Bukan Gadget, Ini 6 Barang Utama yang Harus Diselamatkan Saat Banjir

0
1042

Musim hujan merupakan salah satu momen yang paling menegangkan, terutama bila daerah tempat tinggal kita sering terkena banjir. Karena panik, tak jarang kita kelupaan membawa baragn yang harus diselamatkan terlebih dahulu saat banjir melanda.

Barang Utama yang Harus Diselamatkan Saat Banjir

Pasalnya, seringkali kita kurang belajar dari pengalaman sebelumnya. Inilah yang membuat mereka suka kelupaan barang utama yang harus diselamatkan.

Kondisi ini akan semakin membingungkan, entah karena harus bertahan di rumah yang mulai tergenang banjir atau pergi menuju ke pengungsian.

Lantas, barang-barang apa saja yang sebenarnya perlu diprioritaskan ketika banjir tiba? Yuk, simak selengkapnya berikut ini.

1. Obat-obatan

Saat banjir melanda, persediaan obat-obatan menjadi salah prioritas utama yang harus kamu siapkan. Terutama untuk kamu yang memiliki riwayat penyakit lain.

Meski akan ada petugas kesehatan yang datang, tetapi belum tentu obat-obatan tersebut akan cocok dengan tubuh kita. Apalagi saat musim hujan, penyakit lain pun bisa turut berdatangan.

Jadi, pastikan kamu sudah membawa obat-obatan pribadi di dalam tas bencana siaga.

Sumber: unsplash.com/@volodymyr hryshchenko

2. Sleeping bag

Jika kondisi banjir mengharuskan kamu untuk mengungsi ke posko pengungsian, maka setidaknya kamu telah menyiapkan sleeping bag. Jadinya, kamu pun bisa tetap tidur dengan lebih nyaman.

Baca Juga:   12 Persiapan Musim Hujan yang Penting Dimiliki

Pastikan sleeping bag yang kamu pilih tidak berat dan praktis dibawa ke mana pun, seperti produk berikut ini.

Kantung tidur dengan material berkualitas yang hangat dan tidak mudah robek.

Beli di sini

3. Air bersih

Di saat kondisi banjir, persediaan air bersih menjadi sangat langka. Oleh karena itu, kamu harus menyiapkan air bersih untuk bertahan hidup.

Sebaiknya, sediakan air bersih di dalam botol berukuran besar, terutama ketika kamu harus pergi ke tempat pengungsian.

Nah, berikut ini botol minum yang bisa kamu gunakan.

Botol minum kapasitas 2 liter dengan material berkualitas bebas BPA dan tidak mudah bocor

Beli di sini

 

4. Makanan siap saji

Meski kamu akan mendapatkan bantuan dari pemerintah, tetapi pada beberapa kondisi bisa saja kamu terjebak tanpa makanan selama beberapa hari.

Misalnya, saat curah hujan yang terlalu tinggi ataupun cuaca yang kurang mendukung sehingga akses pengiriman makanan menjadi terhambat.

Maka dari itu, sebaiknya kamu sudah menyiapkan stok makanan untuk bertahan hidup selama beberapa hari.

Paling tidak kamu menyiapkan makanan siap saji, tanpa masak dan tahan lama, seperti snack, susu kemasan, buah kering, protein bar, sosis siap saji, dan lainnya.

5. Baju bersih

Pada kondisi darurat seperti ini, kamu harus menyiapkan cadangan baju bersih untuk beberapa hari. Kamu tidak mungkin bertahan dengan satu baju yang basah kuyup dan kotor, bukan?

Baca Juga:   10+ Cara Mencegah Banjir yang Bisa Kamu Lakukan

Siapkan baju bersih, set peralatan mandi, jaket, dan, handuk di dalam tas jinjing. Dengan begitu, kamu akan tetap sehat selama di pengungsian.

6. Dokumen penting

Terakhir, barang utama yang harus kamu selamatkan saat banjir adalah dokumen penting, seperti KTP, Akta Lahir, Kartu Keluarga, Buku Tabungan, Akta Rumah, Ijazah pendidikan, dan aneka dokumen pelengkap lainnya.

Sumber: unsplash.com/@sharonmccutcheon

Agar tetap aman, sebaiknya kamu menyimpan seluruh dokumen di dalam wadah atau map anti air (waterproof). Jangan lupa untuk menggunakan tas anti air juga, seperti berikut ini.

Tas ransel dengan kompartemen luas dan anti air

Beli di sini

Nah, itu dia enam barang utama yang harus diselamatkan saat banjir melanda. Pastikan kamu menyimpannya di dalam satu tas agar lebih mudah membawanya.

Kamu bisa mendapatkan berbagai perlengkapan darurat tersebut hanya di Ruparupa.com.

Situs belanja satu ini menyediakan keperluan rumah tangga dan perabot terbaik dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti Informa, ACE, Selma, dan masih banyak lagi.

Yuk, sedia payung sebelum hujan dan pastikan kamu tetap aman selama bencana terjadi.