Berbagai Macam Pola dan Jenis Kucing Belang

0
3956
classic tabby cat

Orang kadang-kadang menyebut kucing rumahan biasa sebagai “tabby” atau kucing belang, tetapi tabby bukanlah jenis kucing, ini sebenarnya pola bulu kucing. Dan itu kebetulan yang paling umum dari semua pola bulu kucing. Tabby adalah pola warna, pada umumnya berbentuk garis-garis, garis-garis dan lingkaran atau bisa juga berpola bintik-bintik dan garis-garis. Pola tabby atau belang sangat populer hingga saat ini dapat kalian temukan di banyak jenis kucing.

Jenis Pola Kucing Belang

Kucing tabby seringkali memiliki tanda berbentuk M yang khas di dahinya. Tabby bisa datang dalam berbagai bentuk dan ukuran, dan banyak ras kucing menyertakan variasi tabby bersama dengan variasi warna solid.

Jenis Kucing Tabby Klasik

Kucing klasik memiliki pola yang berani dan berputar-putar di sepanjang sisinya, seperti kue marmer. Pola noda melingkar pada tubuh kucing klasik sangat mirip dengan bullseye.

Jenis Pola Kucing Mackerel

jenis kucing mackerel
sumber: hippopx.com

Kucing mackerel memiliki garis-garis sempit yang sejajar di sisi tubuhnya. Oleh karena itu, sebagian orang menyebut sebagai “kucing harimau”. Tubuh memiliki garis-garis sempit di sepanjang sisi dalam pola vertikal.

Idealnya, garis tersebut adalah garis yang tidak terputus; berjarak sama. Mereka bercabang dari satu garis yang membentang di sepanjang bagian atas punggung kucing hingga ke tulang belakang, menyerupai kerangka ikan. Itulah sebabnya istilah “makarel” digunakan untuk menggambarkannya.

Jenis Kucing Tabby Berbintik

jenis kucing pola spotted tabby
sumber: commons.wikimedia.org

Seekor kucing tutul memiliki bintik-bintik di seluruh sisinya. Bintik-bintik ini bisa besar atau kecil, dan terkadang tampak seperti garis-garis makarel patah. Mereka bisa berbentuk bulat, oval atau mawar.

Jenis Kucing Agouti (Centang) 

jenis kucing pola ticked tabby
sumber: common.wikimedia.org

Seekor kucing tabby ticked atau agouti tabby tidak memiliki garis-garis atau bintik-bintik tradisional di tubuhnya, dan mungkin pada awalnya tidak tampak seperti kucing berpola. Namun, seperti semua tabbies, pola mantel ini memiliki tanda tabby di wajah dan bulu agouti di tubuh.

Jenis Kucing Belang

Berikut adalah beberapa jenis kucing yang memiliki bulu berwarna belang.

Abyssinian

abyssinian
sumber: commons.wikimedia.org

Mereka tidak selalu memiliki pola belang, tetapi jika demikian, polanya cenderung seperti memberi mereka tampilan eksotis atau liar. Bahkan, Agouti atau ticked tabby juga dikenal dengan nama lain: Abyssinian Tabby. Agouti atau ticked hair artinya bulu yang memiliki beberapa warna dalam satu helai. Ini memberi kucing dengan pola tabby centang tampilan berkilau yang menakjubkan.

Jenis Kucing Domestic Shorthair

domestic shorthair cat
sumber: commons.wikimedia.org

Domestik Shorthair yang bagus bisa menjadi peliharaan yang sempurna. Karena Shorthairs adalah jenis yang sangat bercampur, mereka memiliki masalah kesehatan genetik yang relatif sedikit. Juga karena perkawinan campuran mereka, kalian tidak pernah tahu kepribadian yang akan kalian dapat saat kalian membeli atau mengadopsinya.

Beberapa Shorthair Domestik menyukai anak-anak dan hewan peliharaan lainnya, beberapa sama sekali tidak. Beberapa ramah dan vokal, yang lain pemalu dan gelisah. Mereka bisa memiliki keempat varietas pola tabby.

Jenis Kucing American Bobtail

american bobtail cat
sumber: YouTube

Ekor bob adalah ciri paling khas dari ras Amerika ini. Faktanya, American Bobtail bisa datang dalam berbagai varian warna, dan ukurannya bisa bervariasi. Bobtail bisa menjadi campuran warna solid dan tabby, dan pola tabby atau belang bisa bervariasi, tetapi biasanya muncul sebagai pola berputar klasik.

American Curl

american curl cat
sumber: commons.wikimedia.org

Tersedia dalam hampir setiap pola dan warna, American Curl sering kali menampilkan beberapa warna tabby setidaknya pada beberapa bagian tubuhnya.

American Shorthair

american shorthair cat
sumber: newslax.com

American Shorthair, salah satu kucing dengan perawatan paling rendah di luar sana, dikenal dengan pola tabby klasiknya.

Maine Coon

maine coon
sumber: pixabay.com

Maine Coon adalah salah satu ras silsilah yang lebih populer di Amerika Utara. Sebagian besar ras kucing “elit” memiliki warna solid atau ombre. Maine Coons, di sisi lain, mungkin adalah kucing kucing pedigreed paling populer.

Ocicat

ocicat
sumber: commons.wikimedia.org

Ocicat dibiakkan secara selektif dengan satu-satunya tujuan membuat mereka terlihat mewah. Para peternak benar-benar melakukan tugasnya! Bintik-bintik Ocicat mirip – benar! – ocelot eksotis. Syukurlah, mereka terlihat liar tetapi sebenarnya adalah hewan peliharaan.

Oriental

oriental cat
sumber: newslax.com

Kucing kucing paling beragam di daftar kami adalah Kucing Oriental. Oriental memiliki tipe tubuh Siam yang khas, dengan mata almond besar dan telinga besar. Yang membedakan mereka adalah mereka datang dalam banyak warna, termasuk jenis kucing betina. Faktanya, Oriental diketahui memiliki lebih dari seratus kombinasi pola tabby!

Itulah beberapa jenis kucing yang umumnya memiliki bulu berwarna belang. Kalian bisa membeli berbagai produk terkait dengan kebutuhan kucing di Ruparupa seperti makanan, kandang, dan aksesoris kucing. Jangan sampai melewatkan promonya! Yuk belanja sekarang.