Rumah Joglo, Jenis-Jenis dan Fungsi Ruangan

0
2074
rumah mangkurat
sumber: ruangarsitek.id

Indonesia memiliki beragam rumah adat daerah yang unik dan menarik. Salah satu rumah adat Jawa yang paling populer adalah rumah Joglo. Dahulu rumah ini hanya milik bangsawan, raja, pangeran, atau orang yang terhormat. Rumah ini juga memiliki ruangan dengan fungsi yang berbeda-beda serta makna filosofis yang dalam. Yuk, simak terus artikel berikut untuk mengetahui fakta-fakta menarik mengenai rumah Joglo!

Jenis-jenis Rumah Joglo

Joglo memiliki beragam jenis rumah dengan ciri khas dan keunikan yang berbeda-beda, simak penjelasannya berikut ini.

Rumah Jompongan

rumah joglo jompongan
sumber: santaidamai.com

Ciri khas dari rumah ini berada di atapnya. Atapnya terdiri atas 2 susun dengan bentuk bubungan yang memanjang dari sisi kiri ke kanan. Pada umumnya, bangunan ini menggunakan pintu geser dan lantainya berbentuk bujur sangkar.

Rumah Joglo Mangkurat

rumah mangkurat
sumber: ruangarsitek.id

Keunikan dari rumah ini adalah atapnya yang terdiri atas 3 tingkatan. Masing-masing kemiringan atap pun berbeda. Atap bagian tengah rumah ini memiliki ukuran lebih tinggi dari atap yang lain.

Rumah Hangeng

rumah hageng
sumber: budayalokal.id

Berbeda dengan lainnya, rumah ini memiliki atap utama dengan ukuran yang paling besar. Rumah ini memiliki desain yang mewah karena dikelilingi oleh tratak.

Rumah Joglo Pangrawit

rumah joglo pangrawit
sumber: santaidamai.com

Keunikan dari rumah ini adalah bangunan ini memiliki atap berbentuk kubah dan lambang gantungnya. Anda juga bisa menemukan tiang atau saka di rumah ini.

Rumah Sinom

rumah sinom
sumber: dekoruma.com

Rumah ini memiliki 36 tiang yang terdiri dari empat tiang besar atau saka guru. Bagian atap rumah juga terbagi menjadi tiga tingkatan dengan empat bagian sisi.

Rumah Joglo Lawakan

rumah lawakan
sumber: budayalokal.id

Rumah ini memiliki kesan sederhana dengan atapnya yang hanya terdiri dari dua tingkatan. Atap bagian atas yang berbentuk meruncing dan bagian bawah dengan bentuk yang lebar.

Rumah Panggang Pe

rumah joglo panggang pe
sumber: santaidamai.com

Selain sebagai tempat tinggal, jaman dahulu rumah ini juga berfungsi sebagai warung. Ciri dari rumah ini adalah memiliki empat hingga enak tiang atau saka. Rumah ini juga memiliki beberapa jenis lagi seperti Barengan, Gedhang Setangkep, Gedhang Salirang, Empyak Setangkep, Trajaumas, dan Cere Gancet.

Ruangan di Rumah Joglo

Rumah Joglo mempunyai beberapa bagian ruangan yang memiliki fungsinya masing-masing, berikut penjelasannya.

Pendopo

Para bangsawan menganggap pendopo sebagai simbol perlindungan dan ini merupakan tempat bagi para pepunden (penguasa) bersosialisasi dengan bawahan serta abdi dalem.

Pringgitan

pringgitan
sumber: mukuraceramics.com

Bangunan ini berada di belakang pendopo yang berfungsi menjadi pembatas antara pendopo dan dalem. Tempat semi terbuka ini juga biasanya berguna untuk pertunjukan wayang atau penyambutan tamu resmi.

Dalem ageng

Dalem ageng atau Omah Buri adalah bangunan yang menjadi tempat beradanya senthong (kamar tidur). Lantai dasar milik Dalem lebih tinggi daripada pendopo dan pringgitan. Namun, lantai untuk sethong berada di posisi yang lebih tinggi lagi.

Dalem memiliki kesan yang privat dan personal. Bangunan ini memang memiliki tujuan untuk menerima kerabat dekat dan tempat aktivitas para perempuan.

Senthong

senthong
sumber: mukuraceramics.com

Ruangan ini adalah bagian paling privat dalam rumah. Senthong juga terbagi menjadi tiga ruangan. Senthong kanan adalah kamar tidur untuk ayah, senthong kiri untuk ibu dan anak yang masih kecil, dan senthong tengah untuk meditasi.

Gandhok

gandhok
sumber: mukuraceramics.com

Gandhok berada di sisi kiri dan kanan pendopo. Ruangan ini berfungsi sebagai kamar untuk anak yang sudah tumbuh dewasa. Anak perempuan berada di gandhok kiri sementara anak laki-laki berada di gandhok kanan. Selain itu, ruangan ini juga berfungsi untuk tempat tidur para tamu yang menginap.

Area Pelayanan

Area ini terdiri dari pawon dan pekiwan. Pawon terletak di belakang gandhok kiri atau di sisi timur dari dalem. Ruangan ini berfungsi sebagai dapur untuk masak dan menyambut tetangga atau kerabat perempuan. Di samping pawon, terdapat pekiwan yang terdiri dari sumur dan dan kamar mandi.

Area pelayanan ini terpisah dari bangunan utama rumah. Pemisahan ini adalah cerminan kearifan lokal serta budaya masyarakat Jawa. Hal ini juga membuat penghuni rumah lebih sehat karena ruangan pelayanan tersebut dianggap kurang hiegenis.

Itulah penjelasan mengenai jenis-jenis dan ruangan yang rumah Joglo miliki. Bagi Anda yang sedang butuh perabotan rumah tangga, segera kunjungi Ruparupa. Ruparupa menyediakan furnitur home living lengkap dan kualitasnya sudah terjamin. Jangan sampai ketinggalan promo-promonya, kunjungi Ruparupa sekarang juga!