4 Macam Rumah Adat Jakarta dan Gambarnya

0
1159
Sumber: freedomsiana.id

Rumah adat provinsi di Indonesia memiliki ciri khasnya masing-masing, yang menggambarkan keberagaman setiap suku bangsa. Inilah yang membuat Indonesia terkenal sebagai negara dengan budaya yang kaya.

Tidak hanya di daerah provinsi, kota besar di Indonesia pun masih memiliki budaya yang tetap dilestarikan. Salah satunya adalah Jakarta, yang juga dikenal punya rumah adat menarik.

Ruparupa Banner

Ya, meski memiliki banyak gedung bertingkat yang sangat modern, rumah adat Jakarta masih tetap dilestarikan sampai sekarang.

Apa Saja Rumah Adat Jakarta yang Terkenal?

Pasti kamu sudah penasaran dengan bentuk dan nama rumah adat di Jakarta, bukan? Nah, kali ini, kami akan membahas satu per satu rumah tradisional di Jakarta. Apa saja itu?

1. Rumah Kebaya

Salah satu rumah adat Jakarta yang terkenal dengan keunikannya adalah rumah khas Betawi, yang disebut dengan rumah Kebaya atau rumah Bapang.

Rumah Kebaya sebenarnya tidak asing lagi karena sering tampil pada berbagai acara televisi yang mengangkat cerita tentang kebudayaan Betawi.

Salah satu keunikan dari rumah Betawi adalah memiliki serambi yang luas atau bisa dikatakan sebagai area teras untuk menerima tamu dan sekedar tempat berkumpul keluarga.

Sedangkan bagian atap rumah ini berbentuk bujur sangkar, dengan desain mirip pelana. Rumah ini juga memiliki 3 buah anak tangga sebagai pintu masuk utama di depan rumah.

Biasanya, bangunan rumah Betawi menggunakan bahan baku dari kayu kecapi atau kayu gowok, yang berdiri di atas pondasi dari batu alam. Sedangkan dinding rumah berasal dari anyaman bambu atau campuran antara tembok dan anyaman bambu.

Baca Juga:   4 Tips Memilih Jenis Plafon Rumah Minimalis

Nah, yang menjadi ciri khas dari rumah Betawi adalah warna cat dinding yang menggunakan warna-warna primer, seperti merah, hijau, dan kuning.

rumah adat kebaya
Sumber: siyanabrewer

2. Rumah Joglo

Jika mendengar tentang rumah adat Joglo, pasti identik dengan rumah adat dari Jawa Tengah. Namun, di Jakarta juga memiliki rumah adat Joglo khasnya sendiri, loh.

Perbedaan rumah adat Joglo yang ada di Jawa Tengah dan Jakarta terletak pada tiang-tiang di area rumah.

Di Jawa Tengah, terdapat tiang yang berguna untuk menjadi sekat pemisah antar ruangan, sedangkan di Jakarta tidak menggunakan tiang.

Dulunya, bagian atap rumah terbuat dari serabut. Namun, ekarang sudah diganti dengan menggunakan genteng dari tanah liat.Rumah Joglo sendiri menggunakan kayu berkualitas tinggi dan memiliki daya tahan yang baik, seperti kayu jati.

Pada zaman dahulu, rumah adat Joglo khas Betawi ini hanya didiami oleh kaum priyayi atau bangsawan.

rumah adat jakarta
Sumber:gardencenter.co.id

3. Rumah Gudang

Rumah adat Jakarta lainnya adalah rumah Gudang. Rumah yang bebentuk persegi panjang yang memanjang ke arah belakang terlihat seperti sebuah gudang. Rumah adat satu ini memang terinspirasi dari gudang milik Portugis di zaman penjajahan.

Meski bentuk bangunannya sederhana, tetapi atap rumah tetap memiliki ciri khas bangunana rumah Betawi, yaitu berbentuk pelana atau perisai  seperti rumah Kebaya.

Rumah Gudang juga memiliki serambi untuk menerima tamu, yang terlindung dari hujan dan matahari oleh atap kecil yang bernama markis.

Baca Juga:   8 Ide Warna Cat Rumah yang Sejuk dan Teduh
rumah adat jakarta
Sumber: indonesiakaya.com

4. Rumah Panggung

Sebenarnya, mayoritas wilayah di Indonesia pasti memiliki rumah panggung dengan ciri khas daerahnya sendiri. Sama halnya dengan Jakarta, provinsi dengan suku Betawi ini juga memiliki rumah adat berbentuk panggung.

Rumah panggung khas Jakarta terletak di daerah pesisir dengan tujuan menghindari pasang air laut. Biasanya, rumah panggung ini berbentuk persegi yang memanjang ke arah belakang.

Jenis kayu yang sering digunakan adalah kayu nangka, kecapi, rumbia, jati, ataupun bambu. Sedangkan area atap, menggunakan bahan atap dari tanah liat.

Ciri khas dari rumah panggung ini terletak dari ukiran motif khas yang berbentuk ketupat, setengah lingkaran, titik, atau segi empat. Tidak hanya sebagai hiasan, ukiran ini juga berfungsi sebagai ventilasi udara, loh.

rumah adat jakarta
Sumber: cerdika.com

Nah, itu tadi beberapa jenis rumah adat Jakarta yang perlu kamu ketahui. Bagi kamu yang ingin menerapkan konsep rumah bergaya tradisional yang kental, kamu bisa mencoba menggunakan furnitur dengan elemen kayu yang hangat.

Kami punya beberapa rekomendasi furnitur kayu yang bisa kamu gunakan di rumah, seperti berikut ini.

kursi kayu
Marta Bangku Bench Rotan – Natural

Beli di sini

meja kayu
Rogan Meja Konsol – Cokelat Tua

Beli di sini

meja kantor kayu
Takemori Meja Kantor – Cokelat Muda

Beli di sini

rak kayu
Pablo Rak Buku 6 Tingkat – Oak

Beli di sini

Produk di atas bisa kamu temukan hanya di Ruparupa.com. Situs belanja online ini menyediakan berbagai kebutuhan rumah tangga dari brand ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Selma, dan masih banyak lagi.