9 Hal yang Membatalkan Puasa Ini Harus Kamu Hindari

0
8883
hal yang membatalkan puasa
Sumber: Pexels/Fauxels

Bulan Ramadhan menjadi momen yang paling banyak dinantikan. Soalnya, pada momen ini, umat muslim akan menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh.

Puasa sendiri memiliki arti menahan diri dari hawa nafsu, makan, dan minum dari matahari terbit hingga terbenam. Namun, puasa tidak hanya untuk menahan makan dan minum, tetapi juga menjauhkan diri dari hal-hal yang mampu membatalkan puasa.

Ruparupa Banner

Lantas, Apa Saja Hal yang Dapat Membatalkan Puasa?

Yuk, simak beberapa hal yang bisa membatalkan puasa berikut ini.

1. Merokok

hal yang membatalkan puasa
Sumber: Pexels/Lil Artsy

Bagi para perokok aktif, tentu kamu harus puasa merokok juga. Apalagi, rokok memiliki rasa sehingga dapat membatalkan puasa. Selain itu, rokok juga mengandung partikel yang tanpa disadari dapat masuk dalam bagian tubuh kita. Jadi, sebaiknya kamu menahan diri untuk tidak merokok, ya.

2. Makan dan minum dengan sengaja

hal yang membatalkan puasa
Sumber: Pexels/Andrea Piacquandio

Makan dan minum secara tidak sengaja mungkin sering kita rasakan saat hari pertama menjalankan puasa karena belum terbiasa. Tenang, hal ini tidak membatalkan puasa, kok. Asalkan, sisa makanan yang menempel di dalam mulut harus segera kamu bersihkan.

Namun, jika kamu makan dan minum dengan sengaja, maka hal ini akan menjadi penyebab dari batalnya puasa kamu.

3. Haid

Sebenarnya, haid atau menstruasi pada wanita merupakan sesuatu yang tidak bisa kamu cegah. Namun, saat berpuasa, tubuh harus berada dalam keadaan yang suci.

Baca Juga:   5 Cara Belanja Kebutuhan Lebaran Pakai Uang THR

Jadi, puasa kamu akan batal jika haid di pagi, siang, atau sore hari karena darah kotor yang dikeluarkan oleh tubuh.

4. Muntah

Aturan dalam puasa melarang kita untuk memasukkan atau mengeluarkan sesuatu dari dalam tubuh. Sama halnya dengan haid, kamu juga akan membatalkan puasa bila muntah secara sengaja atau tidak disengaja.

5. Alkohol

hal yang membatalkan puasa
Sumber: Pexels/Nicolas Postiglioni

Tentu, puasa kamu juga bisa batal kalau mengonsumsi alkohol. Soalnya, alkohol bisa menyebabkan tubuh kehilangan fokus, pusing, hilang kesadaran, hingga mengalami gangguan pencernaan.

Nah, saat berpuasa, kamu tidak boleh kehilangan fokus atau kesadaran agar kuat menjalaninya.

6. Tidak menahan nafsu

hal yang membatalkan puasa
Sumber: Pexels/Vera Arsic

Kamu juga harus menghindari pantangan puasa dalam bentuk tak terwujud, lho, seperti hawa nafsu. Nafsu sendiri bisa menyangkut emosi, perkataan atau perbuatan buruk, hingga nafsu seksual.

Daripada melakukan perbuatan buruk tersebut, sebaiknya kamu melakukan hal-hal yang lebih positif di bulan Ramadhan, seperti mengaji.

7. Menelan dahak

Perlu kamu tahu bahwa menelan dahak juga bisa membatalkan puasa, lho. Hal ini berlaku bila dahak sudah seluar sampai rongga mulut, lalu kamu dengan sengaja menelannya kembali.

Jadi, hati-hati bagi kamu yang sedang mengalami gejala batuk berdahak, ya. Selalu minum obat dan vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh tetap fit di saat sahur atau berbuka.

8. Berkumur secara berlebihan

Hal yang membatalkan puasa berikutnya adalah berkumur atau membersihkan rongga hidung. Misalnya, saat berkumur, kamu menelan airnya hingga masuk perut.

Baca Juga:   8 Tips Persiapan Lebaran yang Perlu Kamu Lakukan

Namun, tenang saja, bila kamu melakukannya saat berwudhu, tentu hal ini tidak membuat puasa kamu jadi batal, ya.

9. Suntik

puasa
Sumber: Pexels/Nataliya Vaitkevich

Penyuntikan biasanya dilakukan untuk memasukkan cairan, seperti vitamin atau obat di dalam pembuluh darah. Dengan demikian, melakukan penyuntikan dapat membatalkan puasa karena ada sesuatu yang masuk di dalam tubuh.

Nah, itu tadi beberapa hal yang dapat membatalkan puasa. Jadi, pastikan kamu menghindari hal tersebut agar bisa melalui satu bulan penuh kemenangan ini dengan baik.

Kamu bisa jadikan puasa lebih berkesan bersama keluarga terkasih dengan menghidangkan berbagai menu buka puasa dan sahur yang lezat.

Nah, kami punya rekomendasi peralatan masak praktis yang bisa kamu gunakan selama bulan Ramadhan, seperti panci dan microwave berikut ini.

 

wajan
Selma 20 Cm Paris Panci Saucepan Dengan Tutup

Beli di sini

panci kukus
Krischef 21 Cm 2.3 Ltr Eco Panci Kukus Microwave

Beli di sini

air fryer
Kels Belva Air Fryer 2.7 Ltr – Putih

Beli di sini

microwave
Kels Griffin Convection Microwave Oven 30 Ltr

Beli di sini

Kamu bisa membeli berbagai alat memasak di atas hanya di ruparupa, lho!

Situs belanja online ini memiliki berbagai perlengkapan rumah tangga dan alat kebersihan dari merek-merek ternama, yaitu ACE, INFORMA, SELMA, ATARU, Krisbow, Toys Kingdom, dan masih banyak lagi.

Temukan juga berbagai artikel menarik lainnya dari ruparupa hanya di Google News atau klik di sini.