8 Menu Sahur Praktis yang Mudah Dibuat Pemula

0
8504
menu sahur praktis
Sumber: Freepik

Selama bulan puasa, kita pasti sering bingung menentukan menu sahur dan buka puasa. Bila kita tinggal jauh dari orang tua, terutama buat anak kos, tentu kita harus menyiapkan menu sahur praktis.

Karena terbatasnya waktu sahur, menu makanan yang sederhana lebih mudah disiapkan daripada menu makanan yang agak berat. Bahkan, kadang saat sahur, kita bisa mengonsumsi makanan sisa buka puasa kemarin.

Ruparupa Banner

Daftar Menu Makanan Sahur Praktis

Nah, menjawab permasalahan tersebut, kali ini kami punya daftar menu sahur praktis, yang cuma butuh waktu 15 menit untuk menyiapkan.

Tenang saja, menu sahur berikut ini tetap bisa bikin kenyang dan kita pun dapat menjalankan puasa dengan baik. Apa saja itu?

1. Sosis bakar balado

Bila kamu tidak memiliki banyak waktu untuk menyiapkan bahan makanan, menu makanan dari sosis bisa jadi pilihan yang tepat, nih.

Kamu bisa ikuti artikel resep sosis bakar ini untuk menemukan bahan yang dibutuhkan dan langkah-langkah membuatnya. Namun, hindari memakai sambal terlalu banyak agar rasanya tetap nikmat dan tidak pedas.

sosis bakar balado

2. Tumis buncis tahu saus tiram

Saat sahur, tentunya kita membutuhkan menu makanan yang sehat dan mengenyangkan. Nah, rekomendasi menu sahur praktis berikutnya adalah tumis buncis tahu saus tiram.

Selain kaya akan protein baik, masakan ini juga sangat gurih dan bisa menggugah selera saat sahur di pagi hari. Untuk mengetahui bahan yang diperlukan serta cara membuatnya, kamu bisa cek artikel resep tumis buncis berikut ini.

Baca Juga:   Catat Ini 7 Persiapan Wajib Buat Mudik Lebaran 2022

tumis buncis tahu

3. Nasi goreng telur

Menu sarapan andalan satu ini menjadi favorit banyak orang Indonesia. Nah, kamu juga bisa memasukan menu nasi goreng telur sebagai hidangan sahur.

Agar tidak bosan, mungkin kamu bisa sedikit meningkatkan resep nasi goreng telur kamu dengan mengikuti panduan resep praktis ini.

nasi goreng telur
Sumber: spiceeats.com

4. Brokoli tumis tahu telur

Menu sahur praktis yang sehat lainnya, serta kaya akan nutrisi dan vitamin adalah brokoli tumis tahu telur. Menu masakan satu ini terbilang bisa mencukupi kebutuhan gizi kita, loh.

Menu brokoli tumis tahu telur juga bisa menjadi santapan lezat yang cocok sekali kamu padukan dengan nasi hangat. Kamu bisa cek resep brokoli tumis tahu telur hanya di artikel ini, ya.

brokoli tumis
Sumber: parenting.firstcry.com

5. Bihun goreng

Selain nasi goreng dan mie goreng, menu favorit masyarakat Indonesia yang juga praktis adalah bihun goreng.

Memiliki tekstur yang tipis, bihun goreng juga bisa mengenyangkan perut, lho. Kamu bisa memodifikasi resep bihun goreng dengan menambahkan topping-topping menarik, seperti ayam atau seafood.

Cari tahu cara membuat bihun goreng enak pada resep bihun goreng ini.

bihun goreng
Sumber: Pinterest

6. Ayam teriyaki

Ayam teriyaki menjadi menu andalan saat sahur. Rasa yang gurih, tentu sangat menggugah selera, terutama ketika menyantapnya selagi masih hangat.

Ternyata, membuatnya tidak sulit, loh. Bahkan, sekarang sudah banyak supermarket yang menjual saus teriyaki instan yang memudahkan kamu dalam memasak.

Baca Juga:   6 Tips Belanja Hemat Satu Minggu di Bulan Ramadan

Tidak hanya ayam, kamu juga bisa menggantinya dengan daging sapi yang tidak kalah enak. Untuk mengetahui resep lain tentang olahan daging praktis, bisa kamu temukan di artikel ini.

ayam teriyaki
Sumber: chefjulieyoon.com

7. Sup bayam jagung

Tidak sampai 20 menit, kamu bisa membuat sup bayam jagung hangat sebagai menu sahur praktis saat bulan puasa. Bayam sendiri merupakan jenis sayuran hijau yang kaya akan zat besi yang bermanfaat bagi tubuh.

Dengan adanya tambahan jagung manis, pasti akan membuat siapa saja sulit untuk melewatkan menu yang segar ini. Cari tahu cara membuat dan bahan yang diperlukan hanya di resep sup bayam berikut.

sup bayam jagung
Sumber: recipespot.netfly.app

8. Kailan tumis bawang putih

Kailan merupakan sayuran yang kaya akan nutrisi, kalium, vitamin, dan serat, yang bagus untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Tentunya, ini bisa jadi menu sahur praktis setiap hari.

Proses pembuatannya pun cukup, bahkan para pemula bisa memasaknya sendiri. Yuk, intip resep kailan praktis ini.

tumis kailan
Sumber: redhousespice.com

Itu dia beberapa pilihan menu sahur praktis yang mudah kamu buat di rumah. Bagi kamu yang sedang menyiapkan kebutuhan memasak makanan selama bulan puasa, kamu bisa lengkapi peralatan masak yang berkualitas hanya dari Ruparupa.com.

Situs belanja online ini menyediakan berbagai perlengkapan home living dari brand ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Selma, dan masih banyak lagi.

Kami memiliki banyak rekomendasi alat masak berkualitas bagi kamu yang sedang menyiapkan bulan Ramadhan yang penuh berkah, seperti berikut ini.

wajan
Selma 30 Cm Paris Wok Pan Dengan Tutup – Abu-abu Tua

Beli di sini

frying pan
Selma Set 2 Pcs Elena Wajan – Hijau

Beli di sini

air fryer
Kels 4.3 Ltr Belva Air Fryer – Hitam

Beli di sini

spatula
Krischef Spatula Gagang Plastik

Beli di sini