6 Ide Kegiatan Seru Saat Puasa untuk Anak

0
2560
kegiatan seru saat puasa
Sumber: Freepik

Mengajarkan anak untuk menjalankan ibadah puasa sejak kecil memang hal yang penting. Jadinya, si kecil bisa lebiht mempersiapkan diri guna menjalankan puasa wajibnya saat mencapai masa akil baligh.

Lalu, apa itu masa akil baliqh? Dalam bahasa Islam, istilah akil balig memandai seseorang sudah dapat menjalankan kewajiban syariat sepenuhnya. Selain itu, ini menandakan sebagai usia kedewasaan seseorang.

Ruparupa Banner

Nah, umumnya, di usia masih kecil,  anak-anak cenderung mudah bosan dan tidak tahan untuk menghentikan rasa lapar selama bulan puasa.

Inilah yang membuat peran orang tua sangat penting untuk menjaga mood sang anak agar mulai melupakan rasa lapar tersebut. Salah satunya dengan mengajak sang anak melakukan kegiatan seru.

Apa Saja Kegiatan Puasa Bersama Si Kecil?

Bagi orang tua yang sudah berpengalaman, membuat kegiatan seru bukan lagi hal yang luar biasa. Namun, bagi orang tua yang belum memiliki pengalaman, mungkin akan kebingungan membuat kegiatan seru selama bulan puasa.

Untuk itu, kami telah memberikan beberapa rekomendasi kegiatan seru saat puasa yang bisa kamu lakukan bersama si buah hati. Kira-kira apa saja, ya? Yuk, simak berikut ini.

1. Melukis

Sambil menjalankan puasa, kamu bisa mengajak si kecil untuk belajar mengenal gambar dan warna lewat kegiatan melukis. Kegiatan ini juga bisa meningkatkan kreativitas si kecil dengan pengembangan fungsi sensorik maupun motoriknya.

Baca Juga:   Resep Bakwan Jagung Garing dan Gurih, Anti Gagal!
melukis
Sumber: Freepik

2. Membaca buku cerita

Agar fokus anak tidak mudah terpecah, kamu bisa sekalian melatih anak untuk tetap berkonsentrasi selama berpuasa dengan membaca buku cerita bernuansa islam.

Lewat pengajaran buku tersebut, anak-anak akan lebih paham tentang makna islam dan berpuasa karena dikemas dalam bentuk cerita yang tidak membosankan.

3. Berolahraga

Berpuasa bukan berarti kita harus mengajarkan anak untuk bermalas-malasan dan tidak melakukan apa pun agar tidak mudah lapar dan haus. Seharusnya, kita harus bisa lebih produktif agar bisa meningkatkan daya tahan tubuh selama puasa.

Untuk itulah, kamu bisa mengajak anak-anak untuk melakukan olahraga ringan sehingga tubuh tidak mudah lemas. Salah satu ide olahraga ringan yang bisa kamu lakukan bersama si kecil adalah jalan-jalan sore dan bersepeda berkeliling kompleks rumah.

4. Masak untuk menu buka puasa

Sore hari merupakan waktu yang tepat untuk mempersiapkan menu buka puasa bagi keluarga tercinta. Untuk menceriakan suasana, kamu bisa mengajak si kecil untuk membantu kamu saat menyiapkan makan di dapur.

Dengan demikian, si kecil akan merasa memiliki peran yang penting selama puasa. Kamu bisa meminta mereka melakukan pekerjaan ringan dan tidak berbahaya, seperti mencuci sayur, mengaduk adonan, atau merapikan meja makan.

memasak bersama
Sumber: Freepik

5. Menonton

Untuk mengisi waktu selama menunggu adzan magrib berkumandang, kamu bisa mengajak anak menonton TV atau lewat tayangan streaming. Berilah mereka tontonan edukatif, seperti acara kartun islami yang menyenangkan.

Baca Juga:   5 Tips Agar Listrik Rumah Tetap Aman Saat Pergi Mudik

Lewat tontonan tersebut, si anak akan lebih betah untuk memahami hal-hal yang harus dilakukan saat puasa maupun hal yang dilarang. Namun, pastikan kamu memberikann batasan waktu agar mereka tidak kecanduan menonton.

6. Mengaji bersama

Aktivitas selama bulan puasa berikutnya yang bisa kamu lakukan bersama si kecil adalah kegiatan mengaji bersama. Dengan demikian, si anak dapat belajar menghafal dan melantunkan ayat-ayat suci Al-Quran.

Tidak hanya itu, dengan mengaji, kamu bisa menemukan ketenangan dan merasa lebih dekat dengan si kecil.

kegiatan seru saat puasa
Sumber: Freepik

Nah, itu dia beberapa rekomendasi aktivitas dan kegiatan seru untuk anak saat puasa yang bisa kamu jalankan.

Selain mampu melancarkan puasa anak, melakukan kegiatan ini juga mampu mengeratkan hubungan kamu dengan anak-anak, lho.

Bagi kamu yang sedang mencari perlengkapan untuk melakukan kegiatan seru bersama si buah hati, kami berikan rekomendasi produk berikut ini.

tv
Sharp 50 Inci Led Smart Tv 2t-c50bg1i – Hitam

Beli di sini

kuas lukis
Kingorigin Set Kuas Cat Lukis 15 Pcs

Beli di sini

sepeda anak
London Taxi-kids Bike 16 Inc Green

Beli di sini

alat masak
Ataru Set 12 Pcs Alat Masak – Pink

Beli di sini

Kamu bisa mendapatkan beberapa produk rekomendasi produk rumah tangga lainnya hanya di Ruparupa.com.

Situs belanja online ini menyediakan berbagai perabot dari brand ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Toys Kingdom, Informa, Selma.

Selamat menjalankan ibadah puasa bersama si kecil.