5 Desain Rumah Type 36 agar Terlihat Luas. Cek, yuk!

0
3839
desain rumah type 36 agar luas

Seiring dengan semakin menjamurnya pilihan hunian minimalis tipe 36, kian banyak juga trik desain yang semakin menarik untuk dicoba.

Bukan hanya perkara estetika, tapi kita juga harus tahu tips desain rumah type 36 agar terlihat luas dan terasa lega. Ini penting banget untuk diperhatikan, loh!

Ruparupa Banner

Kenapa sih harus cermat dalam menentukan desain rumah tipe 36 milik kita? Soalnya, kalau kita tidak terlalu merencanakan desainnya, rumah pasti jadi terasa sempit, cepat berantakan, dan tak nyaman ditinggali.

Yuk, simak beberapa ide desain rumah type 36 dari Rumah123 agar terlihat luas berikut ini.

1. Rumah Type 36 yang Minim Sekat

rumah type 36 minim sekat
Sumber: shutterstock

Rumah tipe 36 memiliki luas bangunan yang minim yaitu 36 meter persegi. Dengan luas tersebut, rumah tipe ini umumnya memiliki 1 kamar tidur utama, 1 kamar tidur sekunder, 1 kamar mandi ukuran mungil, serta ruang keluarga, ruang tamu, ruang makan, dan dapur yang bersatu di satu area. 

Nah, supaya area keluarga dan tamu terasa lebih lega serta tetap nyaman, lebih baik minimalisir sekat permanen di dalam rumah. Hal ini membantu untuk menciptakan persepsi dan perasaan bahwa ruangan tersebut luas.

Baca Juga:   5 Cara Merawat Plafon Gypsum Agar Tidak Mudah Rusak

Jika ingin memisahkan area umum dan privat, kamu bisa menggunakan rak buku terbuka sebagai partisi seperti contoh desain di atas.

2. Warna Putih yang Dominan pada Interior

rumah type 36 putih dominan
Sumber: iStock

Banyak pengembang rumah yang mengecat bangunan rumah tipe 36 buatan mereka dengan warna putih. Bukan hanya ingin mengefisiensikan dana, tapi juga karena warna putih berfungsi membuat rumah jadi tampak lebih luas.

Bila ingin warna lain, sentuhan-sentuhan pastel yang ringan dan cerah bisa menjadi opsi lain.

3. Rumah Minimalis Type 36 dengan Furnitur Minimalis

desain rumah type 36 furnitur minimalis
Sumber: iStock

Inspirasi desain rumah minimalis type 36 yang dilengkapi furnitur serba minimalis ini adalah cerminan hunian masa kini. Penggunaan furnitur minimalis yang efisien bentuknya kerap digunakan agar luas ruangan tidak terbuang sia-sia. Furnitur dengan bentuk kotak atau bergaris tegas adalah pilihan utama.

4. Tempat Penyimpanan Multiguna Memaksimalkan Fungsi Ruangan

desain rumah type 36 dengan penyimpanan
Sumber: shutterstock

Selain furnitur dengan desain tegas, penggunaan storage atau tempat penyimpanan adalah salah satu trik desain rumah type 36 agar terlihat luas.

Barang-barang kecil yang kerap berserakan bisa dimasukkan dengan mudah ke dalam storage di setiap ruangan. Dengan demikian, ruangan rumah minimalis pun bisa jadi lebih rapi dalm waktu sekejap. 

Baca Juga:   9 Keunikan Rumah Adat Baileo yang Wajib Diketahui

Penggunaan rak tempel pada dinding adalah opsi yang banyak dilakukan. Namun tak sedikit juga pemilik rumah yang membeli perabot sekaligus storage. Salah satu contoh misalnya tempat tempat tidur yang rangkanya bisa dibuka sehingga bagian bawah dapat menjadi gudang mini. 

5. Rumah Type 36 dengan Dekorasi Modern dan Minim

desain rumah type 36 modern
Sumber: iStock

Bukan hanya menghindari perabot yang tak minimalis, desain rumah tipe 36 juga sangat minim dekorasi. Banyaknya, dekorasi yang digunakan adalah tipe hiasan yang memiliki unsur kegunaan dan punya tampilan aesthetic. Misalnya saja karpet, tanaman, ataupun sarung bantal. 

Karpet kerap digunakan di berbagai macam tipe rumah. Selain menjadi alas untuk merebahkan badan, karpet juga bisa unsur dekoratif rumah minimalis yang tepat.

Maka itu, pilihlah karpet dengan corak cantik atau kekinian supaya bisa menghantarkan nuansa seru di dalam ruangan. 

Itu dia beberapa inspirasi desain rumah type 36 agar ruangan telihat luas dari Rumah123 yang bisa dijadikan pertimbangan. Buat kamu yang masih dalam tahap pencarian hunian, yuk cari rumah minimalis impian hingga ngajuin KPR di Rumah123 karena kami selalu #AdaBuatKamu.