5 Cara Mengatur Jam Tidur di Bulan Puasa

0
1825
tidur
Sumber: Pexels/Ketut Subiyanto

Puasa menjadi ibadah wajib di setiap tahunnya yang dilakukan oleh para pemeluk agama Islam. Tentunya, selama menjalankan ibadah puasa, ada banyak kebiasaan yang harus kita sesuaikan, salah satunya yaitu mengatur jam tidur.

Soalnya, sebelum berpuasa, kita harus bangun lebih awal untuk menjalankan sahur. Dengan begitu, kita bisa lebih kuat untuk menahan lapar dan haus sampai waktu buka puasa tiba. 

Ruparupa Banner

Tak heran, ritme tubuh akan mengalami perubahan, apalagi kalau kita tidak terbiasa bangun jam 4 pagi. Nah, bila tidak mengatur waktu tidur selama bulan puasa dengan baik, tentu kita akan lebih mudah lelah dan mengantuk.

Lantas, Bagaimana Cara Mengatur Jam Tidur di Bulan Puasa?

Kali ini, kami punya beberapa tips mudah agar kamu bisa tetap punya waktu tidur berkualitas selama bulan puasa. Seperti apa? Simak berikut ini. 

1. Hindari Bergadang

mengatur jam tidur
Sumber: Unsplash/Nubelson Fernandes

Ayo, siapa yang masih suka bergadang setiap hari, khususnya untuk menunggu waktu sahur? Bila kamu salah satunya, saatnya menghentikan kebiasaan ini, ya. 

Hal tersebut justru bisa membuat kamu kekurangan energi untuk beraktivitas seharian. Apalagi, jika harus menahan lapar dan tidak boleh mengonsumsi apa pun, pasti tubuh akan lebih mudah lelah dan mengantuk.

2. Ciptakan Suasana Tidur yang Nyaman

cara mengatur jam tidur di bulan puasa
Sumber: Unsplash/Andisheh A

Suasana kamar tidur juga bisa memengaruhi kualitas istirahat kita, lho. Bila tidak tidur di tempat yang nyaman, bisa-bisa kita lebih mudah mengantuk.

Baca Juga:   15 Ide Parcel Lebaran Bermanfaat untuk Saudara dan Kerabat

Nah, agar tubuh kamu dapat beristirahat dengan baik, pastikan kamar tidur di rumah tetap bersih dan rapi. Selain itu, pastikan tidak terlalu banyak bantal atau boneka di tempat tidur agar kamu bisa lebih leluasa.

Untuk menciptakan suasana tidur yang nyaman, kamu bisa menggunakan selimut berikut ini.

Arthome 150x200 Cm Selimut Quilt Wave - Biru
Arthome 150×200 Cm Selimut Quilt Wave – Biru

Beli di sini

3. Tidur Secukupnya

cara mengatur jam tidur di bulan puasa
Sumber: Unsplash/Shane

Selain tidak bergadang, kamu juga harus memiliki waktu tidur yang cukup. Tentu, akan menjadi percuma bila kamu tidur pukul 8 malam, tetapi pukul 1 pagi sudah bangun kembali. Hal tersebut tetap akan membuat tubuh kamu kekurangan energi. 

Pastikan kamu mendapatkan waktu tidur yang cukup, yaitu selama 8 jam agar tidak merasa kelelahan atau mengantuk ketika beraktivitas di siang hari. Dengan tidur cukup, kamu akan terhindar dari dehidrasi, pusing, hingga rasa mengantuk yang berlebih. 

4. Tidur Saat Waktu Luang

cara mengatur jam tidur puasa
Sumber: Unsplash/Михаил Калегин

Saat bekerja atau sekolah, pasti kamu akan memiliki waktu istirahat. Karena tidak bisa makan, kamu dapat memanfaatkan waktu tersebut untuk tidur sebentar. 

Hindari menggunakan waktu luang tersebut untuk bermain-main atau beraktivitas berat yang bisa membuat tubuh jadi lelah karena justru akan mengurangi energi kamu. 

Lebih baik, sempatkan diri untuk tetap tidur saat memiliki waktu luang agar tubuh dapat beristirahat cukup dan lebih terasa bugar untuk beraktivitas. Dengan begitu, kamu juga tidak akan terlalu mengantuk di bulan puasa, apalagi saat bekerja.

Baca Juga:   7 Tips Persiapan Menghadapi Arus Balik Mudik Lebaran

5. Menggunakan Diffuser

Ultransmit Vivi Diffuser Aromaterapi - Abu Abu
Ultransmit Vivi Diffuser Aromaterapi – Abu Abu

Beli di sini

Mungkin ada sebagian orang yang terpaksa bergadang dan kekurangan waktu istirahat karena mengalami kesulitan tidur atau insomnia. 

Kalau kamu salah satunya yang mengalami hal ini, kamu bisa menggunakan penutup mata dan memasang diffuser aromaterapi untuk merilekskan tubuh. Pilih diffuser yang aromanya kamu sukai.

Nah, itu dia lima cara mengatur jam tidur di bulan puasa agar tubuh tidak mudah lelah dan mengantuk. 

Tenang saja, kami punya beberapa rekomendasi perlengkapan tidur yang nyaman buat istirahat di bulan puasa nanti. 

 

Passport Bantal Leher Dengan Penutup Mata Tidur
Passport Bantal Leher Dengan Penutup Mata Tidur

Beli di sini

Ataru Diffuser Aromaterapi Rabbit
Ataru Diffuser Aromaterapi Rabbit

Beli di sini

Bantal & Guling Dacron
Bantal & Guling Dacron

Beli di sini

Selimut 120x150 Cm Tuftade
Selimut 120×150 Cm Tuftade

Beli di sini

 

Sleeplite 160x200x30 Cm Set 5 Pcs Seprai Polyester Buttercup
Sleeplite 160x200x30 Cm Set 5 Pcs Seprai Polyester

Beli di sini

Informa Sleep 160x200 Cm Cusco Kasur Roll Packed
Informa Sleep 160×200 Cm Cusco Kasur Roll Packed

Beli di sini

Kamu juga bisa menemukan berbagai perlengkapan kamar tidur lainnya hanya di ruparupa, lho.

Situs belanja online ini juga menjual perabot dan peralatan rumah tangga yang lengkap dari merek-merek ternama, yaitu ACE, INFORMA, ATARU, SELMA, Toys Kingdom, Krisbow, dan masih banyak lagi. 

Temukan juga berbagai artikel menarik lainnya dari ruparupa hanya di Google News atau klik di sini.