5 Tips Menata Rumah Minimalis 2 Lantai Jadi Indah

0
980
Sumber: Pixabay.com

Tren dekorasi rumah minimalis memang tidak ada habisnya. Pasalnya, rumah minimalis menawarkan kenyamanan dan kepraktisan. Nah, kali ini, kami punya tips menata rumah minimalis 2 lantai yang bisa kamu lakukan.

Apalagi, menata rumah minimalis 2 lantai kadang tidak mudah. Salah satu yang perlu diperhatikan adalah pencahayaan di dalam rumah harus bisa cukup masuk ke dalam. Bila tidak, bisa-bisa rumah malah terlihat lebih gelap dan sumpek.

Ruparupa Banner

Bagaimana Cara Menata Rumah Minimalis 2 Lantai?

Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut, kamu bisa mengikuti beberapa tips menata rumah minimalis berikut ini.

1. Buat Ruangan Terbuka

Hal pertama yang bisa kamu pertimbangkan adalah menyediakan ruang terbuka di rumah. Tenang, area terbuka di rumah tidak harus besar. Kamu bisa membuatnya di bagian belakang rumah.

Selain itu, adanya ruangan terbuka memungkinkan cahaya matahari untuk masuk. Jadinya, kamu bisa menghemat listrik pada siang hari.

Nah, kamu bisa menggunakan rumput artifisial dari Ruparupa.com, seperti di bawah ini. Selain bisa membuat rumah kamu tampak asri dan segar, rumput artifisial tidak membutuhkan perawatan khusus.

tips rumah minimalis 2 lantai
Cc Grass 2×1 Mtr Rumput Artifisial

Beli di sini

tips rumah minimalis 2 lantai
Cc Grass 2×1 Mtr Rumput Artifisial Ample – Hijau

Beli di sini

2. Perhatikan Pencahayaan

Pencahayaan merupakan faktor yang penting di dalam rumah, baik untuk rumah minimalis maupun berukuran besar.

Baca Juga:   7 Tips Menciptakan Desain Rumah Modern yang Elegan

Untuk rumah bergaya minimalis, pertama-tama tentukan terlebih dahulu ruangan yang membutuhkan penerangan, seperti dapur, ruang tamu, atau kamar.

Setelah itu, pertimbangkan titik pencahayaannya. Biasanya, satu ruangan memiliki dua titik pencahayaan. Titik pencahayaan pertama dan utama bisa kamu letakkan di langit-langit rumah agar peneranganya lebih menyebar.

Sementara itu, untuk titik pencahayaan kedua, kamu bisa menggunakan hidden light untuk menambah ambient pencahayaan dan spot light untuk menyoroti benda tertentu.

Hidden light biasanya dipasang di balik bracket TV atau plafon rumah dengan menggunakan lampu LED strip.  Sedangkan, spot light biasanya di dinding dan area plafon rumah.

Kamu bisa menggunakan lampu LED agar lebih hemat energi, seperti rekomendasi model lampu LED berikut ini.

 

lampu sorot menata rumah minimalis
Krisbow Lampu Sorot Led Spotlight Cob 15w Putih – Warm White

Beli di sini

tips menata rumah minimalis 2 lantai
Krisbow Lampu Led Strip 220v – Rgb

Beli di sini

3. Gunakan Dekorasi Warna Cerah

Salah satu ciri khas rumah minimalis adalah menggunakan warna yang monokrom. Namun, bila seluruh ruangan hanya memiliki satu warna, pasti akan tampak membosankan.

Oleh karena itu, kamu bisa menambahkan dekorasi berwarna cerah untuk menghidupkan kembali suasana ruangan.

Misalnya, di ruangan yang didominasi warna putih, kamu bisa menambahkan vas bunga  berwarna merah, kuning, atau coklat cerah, seperti rekomendasi kami berikut ini.

Baca Juga:   5 Macam Rumah Adat Jawa Tengah dan Penjelasannya
tips rumah minimalis 2 lantai
Vas Kaca 30 Cm Brooklyn – Cokelat

Beli di sini

tips rumah minimalis 2 lantai
Vas Bunga 16.5 Cm Edgy – Merah Terracota

Beli di sini

tips rumah minimalis 2 lantai
Vas Bunga 19 Cm Melted Yellow Mustard

Beli di sini

4. Perbanyak Jendela

Untuk rumah minimalis 2 lantai, ada baiknya kamu memaksimalkan penggunaan jendela. Namun, pastikan model jendela minimalis, yaitu tidak banyak ukiran atau hiasan.

Penggunaan jendela yang tepat bisa membuat rumah tampak lebih luas dan terang karena cahaya matahari pun bisa masuk.

Selain itu, penggunaan jendela juga membuat sirkulasi udara di rumah jadi lebih baik, sehingga penghuni rumah pun bisa menghirup udara segar setiap hari.

5. Membuat Balkon Minimalis

Bila rumah kamu memiliki balkon, kamu bisa membuatnya lebih asri dengan menambahkan beberapa tanaman hias dan batu-batuan.

Jika memungkinkan, letakkan satu kursi santai di balkon, sehingga kamu bisa membaca buku atau minum kopi sambil menghirup udara segar di pagi hari.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan deck lantai batu dari Ruparupa.com, seperti di bawah ini.

tips rumah minimalis 2 lantai
Rainbodeck Quick Deck Stone Icy 30×30 Cm – Krem

Beli di sini

Membuat rumah minimalis 2 lantai ternyata tidak terlalu sulit, bukan? Nah, kamu bisa menata rumah minimalis dengan mudah menggunakan hiasan kekinian.

Tenang, kamu bisa menemukannya hanya di Ruparupa.com. Situs belanja online satu ini menyediakan perabot dan perlengkapan rumah tangga terbaik dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, dan masih banyak lagi.

Selamat menata rumah dengan lebih cantik!