7 Cara Mengatasi Rasa Mengantuk Saat Bulan Puasa

0
4440
Sumber: Unsplash/Kinga Howard

Saat menjalani ibadah puasa, ada banyak perubahan kebiasaan yang pasti akan dilakukan. Salah satunya adalah perubahan siklus tidur karena harus menyiapkan sahur di pagi hari. Tak heran, rasa mengantuk di siang hari tidak mampu dihindari.

Sebenarnya, rasa kantuk memang wajar saja terjadi karena tubuh kekurangan cairan untuk jangka waktu yang lama. Akhirnya, banyak yang memilih untuk menghabiskan harinya tanpa melakukan kegiatan apa pun.

Ruparupa Banner

Padahal, sebagai seorang muslim yang baik, kamu tetap harus produktif dalam menyelesaikan pekerjaan sehari-hari agar bisa mendapatkan berkah yang melimpah.

Lantas, Bagaimana Cara Mengatasi Rasa Ngantuk Selama Puasa?

Untuk menjawab permasalahan di atas, kamu bisa menerapkan beberapa hal berikut ini.

1. Konsumsi makanan sehat

mengantuk saat puasa
Maksimalkan konsumsi air mineral untuk buka puasa

Selama menjalankan puasa, usahakan untuk selalu mengonsumsi makanan sehat, seperti sayuran dan buah. Makanan ini kaya akan kandungan mineral dan vitamin yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Selain itu, pastikan kamu tetap minum air putih sebanyak 8 gelas dalam satu hari. Tidak hanya membuat tubuh tetap bugar, minum air secara rutin  juga bisa mencegah bau mulut selama berpuasa, lho!

Kamu juga perlu menghindari konsumsi makanan berlemak dan berminyak. Soalnya, makanan ini bisa menyebabkan cepat haus, tubuh lemas, serta lebih mudah mengantuk.

2. Hindari langsung tidur setelah sahur

Krisbow Alat Penghisap Debu Kering Turbo Tiger 600 W
Manfaatkan waktu sehabis sahur untuk bersih-bersih rumah

Ketika mengantuk, produktivitas akan menurun. Apalagi, jika kamu langsung tidur setelah sahur. Inilah yang akan membuat kamu merasa jauh lebih lemas.

Baca Juga:   6 Ide Kegiatan Seru Saat Puasa untuk Anak

Lebih baik langsung melanjutkan kegiatan lainnya setelah sahu, seperti sholat subuh, atau bersih-bersih. Jadinya, kamu akan lebih produktif dan mudah melawan rasa mengantuk selama puasa.

3. Buat daftar kegiatan

mengantuk saat puasa
Catat kegiatan yang ingin dilakukan agar lebih produktif

Saat menjalankan puasa, baik saat berada di rumah atau sedang bekerja di kantor, kamu bisa membuat daftar kegiatan sepanjang hari. Pada setiap kegiatan tersebut, coba bubuhkan kapan kegiatan tersebut akan dilaksanakan.

Dengan adanya jadwal kegiatan setiap hari, kamu akan memiliki inspirasi tentang apa saja yang harus kamu lakukan sehingga tidak membuat kamu bermalas-malasan.

4. Cukup istirahat

Selimut 125x150 Cm Indi - Ivory
Pastikan waktu istirahat kamu cukup

Hal paling penting yang perlu kamu perhatikan untuk menghilangkan rasa mengantuk saat puasa adalah cukup istirahat.

Kamu harus bisa mengatur jadwal tidur sehingga saat bangun sahur, kamu berada dalam kondisi yang fit dan tidak mengantuk. Jadi, hindari menghabiskan waktu untuk begadang, ya.

5. Atur pernapasan

Setiap kali kamu mengantuk, kamu bisa mengatasinya dengan latihan pernapasan. Caranya cukup mudah, kamu bisa menarik napas dan menghembuskannya beberapa kali untuk menghilangkan gas karbon dioksida di dalam tubuh.

6. Cari sinar matahari

sunrise
Sumber: Unsplash/Dawid Zawiła

Jika kamu mulai merasakan mengantuk di siang hari, kamu bisa mencari pancaran sinar matahari, lho! Cara ini bisa membuat tubuh jadi lebih segar dan fokus. Jadi, produktivitas kamu bisa tetap stabil.

Baca Juga:   Resep Kuah Bakso Lezat Gurih Anti Gagal

7. Olahraga ringan

tips puasa di hari pertama
Lakukan olahraga ringan sehabis sahur

Cara terakhir untuk menghilangkan rasa ngantuk dan membuat tubuh tetap kuat adalah dengan rutin melakukan olahraga.

Tidak perlu melakukan olahraga yang berat, cukup lakukan gerakan ringan agar tidak mengurangi massa otot yang mampu membuat tubuh menjadi lemas. Beberapa olahraga yang bisa kamu coba, antara lain jogging, yoga, sepeda, dan jalan kaki.

Olahraga juga dipercaya dapat meningkatkan daya tahan tubuh sehingga bisa menangkal berbagai penyakit, lho!

Nah, itu tadi beberapa cara mengatasi rasa mengantuk saat menjalankan ibadah puasa yang bisa kamu lakukan.

Bagi kamu yang ingin tetap produktif saat berpuasa, ada beberapa produk rekomendasi untuk olahraga ringan dari ruparupa, seperti berikut ini.

Berwyn Matras Yoga Single Layer Pvc - Biru Muda
Berwyn Matras Yoga Single Layer Pvc – Biru Muda

Beli di sini

sepeda
Airwalk Jedi Sepeda Lipat 16 Inci 1-speed – Oranye

Beli di sini

dumbbell
Berwyn Dumbbell Neoprene 3 Kg – Biru

Beli di sini

sepatu olahraga
Dr. Kong Ukuran 38 Sepatu Olahraga Wanita Ce000005

Beli di sini

Miliki alat olahraga hemat hingga 50% hanya dengan klik di sini

Situs belanja online ini menyediakan berbagai perabot dan peralatan rumah tangga dari merek-merek terkenal milik Kawan Lama Group, yaitu ACE, INFORMA, SELMA, Pendopo, Krisbow, Pet Kingdom, ATARU, dan masih banyak lagi.

Temukan juga berbagai artikel menarik lainnya dari ruparupa hanya di Google News atau klik di sini.