5 Cara Mengatur Jam Tidur di Bulan Puasa

0
509
cara mengatur jam tidur di bulan puasa
Sumber: pexels.com

Puasa adalah salah satu ibadah wajib selama bulan ramadan yang dilakukan oleh para pemeluk agama Islam. Tentunya, selama menjalankan ibadah puasa ada banyak perubahan yang terjadi, salah satunya adalah dalam mengatur jam tidur.

Sebelum berpuasa, kita harus bangun lebih awal untuk menjalankan sahur. Dengan begitu, kita bisa lebih kuat untuk menahan lapar dan haus sampai buka puasa. Inilah yang akan membuat kita jadi harus bangun lebih awal.

Ruparupa Banner

Bila kita tidak mengatur waktu tidur selama bulan puasa dengan baik, tentu kita akan lebih mudah lelah dan mengantuk.

Bagaimana Cara Mengatur Jam Tidur di Bulan Puasa?

Namun, bagaimana cara mengatur jam tidur yang bisa kita lakukan? Tenang, Ruppers! Kali ini kami punya tips agar kamu bisa tetap punya waktu tidur berkualitas selama bulan puasa. Seperti apa? Simak berikut ini. 

cara mengatur jam tidur
Sumber: unsplash.com

1. Hindari bergadang

Ayo, siapa yang masih suka bergadang setiap hari, khususnya untuk menunggu waktu sahur? Bila kamu salah satunya, saatnya setop kebiasaan ini ya, Ruppers! 

Hal tersebut justru bisa membuat kamu kekurangan energi untuk beraktivitas seharian. Apalagi, jika harus menahan lapar dan tidak boleh mengonsumsi apa pun, pasti tubuh akan lebih mudah lelah dan mengantuk.

Baca Juga:   Ini Jadwal Puasa 2022 dan Hal yang Harus Dipersiapkan

2. Ciptakan suasana tidur yang nyaman

Suasana kamar tidur juga bisa memengaruhi kualitas istirahat kita, lho. Bila kita tidak tidud di tempat yang nyaman, bisa-bisa kita lebih mudah mengantuk.

Nah, agar tubuh kamu dapat beristirahat dengan baik, pastikan kamar tidur di rumah tetap bersih dan rapi.  Selain itu, pastikan tidak terlalu banyak bantal atau boneka di tempat tidur agar kamu bisa lebih leluasa.

3. Tidur secukupnya

Selain tidak begadang, kamu juga harus memiliki waktu tidur yang cukup, lho. Tentu akan menjadi percuma bila kamu tidur pukul 8 malam, tetapi pukul 1 pagi sudah bangun kembali. Hal tersebut tetap akan membuat tubuh kamu kekurangan energi. 

Pastikan kamu mendapatkan waktu tidur yang cukup, yaitu selama 8 jam agar tubuh tidak merasa kelelahan ataupun mengantuk ketika sedang beraktivitas. Dengan tidur cukup , kamu akan terhindar dari dehridasi, kepala berat, hingga rasa mengantuk yang berlebih. 

4. Tidur saat waktu luang

Saat bekerja atau sekolah, pasti akan memiliki waktu istirahat. Nah, karena tidak bisa makan, kamu dapat memanfaatkan waktu tersebut untuk tidur sebentar lho, Ruppers. 

Usahakan untuk tidak menggunakan waktu luang tersebut untuk bermain-main atau melakukan hal lain yang membuat tubuh jadi lelah karena justru akan semakin mengurangi energi kamu. 

Baca Juga:   Resep Tumis Buncis Tahu Saus Tiram Cuma 20 Menit

Lebih baik, sempatkan diri untuk tetap tidur saat memiliki waktu luang agar tubuh dapat beristirahat cukup dan lebih terasa bugar untuk beraktivitas. Dengan begitu, kamu juga tidak akan terlalu mengantuk di bulan puasa, apalagi saat bekerja.

5. Menggunakan penutup mata

Mungkin ada sebagian orang yang terpaksa begadang dan kekurangan waktu istirahat karena mereka mengalami kesulitan untuk tidur. 

Kalau kamu salah satunya yang mengalami hal ini, kamu bisa menggunakan penutup mata dan memasangkan diffuser aromaterapi untuk merilekskan tubuh.

mengatur jam tidur di bulan puasa
Sumber: pexels.com

Nah, itu dia lima cara mengatur jam tidur di bulan puasa agar tubuh tidak mudah lelah dan mengantuk. 

Agar kualitas tidur lebih baik, kamu bisa menggunakan beberapa rekomendasi produk buat istirahat berikut ini.

Passport Bantal Leher Dengan Penutup Mata Tidur
Passport Bantal Leher Dengan Penutup Mata Tidur

Beli di sini

Ataru Diffuser Aromaterapi Rabbit
Ataru Diffuser Aromaterapi Rabbit

Beli di sini

Bantal & Guling Dacron
Bantal & Guling Dacron

Beli di sini

Selimut 120x150 Cm Tuftade
Selimut 120×150 Cm Tuftade

Beli di sini

Kamu juga bisa menemukan berbagai perlengkapan kamar tidur lainnya hanya di Ruparupa.com, lho.

Situs belanja online ini juga menjual perabot dan peralatan rumah tangga yang lengkap dengan kualitas terbaik dari merek ternama, seperti ACE, Informa, Krisbow, dan lain-lain. 

Yuk, kunjungi Ruparupa dan belanja sekarang!