Hobi memelihara ikan adalah cara yang bagus untuk menghabiskan waktu luang kalian. Sekarang semakin banyak orang yang memiliki aquarium, cara membuatnya pun tidak terlalu sulit. Tidak hanya bisa menjadi dekorasi yang luar biasa untuk rumah kalian, tetapi juga bisa terbukti sangat bermanfaat bagi kesehatan kalian.

Aquarium bisa menjadi sarana untuk meredakan stres dan kecemasan. Memasang akuarium di rumah kalian terbukti sangat berharga dalam membantu kalian merasa tenang dan rileks.

aquarium
sumber: upload.wikimedia.org

Sebelum kalian pergi keluar dan membeli perlengkapan aquarium, ada beberapa hal yang perlu kalian perhatikan. Jika kalian ingin aquarium kalian menjadi rumah yang bahagia, sehat untuk ikan, luangkan waktu untuk melakukan riset dan melakukan berbagai hal dengan benar pada tahap persiapan.

Mengetahui Tujuan Membuat Aquarium

Aquarium
Temukan Perlengkapan Aquarium Lengkap di Ruparupa.com

Saat membangun tangki ikan, sangat penting untuk mempertimbangkan jenis yang berbeda sejak awal. Mengetahui apakah aquarium akan menjadi tangki air tawar kecil atau tangki yang memiliki terumbu besar sangat membantu.

Ini akan memungkinkan kalian untuk memprioritaskan beberapa bahan di atas yang lain serta untuk menguraikan tangki yang disiapkan sejak awal. Ini juga dapat membantu saat mendekorasi dan menghemat uang untuk suku cadang tambahan.

Memilih Kaca yang Tepat Untuk Membuat Aquarium

Kaca mungkin merupakan komponen terpenting dari tangki ikan manapun. Inilah mengapa memilih yang tepat sangat penting. Jika kalian akan menggunakan tangki air tawar sederhana berukuran 20 galon, kalian bisa menggunakan kaca plexiglass biasa. Ini sangat umum dan dapat kalian beli di hampir semua toko konstruksi. Selain itu, bahan ini fleksibel, cukup kuat untuk menopang akuarium yang lebih kecil dari 25 galon.

Untuk tangki ikan yang lebih besar, kaca plexiglass bukanlah pilihan terbaik dan juga dapat ternoda jika beberapa bahan kimia digunakan. Namun, kaca plexiglass memiliki banyak variasi sehingga lebih baik berkonsultasi dengan penjual dan mencari tahu apakah bisa menyatukan akuarium kalian.

Jika ingin membuat tangki yang sangat besar, pilihan terbaik adalah kaca patri. Tidak menawarkan fleksibilitas sebanyak akrilik atau plexiglass, tetapi cukup tebal bahkan untuk volume terbesar. Tidak mudah tergores, tidak membutuhkan banyak perawatan, dan cenderung tahan lama.

kaca untuk membua aquarium
sumber: YouTube

Seringkali kaca akuarium terbagi menjadi tiga kategori berdasarkan ukurannya.

  • Tebal 0,2 inci, tinggi hingga 12 inci
  • Ketebalan 0,4 inci dan tinggi aquarium 12-24 inci
  • Tebal 0,8 inci dan tinggi 24-32 inci

Mengikuti rasio umum ini dapat membantu kalian dengan mudah memilih ukuran dinding kaca yang tepat untuk akuarium dan memastikannya cukup kuat untuk mengatasi tekanan air.

Material Untuk Membuat Aquarium

Selain dari satu bagian bawah, satu depan, satu belakang, dan dua ujung kaca, kalian akan membutuhkan barang-barang berikut untuk membangun akuarium.

bahan untuk membuat aquarium
sumber: YouTube
  • Pisau cukur bermata tunggal
  • Aseton
  • Non-toxic 100% silicone sealant
  • Tissue gulung
  • Spidol
  • Lakban
  • Kain ampelas atau silicone carbide sandpaper

Untuk akuarium yang lebih besar dengan ukuran di atas 30 galon, disarankan untuk memasang setidaknya satu “penyangga” di tengah tangki. Ini dapat dilakukan dengan memotong kaca selebar enam inci yang diukur agar pas dengan tepi “luar” dari panel depan dan belakang, lalu memasangnya dengan silikon.

Untuk kekuatan ekstra kalian bisa meratakan dan merekatkan dua penjepit menggunakan silikon, atau terutama untuk tangki yang lebih panjang, pasang dua kaca penjepit terpisah dengan jarak yang sama dari setiap ujung tangki.

Bersiap untuk Membuat Aquarium

Sebelum memulai perakitan akuarium, kalian harus terlebih dahulu menyiapkan barang untuk digunakan dan mempelajari tentang poin penting konstruksi berikut.

Siapkan Panel Kaca Potong

kaca untuk membuat aquarium
sumber: YouTube

Setelah pecahan kaca kalian potong, menggunakan kain amplas atau amplas silikon karbida, gosok semua tepi kasar kaca secukupnya untuk menghilangkan ketajamannya.

Bersihkan semua area sambungan panel kaca dan tepinya kira-kira 1/2 inch ke dalam (tempat mana pun yang akan kalian oleskan dengan silikon) dengan aseton di atas tisu dapur.

Siapkan lakban

Potong 16 strip lakban, masing-masing kurang lebih 5 inci. Jika selama perakitan kalian kehabisan potongan pita, sebelum memasang panel lain, potong beberapa bagian lagi.

kaca untuk membuat aquarium
sumber: YouTube

Tip: Jika sewaktu-waktu selama konstruksi kalian mengalami masalah dengan selotip yang tidak menempel pada kaca, cukup bersihkan area tersebut dengan aseton di atas tisu dapur dan coba lagi.

Memasang panel kaca

Setelah semua potongan kaca kalian telah terpotong dan siap, letakkan atau susun potongan-potongan itu sehingga kalian tahu bagian mana yang menuju ke mana. Setelah mengetahui letak penempatan panel, untuk membantu melacak arah setiap bagian (tepi atau sisi panel kaca mana yang akan naik atau turun, di dalam atau di luar, dll.), tandai panel dengan menggunakan spidol.

Ambil kaca bagian bawah, lalu taruh di atas permukaan datar yang halus, lalu tekan dengan kuat dan tempelkan delapan lembar lakban (dua bagian di setiap sisi) ke kaca dari sisi bawah.

Tip: Hal ini mudah kalian lakukan dengan mengangkat kaca dari setiap sisi secukupnya untuk menempelkan potongan selotip pada tempatnya.

Pasang Panel Kaca Depan

kaca untuk membuat aquarium
sumber: YouTube

Mulailah dengan memasang panel kaca depan. Langkah ini jauh lebih mudah untuk kalian lakukan dengan asisten untuk memegang panel kaca depan dengan tegak dan tetap di tempatnya saat menyelesaikan pemasangan potongan samping pertama di langkah berikutnya

Kalian akan menggunakan teknik pemasangan kaca yang sama dengan setiap panel:

Oleskan silikon padat tipis tapi cukup ke setiap tepi bagian dalam dari semua area yang akan disambung, kemudian, dengan sedikit miring ke depan, sejajarkan dan masukkan potongan kaca ke panel kaca bawah, dan perlahan miringkan ke atas, tekan perlahan, tapi dengan kuat masuk ke dalam silikon, paskan dengan kokoh ke posisinya.

Jangan menghapus kelebihan silikon yang mungkin menekan ke tepi luar kaca. Kalian bisa bersihkan setelah silikon sudah kering. Setelah kalian sudah pasang kaca depan, kedua bagian bawah lakban kalian lipat ke atas lalu tempelkan ke kaca bagian depan.

Pasang Panel Kaca Samping

kaca untuk membuat aquarium
sumber: YouTube

Pasang panel samping pertama. Lipat kedua bagian bawah lakban ke atas dan tempelkan ke bagian depan kaca, dan kencangkan bagian samping ke bagian depan kaca dengan melilitkan 2 selotip tambahan di sekitar sudut dari satu sisi ke sisi lainnya.

kaca untuk membuat aquarium
sumber: YouTube

Pasang Panel Samping dan Belakang Aquarium

kaca aquarium
sumber: YouTube

Pasang bagian samping lainnya serta panel belakang. Dengan semua bagian di tempat dan tangki dibangun, masukkan silikon padat yang tipis tapi cukup ke delapan area sambungan di bagian dalam tangki, lalu usapkan ibu jari kalian di atas silikon dari satu ujung ke ujung lainnya di setiap jahitan.

Sebaiknya dalam satu gerakan terus menerus, untuk menghaluskan silikon ke bawah dan memaksanya masuk ke area sambungan.

Mengeringkan dan Menyelesaikan Pembuatan Aquarium

Biarkan silikon mengering selama 24 jam. Isi ulang tangki dengan air bersih dan diamkan setidaknya selama 12 jam, lebih baik 24 jam. Ini memberi kalian periode pengujian yang baik, dan kalian akan merasa jauh lebih percaya diri ketika kalian akhirnya mengisi tangki.

Itulah langkah-langkah membuat aquarium dengan mudah. Jika kalian memiliki ikan air tawar, kalian memerlukan sistem penyaringan. Pilihan yang paling umum adalah filter kerikil atau filter daya dan mudah kalian gantung di bagian belakang tangki.

Agar aquarium tampak lebih cantik, kalian bisa membuat aquascape. Kalian bisa mengisinya dengan kerikil, pasir. Sebagian besar ikan akan cocok dengan kerikil atau pasir, dan toko hewan peliharaan mana pun akan menawarkan banyak pilihan dalam hal tekstur dan warna.

Kalian bisa membeli bahan-bahan untuk membuat aquarium hanya di Ruparupa. Yuk segera beli dan wujudkan aquarium yang bagus dengan Ruparupa!

3 KOMENTAR