9 Tips Jitu Membersihkan Noda Kaca Kamar

0
228

Kehadiran cermin atau kaca di dalam kamar sudah menjadi kewajiban bagi semua orang, terutama kaum hawa. Namun, apakah Anda pernah merasa kesulitan melihat wajah saat sedang bercermin? Itu bukan karena mata rabun, ya, melainkan karena kaca kamar yang bernoda akibat jamur. Maka dari itu, Anda harus rutin membersihkan kaca kamar Anda ya.

Jika tidak, noda yang menempel tersebut bisa lama kelamaan akan menjadi tumpukan kerak yang sulit dibersihkan. Lantas, bagaimana cara membersihkan kerak kaca yang sudah berjamur? Yuk, simak pembahas di bawah ini.

Tips Membersihkan Kaca Kamar

Tahukah Anda bahwa cipratan air, bekas tangan yang basah, dan noda produk yang menempel bisa menyebabkan kerak yang sulit dibersihkan? Apalagi bila kamar Anda tidak memiliki sirkulasi udara yang baik sehingga kamar menjadi lembab. Ini akan mempermudah pertumbuhan jamur pada cermin dan kaca.

Namun, bagaimana kalau noda tersebut sudah menjadi kerak membandel? Tenang saja Ruppers, ini dia tips ampuh membersihkan kerak mengganggu di kaca atau cermin.

1. Detergen

Siapa bilang detergen hanya untuk mencuci baju? Buktinya Anda juga bisa menggunakan detergen untuk membersihkan noda dan jamur pada cermin dan kaca di kamar, baik itu detergen cair ataupun bubuk.

Langkah membersihkannnya juga sangat mudah, kok. Anda hanya perlu mencampurkan detergen bubuk dengan sedikit air. Kemudian, oleskan dan gosok hingga merata pada permukaan kaca. Lalu, tinggal Anda bilas deh dengan air bersih. Jika menggunakan detergen cair, tidak perlu Anda campurkan dengan air ya.

2. Pasta gigi

Produk yang satu ini dapat Anda temukan dengan mudah di dalam kamar mandi. Bukan hanya untuk membersihkan gigi, pasta gigi sendiri memang sudah lama populer digunakan sebagai pembersih noda.

Cara membersihkannya juga sangat mudah. Anda cukup oleskan pasta gigi pada bagian permukaan noda membandel. Kemudian, tunggu hingga kering dan lap dengan kain basah bersih atau kertas koran. Setelah itu, voila! Cermin dan kaca menjadi bersih mengkilap lagi.

3. Cuka apel

Cuka apel memang sudah terkenal dengan khasiatnya yang multifungsi. Selain sebagai bahan memasak dan perawatan wajah, kandungan di dalamnya juga efektif menjadi larutan pembersih untuk mengatasi noda jamur dan kerak membandel pada kaca.

Baca Juga:   13 Buah Untuk Covid yang Ampuh Meningkatkan Imun Tubuh

Agar kaca Anda terlihat kilau bersih seperti baru, Anda cukup campurkan cuka apel dan air dengan perbandingan 1:1. Ramuan ini akan dengan sempurna mengatasi semua masalah noda dan jamur membandel pada kaca. Jika noda terlalu membandel, gunakan cuka tanpa campuran air. Lalu, diamkan selama 15 menit dan lap bersih dengan kain mikrofiber agar permukaan tidak tergores.

Beli di sini

4. Alkohol

Tidak hanya berfungsi untuk membersihkan luka, melainkan juga sangat efektif membersihkan bercak membandel di kaca, loh. Anda bisa membasahi kapas dengan alkohol untuk membersihkan area bermasalah pada cermin.

Sedangkan, untuk noda yang lebih luas, Anda bisa memindahkan alkohol ke botol spray untuk mempermudah penyemprotan pada seluruh permukaan kaca. Kemudian, Anda tinggal lap permukaan hingga bersih dan berkilau.

5. Bubuk kaporit

Kaca yang berjamur pun pasti akan bersih tuntas dengan produk yang satu ini. Kandungan penjernih dari bubuk kaporit akan membuat kaca kamar Anda semakin cling!

Untuk proses pembersihannya, Anda cukup larutkan bubuk kaporit ke dalam wadah sedikit air. Kemudian, aduk hingga menjadi adonan kental dan segera oleskan pada kaca yang berjamur. Tunggu beberapa saat hingga mengering, setelah itu bilas menggunakan lap basah. Lakukan teknik ini selama beberapa kali hingga cermin mengkilap.

6. Pembersih kaca

Pembersih kaca memang sudah diformulasikan khusus untuk membasmi jamur dan kerak membandel pada permukaan cermin. Saat ini,  telah hadir ragam inovasi produk pembersih kaca, mulai dari cairan pembersih, foam, hingga tisu magic pembersih kaca.

Ini dia salah satu rekomendasi produk pembersih kaca yang dapat Anda coba untuk membersihkan jamur dengan maksimal.

Beli di sini

Gunakan cairan pembersih kaca antibakteri dari merek ternama Mr. Muscle. Produk ini memiliki formula khusus dengan daya bersih ekstra untuk mengangkat debu, minyak, hingga kotoran dari permukaan kaca. Anda bisa menggunakannya bersamaan dengan karet pembersih kaca ataupun kain microfiber untuk membantu mengangkat kerak dengan sempurna.

Dapatkan di sini

Selain itu, Anda bisa mencoba memadukan cairan pembersih dengan alat dari Proclean. Alat mungil ini memiliki dual fungsi, yakni karet pengerok air dan lap microfiber lembut untuk mengeringkan permukaan. Dijamin deh bercak apapun bisa hilang berkat bantuan dua alat ini.

Baca Juga:   18 Manfaat Daun Afrika bagi Kesehatan Tubuh

Klik di sini

Produk pembersih kaca berikutnya yang praktis, yaitu lap pembersih kaca persembahan dari Miracle Wipes. Dalam satu tabung kemasan, Anda sudah bisa mendapat 30 lembar lap pembersih ajaib sekali pakai, yang dapat dengan mudah menghilangkan kerak, debu, sidik jari, dan kotoran apapun pada kaca.

Anda tidak perlu khawatir karena produk ini tidak mengandung bahan amonia, yang dapat mengiritasi saluran pernalapasan Anda. Inovasi baru ini juga menggunakan bahan lap yang halus dan tidak akan meninggalkan bekas garis pada kaca. Dengan miracle wipes, saatnya ucapkan selamat tinggal pada bintik-bintik noda kerak dan jamur membandel.

7. Cairan pemutih pakaian

Sebagai alternatif, Anda juga bisa menggunakan pemutih pakaian untuk membersihkan noda membandel pada kaca, loh. Pasalnya, pemutih pakaian mengandung senyawa klorin, yang dapat dengan efektif menanggalkan kerak noda dan jamur hingga hilang.

Caranya juga hampir mirip dengan penggunaan detergen, yakni dengan mencampurkan cairan pemutih pakaian dengan sedikit air. Kemudian, celupkan kain atau kapas ke dalam larutan dan gosok secara perlahan hingga noda menghilang.

8. Baking soda

Tips lainnya adalah dengan menggunakan baking soda. Bahan yang satu ini memang terkenal multifungsi untuk membersihkan segala jenis kerak baik pada kaca hingga besi. Kandungan di dalamnya dijamin ampuh membuat kaca kembali mengilap bagaikan kaca baru. Untuk teknik penggunaannya juga sama dengan detergen bubuk.

9. Pembersih dan toner wajah

Pastikan Anda menggunakan pembersih dan toner berbahan dasar air seperti micellar water. Hindari menggunakan pembersih dan toner dalam bentuk lotion karena dapat membuat lapisan kerak baru pada permukaan kaca.

Cara menggunakannya juga mirip seperti tahapan membersihkan wajah, yakni dengan menuang sedikit pembersih dan toner wajah pada kapas. Kemudian, usapkan pada noda membandel pada kaca hingga bersih.

***

Nah, itu dia sejumlah tips membersihkan kerak membandel pada kaca kamar Anda.  Gampang, bukan? Jangan sampai cermin di kamar Anda menjadi tidak lagi berkilau, bahkan buram dan kusam. Kalau sudah begitu, tentunya bayangan diri Anda saat merias di cermin menjadi tidak terlihat sempuna lagi. Maka dari itu, segera dapatkan beragam produk pembersih kaca dengan kualitas terbaik hanya di Ruparupa.com.