7 Tips Menciptakan Desain Rumah Modern yang Elegan

0
1400
Desain rumah modern
Sumber: Unsplash

Inspirasi interior setiap rumah cukup beragam, mulai dari desain rumah modern, kontemporer, gaya minimalis, hingga tema serba vintage. Keseluruhan desain tersebut bisa kamu pilih berdasarkan komponen, seperti luas ruang, bentuk, pola, serta warna.

Nah, kali ini, kami akan membahas gaya rumah modern. Mengutip dari The Spruce, desain rumah modern adalah gaya ruang yang mengutamakan fungsi dan bentuk ramping pada ornamennya.

Ruparupa Banner

Interior jenis ini berangkat dari hasil modifikasi desain Victorian atau Gothic Revival serba putih, sehingga terlihat sederhana dan tidak membosankan.

Lantas, Seperti Apa Karakteristik Desain Rumah Modern?

Berikut ini beberapa karakteristik desain rumah modern yang bisa kamu terapkan.

1. Ornamen yang Minimalis

Ornamen adalah hiasan rumah yang berfungsi untuk meningkatkan keindahan. Namun, kamu perlu memakai ornamen yang sederhana saja. Soalnya, desain rumah modern akan menghasilkan sebuah ruangan yang alami dan bersahaja.

Nah, berikut ini beberapa inspirasi ornamen yang bisa kamu pajang.

2. Atap Serambi yang Datar

Kebanyakan rumah modern menekankan penggunaan atap dengan struktur horizontal atau datar, tetapi tetap besar. Tujuannya adalah untuk mendapatkan pencahayaan, ventilasi, dan tampilan arsitektur menjadi lebih estetik.

Selain itu, atap serambi yang datar juga memiliki masa pakai lebih lama dari bentuk lainnya dan punya perawatan yang mudah.

3. Dinding Kaca dan Jendela Besar

Rumah bergaya modern biasanya menggunakan banyak kaca dan jendela besar. Tujuannya adalah untuk membuat cahaya alami masuk ke dalam rumah. Sebab, kesan ruangan bisa menjadi sempit jika tidak ada cahaya matahari yang masuk.

Mengutip dari Web MD, sinar matahari yang mengenai tubuh juga bisa meningkatkan hormon serotonin di otak dan membuat kita lebih fokus, tenang, serta berpikiran positif, lho. Berikut beberapa rekomendasi kaca yang bisa kamu pasang di rumah.

Cermin untuk desain rumah modern
Cermin Dinding 60×90 Cm – Cokelat

Beli di sini

Desain rumah kekinian dengan cermin estetik
Cermin Dinding Dekorasi 30×90 Cm C249 – Natural

Beli di sini

4. Ruang yang Luas

Kamu perlu membuat denah ruang yang saling terhubung satu sama lain. Contohnya,  atau tidak terhalang oleh pintu agar menambahkan kesan luas.

5. Bahan Bangunan Modern

Bahan bangunan yang sering digunakan pada desain rumah modern adalah baja, besi, balok beton, dan kaca. Hal ini dikarenakan baja termasuk ke material yang sangat kokoh, balok beton tahan akan api, serta besi yang tahan terhadap segala cuaca dan anti rayap.

Baca Juga:   Lebih Dekat dengan Aluminium Composite Panel

6. Tersambung ke Area Luar Rumah

Nah, desain rumah modern juga mengutamakan konsep terbuka. Di area tersebut, kamu bisa meletakkan beberapa tanaman hijau, memasang rumput sintetis, atau membuat kolam renang agar suasana tetap sejuk.

Berikut ini beberapa rekomendasi tanaman yang bisa kamu letakkan di taman rumah.

Desain rumah kekinian menggunakan tanaman artifisial
Elho B For Rock Pot Tanaman 18 Cm – Kuning

Beli di sini

Rumput artifisial sebagai hiasan rumah modern
Cc Grass Rumput Artifisial Two Tone – Hijau

Beli di sini

7. Tata Letak Perabot Asimetris

Asimetris adalah desain yang memiliki sisi berbeda. Misalnya, di dalam ruang tamu  memiliki sofa 3 dudukan di ujung sebelah kanan, sedangkan meja dan lampu diletakkan di ujung sebelah kiri.

Ini dia beberapa referensi produk yang bisa kamu tata mengikuti desain asimetris.

Nakas sederhana sebagai properti rumah
Maxy 3 Nakas – Cokelat Acacia

Beli di sini

Sofa bed untuk menghias rumah kekinian
Oakland Sofa Tidur Fabric – Merah

Beli di sini

Itulah beberapa karakteristik desain rumah modern yang bisa kamu jadikan inspirasi. Nah, kamu juga bisa menemukan berbagai hiasan rumah untuk kebutuhan dekorasi melalui ruparupa.com.

Dapatkan berbagai perabot kekinian hemat hingga 50% klik di sini 

Tak hanya itu, ada ribuan perlengkapan rumah tangga dan alat elektronik yang tersedia dari berbagai merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti Selma, ACE, Informa, dan masih banyak lagi.

Semua rasa nyaman bisa #BerawalDariRumah.