5 Tips Puasa di Hari Pertama yang Perlu Kamu Lakukan

0
1171
tips puasa di hari pertama
Sumber: Unsplash.com

Bulan suci Ramadan 1443 Hijriyah telah tiba, sudah saatnya seluruh umat muslim menjalankan kewajibannya untuk berpuasa. Biasanya, hari pertama puasa terasa berat untuk dilalui karena kita sudah terbiasa dengan pola makan dan tidur sehari-harinya.

Ketika mulai hari puasa, maka kita perlu bangun lebih awal dan menahan lapar hingga waktu yang telah ditentukan. Keadaan ini tentunya membuat tubuh mudah lemas karena kita masih membutuhkan penyesuaian.

Ruparupa Banner

Maka dari itu, ada beberapa persiapan yang perlu kita lakukan dalam menyambut hari pertama puasa agar semuanya berjalan dengan baik.

Apa Saja Persiapan Puasa Hari Pertama?

Di hari pertama puasa, tentunya kita ingin menjalankan ibadah puasa sebaik-baiknya. Namun, hal ini pastinya harus didukung dengan kondisi fisik dan mental yang sehat, lho. Kalau tidak, puasa akan terasa lebih berat karena kita sulit menahan godaan.

Nah, untuk mencegah hal itu, kami sudah merangkum beberapa tips puasa di hari pertama yang bisa kamu ikuti.

1. Istirahat yang cukup

Pada awal puasa, kamu perlu bangun lebih awal untuk menyantap sahur. Tentunya, hal ini dapat membuat kamu jadi kurang tidur dan mengantuk di siang harinya. Maka dari itu, mulailah untuk mengatur jam tidur agar kamu mendapatkan istirahat yang cukup.

Baca Juga:   6 Rekomendasi Ide Hampers Lebaran Unik dan Berkesan

Buat kamu yang suka begadang, tinggalkan kebiasaan tersebut dan saatnya mengubah pola tidur jadi lebih sehat, ya.

tips puasa tidur cukup
Sumber: Unsplash.com

2. Perhatikan menu sahur dan berbuka

Saat berpuasa, tubuh akan kekurangan asupan energi dari makanan dan minuman. Maka dari itu, kamu perlu menyantap makanan yang sehat dan bergizi agar tetap kuat dan semangat dalam menjalani puasa.

Saat sahur, ada baiknya untuk menyantap makanan tinggi serat untuk memberikan rasa kenyang lebih lama, seperti buah dan sayuran. Selain itu, hindari makanan asin secara berlebihan agar kamu tidak gampang haus di siang hari.

Pada saat berbuka puasa, kamu boleh menyantap makanan manis, tetapi jangan sampai berlebihan, ya. Selain dapat meningkatkan berat badan, makanan tinggi gula juga dapat membuat tubuh menjadi lesu.

3. Perbanyak minum air putih

Tidak dapat dipungkiri bahwa tubuh manusia sangat memerlukan air. Kekurangan cairan tidak hanya menyebabkan dehidrasi, tetapi juga mengganggu metabolisme dan kinerja tubuh.

Oleh karena itu, kamu perlu memenuhi kebutuhan cairan dengan minum 8 gelas air putih setiap harinya. Di bulan puasa, kamu juga bisa melakukan pola minum 2-4-2, yakni 2 gelas air saat berbuka, 4 gelas air saat malam, dan 2 gelas air saat subuh.

Baca Juga:   Resep Tongseng Kambing Empuk dan Anti Gagal

4. Ibadah tepat waktu

Kunci dari puasa adalah belajar bersabar dan mengumpulkan pahala. Agar kamu lebih kuat dalam menjalaninya, jangan pernah lupa untuk beribadah tepat waktu, mulai dari salat subuh hingga salat isya, ya.

tips puasa ibadah tepat waktu
Sumber: Unsplash.com

5. Lakukan olahraga ringan

Kamu bisa tetap berolahraga saat puasa, kok. Justru hal ini sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan tubuh kamu selama berpuasa. Memang, kamu tidak perlu melakukan olahraga berat yang membuat tubuh kelelahan.

Namun, kamu perlu lakukan olahraga ringan, seperti berjalan kaki, jogging, yoga, serta bersepeda santai.

Kami juga mempunyai rekomendasi perlengkapan olahraga, yang dapat membantu kamu untuk menjaga tubuh tetap fit di bulan puasa, seperti berikut ini.

matras yoga
Berwyn Matras Yoga Single Layer Pvc – Biru Muda
Jaga kebugaran tubuh dengan melakukan senam yoga di matras berikut ini.

Beli di sini

sepeda
Airwalk Expresso Sepeda Lipat 20 Inci 6-speed – Merah
Jaga kondisi tubuh tetap fit dengan bersepeda santai.

Beli di sini

sepatu olahraga untuk puasa hari pertama
Dr. Kong Ukuran 38 Sepatu Olahraga Wanita Ce000005 – Hitam
Sepatu olahraga yang nyaman untuk bepergian.

Beli di sini

baju olahraga untuk puasa hari pertama
Alph Ukuran Xl T-shirt Dry Fit Pria – Hitam
Baju olahraga elastis untuk jogging dan berjalan santai di bulan puasa.

Beli di sini

Tentu, seluruh perlengkapan buat persiapan puasa di atas bisa dengan mudah kamu dapatkan hanya melalui Ruparupa.com.

Situs belanja online satu ini juga menyediakan peralatan masak dan perlengkapan rumah tangga untuk menghiasi momen Ramadan di rumah, yang berasal dari merek tenama milik Kawan Lama Group, seperti Informa, ACE, Selma, dan masih banyak lagi.

Yuk, kunjungi Ruparupa.com sekarang dan selamat menunaikan ibadah puasa!