Renang merupakan salah satu olahraga yang cukup digemari. Hampir semua jenis usia dari anak kecil sampai orang tua menyukai olahraga ini. Saking menyenangkannya olahraga ini seringkali orang menganggap renang adalah bagian dari rekreasi. Begitupun dengan anak-anak. Selain memang ada manfaat renang untuk anak, ternyata renang juga dijadikan salah satu pilihan rekreasi. Bahkan saat ini sudah banyak pula bermunculan tempat rekreasi yang berhubungan dengan air. Banyak orang pergi ke sana dengan membawa perlengkapan renang komplit seperti kacamata renang, pelampung, penutup kepala sampai pompa untuk menggelembungkan pelampung.

Selain untuk rekreasi ternyata renang juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, manfaat tersebut antara lain:

1. Meningkatkan fungsi jantung

Berenang ibarat aerobik untuk jantung. Gerakan mendorong dan menendang air dengan anggota tubuh membantu memperlancar sirkulasi darah ke seluruh tubuh.

2. Melatih pernapasan

Renang melatih kita untuk mengatur pernapasan sehingga membuat paru-paru menjadi lebih kuat dan pernapasan menjadi lebih teratur. Terapi renang juga baik untuk orang yang mempunyai penyakit asma.

3. Membakar kalori

Renang diakui sebagai pembakar kalori terbesar. Saat berenang Anda akan membutuhkan energi lebih tinggi karena tubuh terasa lebih berat di dalam air.

4. Mengurangi stress

Selama berenang terjadi peregangan dan relaksasi otot yang membuat Anda menjadi lebih rileks. Gerakan mendorong dan menendang akan membantu melepaskan tegangan otot dan sendi, badan akan akan menjadi lebih fit dan segar.

5. Menambah tinggi badan

Olahraga renang sudah terkenal bermanfaat untuk menambah tinggi badan terutama untuk anak yang masih dalam masa pertumbuhan. Berenang melatih semua otot-otot tubuh menjadi lebih lentur sehingga membantu anak bertambah tinggi.

6. Membentuk dan menguatkan otot

Saat berenang hampir seluruh otot tubuh dari kepala sampai kaki ikut bergerak. Energi yang dikeluarkan oleh tubuh sangat besar karena tubuh menjadi lebih berat di dalam air sehingga mampu menguatkan dan melenturkan otot-otot tubuh.

Dengan banyaknya manfaat yang didapat dari olahraga renang, Anda bisa mulai memperkenalkan olahraga ini kepada anak Anda sejak dini. Hal ini agar mereka juga dapat mulai merasakan manfaat dari renang. Ajari mereka untuk suka bermain air dari rumah dulu sebelum langsung mengajak ke kolam renang. Anda bisa membuat kolam renang sendiri di rumah dengan menggunakan kolam mini yang bisa diletakkan di pekarangan rumah. Siapkan juga peralatan olahraga air lain seperti bola, pistol air supaya acara bermain air menjadi lebih seru.

Setelah anak Anda menyukai kegiatan bermain air, mulailah ajak mereka untuk berenang di kolam sungguhan. Saat akan memasuki kolam renang, Anda harus menyediakan peralatan olahraga air yang lebih lengkap seperti pelampung dan juga kacamata renang supaya mereka merasa lebih aman saat mulai belajar berenang. Selain itu masih banyak peralatan olahraga air lainnya yang bisa membuat kegiatan berenang menjadi lebih menyenangkan.

Lihat juga pilihan perlengkapan olahraga air yang Anda dan keluarga butuhkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here