14 Ide Lomba 17 Agustus yang Seru dan Unik!

0
18416
lomba panjat pinang

17 Agustus merupakan hari yang istimewa untuk negara Indonesia. Hari tersebut menandakan kemerdekaan Indonesia dari penjajah. Perayaan 17 Agustus pasti identik dengan upacara bendera dan berbagai lomba yang biasa sekolah ataupun kawasan lingkungan rumah selenggarakan. Anak-anak, remaja, dan orang dewasa bermain dan bersaing satu sama lain untuk merayakan kemerdekaan, bersenang-senang bersama, dan memenangkan hadiah.

Permainan tradisional yang ada dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia dapat membangun ikatan antar sesama melalui nilai kebersamaan, kerjasama, dan solidaritas antar anggota masyarakat. Berikut adalah beberapa lomba 17 Agustus yang seru dan unik!

Lomba bakiak saat 17 Agustus

lomba bakiak saat 17 agustus
sumber: commons.wikimedia.org

Dalam permainan ini, para peserta harus berjalan bersama untuk menjaga keseimbangan dan berusaha untuk tidak jatuh. Bakiak sendiri merupakan sandal kayu panjang yang biasa menampung empat hingga enam peserta.

Agar tidak jatuh, permainan ini membutuhkan kerjasama antar anggota yang baik. Permainan ini dapat meningkatkan rasa kebersamaan dan kerjasama dalam tim.

Lomba balap karung

lomba balap karung
sumber: commons.wikimedia.org

Salah satu permainan yang populer dalam memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia adalah lomba balap karung. Cara bermain dari lomba ini adalah peserta harus memasukkan tubuh ke dalam karung kemudian berlomba sampai ke garis finish.

Permainan ini awalnya bermula dari orang-orang Belanda di lembaga-lembaga atau sekolah dalam naungan Belanda di Indonesia. Setelah merdeka, permainan ini masih menjadi permainan yang sering menjadi lomba dalam 17 Agustusan.

Lomba sarung futsal

lomba sarung futsal
youtube.com/IskandarBari

Pada dasarnya, lomba sarung futsal memiliki aturan yang sama dengan permainan futsal biasanya. Perbedaaannya adalah lomba ini mengharuskannya pemainnya menggunakan sarung selama perlombaan untuk menambah tingkat kesulitan lomba.

Lomba sarung futsal juga mirip dengan daster futsal. Perbedaannya adalah peserta lomba harus memakai daster yang biasanya wanita gunakan saat di rumah.

Lomba gebuk bantal

lomba gebuk bantal
sumber: youtube.com/okayudhi

Lomba ini terdiri dari dua orang yang berdiri dengan bambu panjang di atas sungai atau kolam. Peserta kemudian saling memukul satu sama lain menggunakan bantal hingga salah satunya jatuh ke dalam kolam. Pemenangnya adalah peserta yang berhasil tidak jatuh atau yang bertahan paling lama di atas bambu.

Lomba balap kelereng saat 17 Agustus

lomba balap kelereng saat 17 agustus
sumber: commons.wikimedia.org

Cara bermain lomba ini adalah para peserta berdiri di garis start dengan membawa sendok yang terdapat kelereng di mulut. Ketika lomba mulai, mereka harus secepat mungkin mencapai garis finish dan berusaha menyeimbangkan kelereng di sendok. Peserta yang menjatuhkan kelereng harus mengulang dari garis start. Pemenangnya adalah peserta yang paling cepat mencapai garish finish tanpa menjatuhkan kelereng.

Lomba makan kerupuk saat 17 Agustus

lomba makan kerupuk 17 agustus
sumber: commons.m.wikimedia.org

Lomba ini merupakan perlombaan individu dengan tujuan menghabiskan kerupuk udang yang tergantung di tali. Namun, peserta tidak boleh menggunakan tangan untuk menghabiskannya. Peserta yang dapat menghabiskan kerupuk tercepat menjadi pemenangnya.

Lomba panjat pinang

lomba panjat pinang
sumber: commons.wikimedia.org

Dalam lomba panjat pinang, peserta harus memanjat batang pohon dan mendapatkan hadiah yang berada di atas batang pohon tersebut.  Di permainan ini, para pemain harus saling membantu agar salah satu anggota tim bisa berhasil mencapai puncak.

Lomba tarik tambang saat 17 Agustus

tarik tambang saat 17 agustus
sumber: daihatsu.co.id

Tarik tambang ini adalah lomba yang menguji kekuatan dengan menarik tali tambang. Lomba ini terdiri dari dua kelompok yang berdiri pada kedua sisi tali. Kemudian, kedua kelompok tersebut menarik tali hingga melewati batas yang menyatakan bahwa salah satu kelompok menjadi pemenangnya.

Sarung voli

lomba sarung voli
sumber: youtube.com/rikilesmana

Lomba ini memiliki aturan dengan olahraga voli pada umumnya. Perbedaannya adalah dalam lomba ini, peserta melempar dan menangkap bola voli menggunakan sarung.

Permainan egrang

lomba egrang
sumber: commons.wikimedia.org

Baik individu dan kelompok dapat memaikan egrang. Peserta meletakkan kaki di pijakan dengan ketinggian 50 cm di atas tanah. Para peserta meletakkan kedua kaki mereka di atas pijakan kemudian berjalan menggunakan egrang.

Lomba memasukkan paku ke dalam botol saat 17 Agustus

lomba masukin paku ke dalam botol saat 17 agustus
sumber: uprint.id

Dalam lomba memasukkan paku dalam botol, para peserta akan memakai tali di pinggang dengan paku di ujung tali. Para peserta bersiap di garis start. Kemudian, ketika lomba mulai, peserta harus mencapai botol di garis finish secepat mungkin. Lalu, mereka harus memasukkan paku ke dalam botol tanpa menyentuh tali atau paku.

Lomba nyunggi tampah

lomba nyunggi tampah
sumber: kab-pacitan.kpu.go.id

Dalam permainan ini, para peserta harus berdiri garis di garis start sambil membawa tampah. Tampah adalah wadah anyaman bambu bundar. Saat lomba mulai, peserta harus berlomba ke garis finish sambil menyeimbangkan tampah agar tidak jatuh tanpa menyentuh tampah itu dengan tangan.

Lomba memindahkan belut

sumber: surabayaspot.com

Lomba ini mengharuskan peserta untuk memindahkan belut dari satu tempat ke dalam botol. Tantangan dari lomba ini adalah belut memiliki kulit yang licin sehingga sangat sulit untuk Anda pindahkan. Pemenangnya adalah peserta yang dapat mengumpulkan belut tercepat dan terbanyak.

Lomba memukul air

lomba memukul air saat 17 agustus
sumber: youtube.com/arifmdr

Dalam permainan ini, peserta harus memukul kantong plastik berisi air yang terikat pada seutas tali. Para peserta bersiap-siap di garis start dengan mata tertutup. Saat lomba mulai, peserta harus berjalan lurus secepat mungkin untuk memukul kantong air. Peserta yang berhasil memecahkan kantong air akan menjadi pemenangnya.

Itulah beberapa ide lomba yang bisa Anda lakukan bersama teman atau keluarga saat merayakan 17 Agustusan. Anda bisa menggunakan barang-barang rumah tangga sebagai alat untuk lomba loh, salah satunya tali jemuran. Tali jemuran bisa Anda pakai untuk lomba makan kerupuk atau lomba memukul air.

Anda juga bisa menggunakan bantal tidur Anda sebagai alat dalam lomba gebuk bantal.

Itulah beberapa barang rumah tangga yang bisa Anda gunakan sebagai alat untuk lomba. Anda bisa memenuhi kebutuhan rumah tangga lainnya di Ruparupa. Ruparupa menyediakan furniture home living serta perkakas yang lengkap dengan harga terjangkau. Yuk beli sebelum kehabisan!