9 Cara Agar Tidak Mudah Sakit Saat Musim Hujan

0
3761

Memasuki musim hujan, banyak orang yang mulai mempersiapkan diri agar tidak sakit. Apalagi, cuaca yang tidak menentu bisa membuat sistem kekebalan tubuh jadi melemah. Biasanya, hal ini terjadi karena tubuh yang berusaha menyesuaikan diri dengan cuaca.

Bila sistem kekebalan tubuh melemah, kita pun akan lebih mudah terserang penyakit. Untuk itulah, kita perlu menjaga imunitas tubuh agar tidak mudah terjangkit penyakit, seperti flu, diare, dan demam.

Ruparupa Banner

Cara Menjaga Tubuh Agar Tidak Terserang Penyakit

Berikut ini ada beberapa cara agar tidak mudah sakit saat musim hujan yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kekebalan tubuh. Simak, yuk!

1. Konsumsi makanan sehat dan bergizi agar tidak sakit

Pastikan kebutuhan gizi kamu tetap seimbang dengan makan makanan sehat, mulai dari sayur-sayuran dan buah.

Tidak lupa juga untuk mengonsumsi daging sebagai sumber protein dan lemak. Selain itu, pastikan juga mengonsumsi karbohidrat untuk menambah tenaga.

2. Rajin minum suplemen dan vitamin agar tidak sakit

Lengkapi kebutuhan nutrisi yang diperlukan tubuh dengan minum suplemen dan vitamin, ya. Vitamin yang paling utama untuk menjaga daya tahan tubuh adalah vitamin C.

Vitamin C mampu mencegah datangnya penyakit seperti flu dan batuk. Kamu bisa juga mendapatkan sumber vitamin C dari buah-buahan, seperti jeruk. 

3. Olahraga dengan rutin

Meski musim hujan, kamu tetap harus berolahraga, ya. Hal ini agar tubuh tidak gampang lelah saat kamu beraktivitas sehari-hari.

Kamu bisa melakukan olahraga ringan di rumah saja, seperti yoga, naik turun tangga, dan senam. Cek artikel ini untuk tahu jenis olahraga lainnya.

Baca Juga:   5 Ritual Pawang Hujan untuk Mengendalikan Cuaca

4. Sedia payung dan jas hujan saat bepergian

Jika terpaksa harus melakukan kegiatan di luar rumah, selalu ingat untuk membawa payung dan jas hujan.

Kedua benda ini wajib ada di tas bawaanmu selama musim hujan. Apalagi, kita tidak bisa memprediksi kapan hujan akan turun.

Nah, kami punya rekomendasi jas hujan yang bisa kamu gunakan saat berpergian.

jas hujan agar tidak sakit
Ataru Jas Hujan Panjang
Jas hujan ini dilengkapi dengan tempat penyimpanan.

Beli di sini

jas hujan krisbow
Krisbow Jas Hujan Ukuran M – Biru Navy
Jas hujan yang kuat dan tidak mudah robek.

Beli di sini

5. Konsumsi air

Cukupi kebutuhan cairan dalam tubuh dengan rutin mengkonsumsi air bersih. Kekurangan cairan tubuh bisa menyebabkan tubuh menjadi lemas dan menghilangkan fokus diri. Minum air putih minimal 8 gelas sehari, ya.

Namun, hindari minum air terlalu berlebihan karena bisa menyebabkan permasalahan pada kantung kemih. Jadi pastikan jumlah air yang kamu minum sudah sesuai, ya.

6. Tidur yang cukup

Kualitas tidur yang baik pasti juga akan memberikan dampak yang baik pada tubuh. Tubuh akan menjadi lebih segar dan pikiran pun lebih fokus saat mengerjakan sesuatu.

Untuk itu, pastikan kamu tidur dengan cukup minimal 7-8 jam setiap harinya.

7. Gunakan masker

Di masa pandemi virus korona saat ini, ada baiknya kamu tetap selalu menggunakan masker saat pergi ke luar rumah. Jangan mengambil risiko untuk terkena penyakit saat musim hujan.

Temukan berbagai pilihan masker untuk melindungi kamu dari penularan virus, seperti berikut ini.

8. Jaga kebersihan tubuh

Jaga kebersihan tubuh dengan rajin mencuci tangan dan mandi setelah pergi ke luar rumah. Membersihkan tubuh dengan sabun bisa mematikan bakteri dan virus penyebab penyakit yang menempel di tubuh dan tangan kita.

Kami mempunyai rekomendasi sabun cuci tangan untuk membantu kamu dalam melawan bakteri penyebab penyakit seperti berikut.

sabun cuci tangan agar tidak sakit
Moss & Adams 500 Ml Sabun Tangan Windermere Lake
Lembut di tangan dan anti bakteri.

Beli di sini

sabun tangan
Informa 250 Ml Hygien Sabun Cuci Tangan Wood Sage
Non toxic dengan aroma yang menyegarkan.

Beli di sini

9. Bersihkan Perabot Rumah dengan Disinfektan

Pada musim hujan, ketahanan tubuh bisa saja melemah. Selain menjaga kebersihan diri, kita juga bisa rutin membersihkan perabot rumah. Apalagi, virus dan bakteri bisa menempel di permukaan furnitur, seperti meja dan kursi.

Nah, untuk membersihkan perabot rumah, kamu bisa menggunakan cairan disinfektas, seperti rekomendasi kami berikut ini.

cairan disinfektan agar tidak sakit
Astonish 1 Ltr Cairan Pembersih Disinfectant
Mampu membunuh kuman dan membersihkan segala jenis permukaan.

Beli di sini

cairan pembersih disinfektan untuk cegah sakit
Krisbow Disinfektan 1 Ltr
Efektif membunuh kuman dan bakteri, tidak menimbulkan korosi dan kerak.

Beli di sini

Nah, itu dia beberapa cara agar tidak sakit di musim hujan yang bisa kamu lakukan. Jaga diri dan kesehatan karena kita tidak tahu kapan virus dan bakteri akan mulai menyerang.

Lindungi diri kamu dengan berbagi perlengkapan diri dan kesehatan saat musim hujan yang bisa kamu temukan di ruparupa.com.

Situs e-commerce satu ini menyediakan berbagai kebutuhan rumah tangga bahkan kesehatan dari brand-brand terkenal milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Sowell, dan masih banyak lagi.

Yuk, jaga tubuh kita agar tetap sehat.