Cara Membuat Aquascape yang Menarik

0
6953
cara membuat aquascape

Aquascape adalah bentuk seni yang menempatkan batu dan kayu apung di dalam akuarium untuk menciptakan tampilan yang menyenangkan secara estetika. Anda bisa membuat lanskap alam seperti ini di dalam akuarium. Apalagi, inspirasi bisa datang dari mana saja, baik melalui aquascape lain hingga hutan yang indah, air terjun, dan pantai. 

aquascape
sumber: commons.wikimedia.org

 

Ruparupa Banner

Namun, cara membuat aquascape bisa jadi menantang. Apalagi, aquascaping melibatkan penggunaan prinsip-prinsip dasar desain dan menerapkannya pada akuarium.

Nah, bila Anda menjelajahi aquascape lain, maka bisa membantu Anda memutuskan gaya dan tata letak yang tepat.

Salah satu tips penting untuk aquascaping adalah melihat sebanyak mungkin desain dan gaya yang berbeda dari semua sudut. Buat catatan tentang bagian desain mana yang menarik bagi Anda.

Bila Anda masih bingung atau pemula dalam hal ini, yuk, simak beberapa  cara membuat aquascape sebagai berikut.

aquascape
upload.wikimedia.org

Beberapa Hal yang Anda Butuhkan untuk Membuat Aquacape

Anda mungkin harus mengambil beberapa peralatan sebelum memasang akuarium. Berikut beberapa hal yang Anda perlukan.

Pencahayaan LED

Substrat:  Memilih substrat adalah sesuatu yang sulit dihadapi banyak orang.

Pemanas

Sistem Filtrasi:  Jenis filter yang kalian butuhkan sangat bergantung pada pengaturan. Jika menyiapkan tangki yang lebih besar dari 40 galon atau lebih, kalian mungkin ingin menggunakan filter tabung. Untuk pengaturan yang lebih kecil, unit menggantung di belakang biasanya baik-baik saja.

Kit uji:  Ini adalah keharusan mutlak saat menyiapkan akuarium. Alat Uji Master Air Tawar API adalah yang paling akurat di pasaran.

Suplemen Karbon Dioksida: CO2 sangat penting untuk kesehatan tanaman. Sebagai salah satu komponen utama untuk fotosintesis, pertumbuhan tanaman yang sehat dapat menjadi lebih cepat melalui suplemen, seperti API Booster CO2, buatan sendiri, dan reaktor cetakan seperti Reaktor CO2 Sera Flore Active.

Langkah Membuat Aquascape Dengan Mudah

Langkah 1-  Memilih Substrat

membuat aquascape dengan substrate
Jbl Substrate Florapol 350 Gr

Memilih substrat untuk tangki non-tanam sangat mudah. Cukup pilih jenis kerikil apa saja, yang menjadi kesukaan Anda.

Kerikil, meskipun sederhana dan mudah dibersihkan, tetap steril saat pertama kali ditambahkan ke dalam tangki. Namun, biji-bijiannya sangat besar ini, tidak memiliki nutrisi yang cukup untuk mendukung sebagian besar tanaman air.

Baca Juga:   16 Manfaat Tanaman Teratai untuk Kesehatan

Biji-bijian memiliki ukuran yang berbeda, dari pasir hingga batu. Ukuran butiran yang bervariasi, bisa membuat bahan organik terkumpul dan membentuk jangkar yang lebih baik agar sistem akar menjadi lebih sehat.

Langkah 2- Pencahayaan

Beli di sini

Lampu yang bagus sangat penting untuk menyiapkan akuarium. Biasanya, tudung akuarium memiliki perlengkapan fluoresen, lampu neon dasar, yang sudah terdapat di dalamnya. 

Spektrum cahaya bohlam adalah panjang gelombang cahaya yang mereka buat. Nah, tanaman membutuhkan panjang gelombang tertentu untuk pertumbuhan optimal.

Semakin dalam dan besar tangki, semakin banyak lampu yang Anda butuhkan agar tanaman terlihat subur. Sebagai aturan praktis, kita dapat menggunakan rumus berikut:

  • 0,25 Watt per Liter air: Tingkat Cahaya Rendah
  • 0,50 Watt per Liter: Tingkat Cahaya Sedang
  • 0,80 hingga 1,0+ Watt per Liter: Tingkat Cahaya Tinggi

Langkah 3- Memilih Filtrasi

membuat aquascape dengan filter
Boyu Filter Akuarium Fp-28e

Beli di sini

Memilih sistem filtrasi mungkin bukan bagian yang paling “menyenangkan”, tetapi tetap penting.

Jenis sistem filtrasi apa pun yang Anda pilih, pastikan untuk menghilangkan semua karbon aktif. Meskipun berguna untuk ikan, tetapi karbon aktif dapat menghilangkan nutrisi yang tanaman butuhkan untuk tumbuh subur.

Langkah 4- Menambahkan tanaman

membuat aquascape dengan tanaman artifisial
Tanaman Artifisial Akuarium – 16 cm

Beli di sini

Cycling” tangki adalah proses di mana bakteri menguntungkan dan organisme lain berkembang dan tumbuh.

Bakteri ini membantu memecah amonia dan senyawa beracun lainnya, yang dilepaskan oleh ikan dan tanaman, menjadi senyawa yang tidak terlalu beracun atau bahkan bermanfaat  untuk pertumbuhan.

Apakah akuarium perlu cycle sebelum menambahkan tanaman hidup? Jawabannya adalah tidak!

Tumbuhan hidup justru bisa membantu mempercepat keseluruhan proses perputaran. Berikut adalah beberapa rekomendasi tanaman yang cocok untuk aquascape kalian.

  1. Tanaman Karpet

Tanaman ini melakukan persis seperti namanya. Karpet lantai tangki adalah karpet hijau yang indah.

Tanaman karpet seperti Java Moss cenderung tumbuh dengan cepat dan mudah, menempel pada substrat, bebatuan, dan kayu apung saat tumbuh. Namun, perlu diingat kalau mereka sering membutuhkan akses terbuka ke cahaya.

Tanaman besar seperti Amazon Swords dan tanaman terapung seperti Duckweed dan Hornwort, dapat menaungi mereka, menyebabkannya melemah dan mati.

2. Tanaman Latar Depan

Untuk tanaman ini, mereka berada di bagian paling depan tangki. Mereka cenderung relatif pendek, jadi pandangan Anda ke bagian belakang tangki tidak akan terhalang.

Spesies seperti Anubian Nana dan Pygmy Chain Swords, menawarkan isian yang bagus, tetapi tidak mengurangi tampilan bidak “utama” Anda.

Baca Juga:   7 Tips Memelihara Anjing Rottweiler

3. Tanaman Mid-Ground

Tanaman mid-ground berada di dekat bagian tengah tangki dan sedikit lebih tinggi dari tanaman di latar depan.

Mereka cenderung sedikit lebih tebal dan mengisi lebih banyak tangki, jadi mereka memberi akuarium perasaan “penuh” yang menyenangkan. Tanaman mid-ground membuat zona transisi ke latar belakang.

4. Tanaman Latar Belakang

Ini adalah showstoppers utama Anda. Tanaman seperti Amazon Swords berukuran besar, tebal, dan cenderung menjadi daya tarik tersendiri.

Mereka biasanya ditempatkan di bagian paling belakang tangki agar tidak menghalangi pandangan. Anda juga biasanya akan memiliki lebih sedikit tanaman latar karena kebutuhan ruangannya.

Mereka juga memiliki kecenderungan untuk membuat bayangan dalam jumlah besar, jadi beri jarak yang sesuai.

Langkah 5- Memasukkan Ikan Ke Dalamnya

Menambahkan ikan selalu menjadi tonggak penting. Namun, jangan terburu-buru saat melakukan langkah ini.

Meskipun terkadang tanaman membantu mempercepat proses perputaran, proses ini tetap bukan proses yang instan (biasanya membutuhkan waktu 2-3 minggu).

Amonia dan Nitrit harus menunjukkan angka nol sebelum menambahkan ikan. Ambil API Master Test Kit dan sering uji.

Langkah 6- Memelihara Akuarium

Kita perlu memperhatikan hal-hal, seperti kimia air, asupan nutrisi, dan pemeliharaan tanaman, untuk memastikan semuanya tetap subur dan hijau.

Pertumbuhan Alga

Alga adalah musuh konstan aquarists, terutama di tangki yang baru dipasang.

Ini karena terdapat banyak cahaya dan nutrisi yang mengambang bebas tetapi tanaman baru dan bakteri menguntungkan belum dapat mengambilnya.

Apalagi, tanaman ini bersel tunggal, yang dapat dengan cepat membelah dan menyerap nutrisi yang tersedia dan membentuk lapisan hijau jelek di permukaan apa pun yang tersedia.

Suplemen Karbon Dioksida

Suplementasi Karbon Dioksida (CO2) adalah salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk tangki ikan Anda.

Tablet CO2

Suplemen seperti tablet ISTA CO2 adalah salah satu cara termudah dan paling murah untuk meningkatkan pertumbuhan tanaman.

Reaktor / Diffuser CO2

Azoo Diffuser Akuarium

Beli di sini

Ini sedikit lebih rumit dan tidak benar-benar direkomendasikan untuk tangki yang Anda tanam pertama kali.

Ini termasuk diffuser yang menghubungkan ke tabung CO2 bertekanan yang dapat kalian beli untuk dorongan singkat dari gelembung super kecil serta metode lain seperti injektor CO2 cair.

***

Itulah langkah-langkah membuat aquascape yang menarik. Anda bisa membeli produk-produk di atas dan produk lain yang berkaitan dengan pembuatan aquascape hanya di Ruparupa.com.

Yuk, wujudkan aquascape yang indah bersama Ruparupa!