan desain menarik untuk memberikan nuansa artistik pada ruangan. 

Baca Juga:   20 Desain Dapur dan Ruang Makan Konsep Open Plan

Selain itu, kamu juga bisa memilih lampu hias yang memiliki aksen emas atau tembaga untuk membuat ruangan terlihat lebih elegan, seperti rekomendasi lampu gantung berikut ini.

Eglare Prisma Lampu Gantung Hias 40x36 Cm - Putih
Eglare Prisma Lampu Gantung Hias 40×36 Cm – Putih

Beli di sini

Eglo Bridekirk Lampu Gantung Hias - Hitam
Eglo Bridekirk Lampu Gantung Hias – Hitam

Beli di sini

7. Berikan sentuhan tanaman hias

Agar tidak terkesan membosankan, kamu bisa menambahkan sentuhan tanaman hias untuk mempercantik ruangan. Tidak hanya itu, warna hijau dari tanaman hias dapat membantu melembutkan ruangan dan menambah estetika. 

Nah, bila kamu mendapatkan buket bunga dari orang terdekat, kamu dapat menatanya ke dalam vas untuk menjadi dekorasi cantik di rumah.

Kamu dapat menggunakan monstera di sudut ruangan, sukulen di atas meja tamu, serta vas bunga di atas meja makan. 

Rumah minimalis modern tanaman hias
Sumber: unsplash.com

 

8. Pilih perabot yang bisa jadi dekorasi

Perabot multifungsi saja tidak cukup kalau desainnya kurang menarik. Sekarang ini, sudah banyak sekali perabot multifungsi yang memiliki desain unik dan warna cantik. Jadinya, kamu bisa menggunakan perabot tersebut sebagai hiasan rumah.  

Cobalah untuk membeli meja sisi berbentuk futuristik dengan ruang penyimpanan. Selain itu, kamu juga memilih sofa bed berwarna cantik seperti yang berikut ini. 

Flynn Meja Sisi - Cokelat
Flynn Meja Sisi – Cokelat

Beli di sini

Oakland Sofa Tidur Fabric
Oakland Sofa Tidur Fabric

Beli di sini

Nah, itu dia tips desain rumah minimalis modern yang dapat kamu coba agar hunian jadi lebih nyaman dan menawan. 

Kamu juga bisa membeli berbagai perabot dan perlengkapan rumah tangga berkualitas hanya di Ruparupa.com, lho.

Situs belanja online ini menjual produk-produk dengan kualitas terbaik dari merek ternama, seperti ACE, Informa, Krisbow, dan lain-lain. 

Selamat mempercantik rumah agar terlihat modern dan lebih minimalis.