6 Cara Mengajarkan Anak Puasa Sejak Dini

0
2260
cara mengajarkan anak berpuasa
Sumber: Unsplash/Aaron Burden

Usia wajib puasa adalah ketika seseorang mencapai masa akil baligh atau dewasa dari segi fisik dan emosional. Meski demikian, banyak yang menganjurkan untuk mulai mengajarkan anak berpuasa sejak dini.

Soalnya, kebiasaan ini bisa menjadi persiapan terbaik agar si kecil bisa lebih paham makna wajib puasa. Selain untuk mempersiapkan kematangan si kecil, ada banyak manfaat puasa yang bisa diperoleh anak-anak.

Ruparupa Banner

Lantas, Apa Saja Manfaat Puasa Bagi Anak?

cara mengajarkan anak puasa
Sumber: Pexels/RODNAE Production

Manfaat pertama puasa bagi anak adalah mengembangkan karakter dirinya. Memang, puasa tidak hanya mengajarkan praktik agama dan budaya, tetapi juga bisa mengembangan diri anak, seperti melatih kedisiplinan, pengorbanan diri, serta emosinya.

Saat berpuasa, si kecil akan belajar bagaimana cara mengontrol diri untuk tidak melakukan hal-hal yang dapat membatalkan puasa, seperti makan dan minum. Dengan demikian, si kecil bisa belajar lebih sabar dalam menjalankan tanggung jawab.

Dari segi kesehatan, beberapa penelitian menemukan manfaat puasa bagi anak, seperti meningkatkan metabolisme, mengurangi obesitas, meningkatkan fungsi otak, serta membuang racun dari tubuh.

Wah, banyak sekali manfaat puasa bagi si kecil, ya? Setelah melihat banyaknya manfaat tersebut, ada baiknya untuk kita mulai mengajarkan si kecil buat berpuasa sejak dini.

Bagaimana Cara yang Tepat Mengajarkan Puasa Pada Anak?

Berikut beberapa tips mengajarkan anak puasa sedari kecil yang bisa kamu lakukan.

1. Puasa Setengah Hari

cara mengajarkan anak puasa
Sumber: Pexels/Mohammad Ramezani

Bukan perkara yang mudah bagi si kecil untuk menjalankan ibadah puasa. Bahkan, untuk orang dewasa pun, hal ini cenderung sulit. Maka dari itu, hindari memaksa anak untuk langsung melakukan puasa penuh.

Baca Juga:   7 Perlengkapan Puasa Wajib Buat Pekerja Kantoran

Jika si kecil belum kuat untuk menahan makan dan minum selama kurang lebih 12 jam, maka mereka boleh melakukan puasa setengah hari atau hanya 6 jam. Namun, kamu perlu terus-menerus mengajarkannya puasa dengan meningkatkan intensitas waktu berpuasa.

Misalnya, minggu pertama diajarkan buat berpuasa selama 6 jam. Kemudian, minggu ketiga meningkat hingga 8 jam, dan seterusnya.

2. Mengajarkan Puasa Jajan

cara mengajarkan anak berpuasa
Sumber: Unsplash/Pete Wright

Selain puasa makan dan minum, kamu juga bisa mengajarkan si kecil untuk mengontrol keinginan mereka dalam membeli jajanan kesukaannya, seperti permen dan es krim.

3. Ajari Makna Puasa

Hal yang perlu kamu ajarkan bagi si kecil saat berpuasa adalah memberi tahu mereka tentang makna dan tradisi berpuasa. Dengan adanya narasi dalam bentuk cerita, si kecil akan lebih memahami pentingnya berpuasa bagi seluruh umat muslim.

4. Buat Kegiatan Ngabuburit

cara mengajarkan anak berpuasa
Sumber; Unsplash/La-Rel Easter

Agar anak tidak bosan saat menjalankan puasa, kamu bisa mengajak mereka melakukan kegiatan seru menjelang waktu berbuka puasa, atau yang disebut dengan ngabuburit.

Banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk membuat ngabuburit jadi seru, seperti ajak mereka jalan-jalan sore, bermain game, hingga ajak mereka untuk mempersiapkan hidangan berbuka puasa.

5. Sediakan Makanan Kesukaannya

Saat si kecil berpuasa, cobalah untuk menyediakan makanan kesukaannya buat buka puasa. Dengan begitu, mereka akan lebih termotivasi dan merasakan hasil dari usaha puasa yang sudah dijalankan.

Baca Juga:   7 Tips Puasa di Hari Pertama yang Perlu Kamu Lakukan

6. Beri Apresiasi Saat Berhasil Menyelesaikan Puasa

cara mengajarkan anak puasa
Sumber: Pexels/Any Lane

Sebagai motivasi, kamu bisa memberikan apresiasi, seperti hadiah hari raya ketika mereka berhasil menyelesaikan ibadah. Hal ini bisa memacu semangat mereka untuk rajin berpuasa, lho.

Namun, penting bagi orang tua untuk mengajarkan bahwa puasa bukan sebagai cara untuk mendapatkan hadiah, melainkan makna puasa itu sendiri. Ajarkan bahwa hadiah hanya sebuah bonus, bukan sebagai tujuan utama dari puasa.

Itu dia beberapa cara mengajarkan anak puasa sejak dini yang bisa ibu terapkan untuk mengajar si kecil.

Nah, kami memiliki rekomendasi mainan dari toko online resmi Toys Kingdom melalui ruparupa yang bisa kamu jadikan ide kado buat anak yang telah berpuasa, seperti berikut ini.

 

permainan monopoli
Permainan Monopoly Super Mario Celebration E9517

Beli di sini

permainan
Jenga Stacking Game

Beli di sini

mainan anak
Alqolam Drawing Board Lghtblue Humaira

Beli di sini

permainan papan
Emco-mini Games 100071

Beli di sini

 

LEGO Super Heroes Black Panther War On The Water
LEGO Super Heroes Black Panther War On The Water

Beli di sini

Baby Alive Boneka Bayi Breakfast Time Baby Blonde Hair
Baby Alive Boneka Bayi Breakfast Time Baby Blonde Hair

Beli di sini

Kamu juga bisa belanja peralatan rumah tangga lebih hemat di ruparupa, lho. Tenang saja, seluruh produk yang ditawarkan berasal dari merek ternama milik Kawan Lama Group, yaitu ACE, INFORMA, SELMA, ATARU, Pendopo, dan masih banyak lagi.

Temukan juga berbagai artikel menarik lainnya dari ruparupa hanya di Google News atau klik di sini.