20 Manfaat Jeruk Untuk Kesehatan Tubuh

0
314

Tahukah Anda untuk mendapatkan manfaat jeruk yang maksimal, setidaknya Anda harus mengonsumsinya 100 gram setiap harinya? Apalagi, di dalam jeruk mengandung kurang lebih 53,28 mg vitamin C.

Dengan memenuhi kebutuhan vitamin C harian ini, Anda bisa terlindungi dari berbagai penyakit. Tidak hanya itu, vitamin satu ini bisa meningkatkan imun tubuh, terutama di masa pandemi. Lalu, apa saja kandungan dan manfaat jeruk? Cek di sini, yuk!

Kandungan buah jeruk

Manfaat jeruk
Source: Wikimedia

Dalam satu buah jeruk berukuran sedang memiliki kandungan nutrisi lengkap, seperti berikut:

Jumlah Per 
Kalori (kcal) 44
Jumlah Lemak 0.2 g
Lemak jenuh 0 g
Kolesterol 0 mg
Natrium 1 mg
Kalium 200 mg
Jumlah Karbohidrat 10 g
Serat pangan 0.2 g
Gula 8 g
Protein 0.7 g
Vitamin C50 mgKalsium11 mg
Zat besi0.2 mgVitamin D0 IU
Vitamin B60 mgVitamin B120 µg
Magnesium11 mg

Apa manfaat jeruk?

Berikut ini adalah manfaat jeruk untuk kesehatan yang tidak boleh terlewatkan.

1. Bikin kulit awet muda

Manfaat buah jeruk untuk anti aging

Kandungan vitamin C dalam jeruk dapat membuat kulit lebih awet muda dari waktu ke waktu. Kandungan ini membantu tubuh meningkatkan produksi asam hialuronat, yang membantu untuk meningkatkan produksi kolagen.

2. Membantu memenuhi asupan vitamin C saat diet

Manfaat jeruk untuk diet

Tambahkan jeruk dalam daftar menu diet Anda untuk membantu tubuh memenuhi asupan vitamin C harian. Hal ini merupakan rekomendasi dari pakar kesehatan karena kandungan vitamin ini bisa mencegah terjadinya defisiensi nutrisi saat melakukan diet.

3. Menurunkan tekanan darah tinggi

Manfaat buah jeruk lainnya adalah dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Melansir dari Healtine, hampir 29 orang dewasa yang rutin mengonsumsi vitamin C, ternyat mengalami penurunan tekanan darah sistolik rata-rata sebesar 4,9 mmhg dan tekanan darah diastolik sebesar 1,7 mmHg. Anda bisa menggunakan alat dari Sowell ini, untuk mengukur tekanan darah secara rutin. Beli di sini. 

alat pengukur tekanan darah
   Dapatkan tensimeter terbik di Ruparupa

4. Mengontrol tekanan gula darah

Memang tidak ada satu makanan pun yang dapat sepenuhnya mengontrol tekanan gula darah Anda. Tapi, setidaknya Anda bisa mendapatkannya dari buah jeruk. Di dalam jeruk, terdapat kandungan saponin dan flavonoid, yang dapat membantu menurunkan kadar gula dalam darah. Yuk, mulai sekarang tambahkan jeruk ke dalam menu makanan sehat Anda setiap hari.

Manfaat jeruk untuk mengontrol gula darah
Cek kesehatan Anda secara berkala menggunakan alat kesehatan terbaik

5. Meningkatkan kadar kalium dalam tubuh

Manfaat jeruk untuk mengingkatkan kadar kalium
Source: Pixabay

Mengonsumsi buah jeruk dapat meningkatkan asupan kalium hingga 14%. Dalam hal ini, kalium berperan penting untuk membantu tubuh rileks dan melancarkan pembuluh darah, yang sangat berpengaruh pada tekanan darah.

Namun, perhatikan agar kadar kalium agar tetap dalam batas normal untuk mencegah terjadinya hipokalemia, yaitu kondisi kadar kalium dalam tubuh berada di bawah batas normal, dan hyperkalemia, yaitu kadar kalium yang terlalu tinggi.

Baca Juga:   10 Hadiah Valentine Unik Untuk Pasangan

6. Menjaga sistem pencernaan 

Manfaat vitamin c untuk pencernaan
Source: Liputan 6

Sangat penting untuk menjaga saluran pencernaan Anda tetap sehat seiring berjalannya usia. Nah, Anda bisa mendapatkannya dengan mengonsumsi jeruk, yang dapat membantu tubuh menyerap nutrisi dan memberikan energi yang dibutuhkan.

Agar bisa mendapatkan manfaat jeruk yang optimal,  pakar kesehatan merekomendasikan untuk mengonsumsi satu buah jeruk secara rutin. Dalam satu buah jeruk, terkandung 14 gram serat, yang dapat membantu sistem pencernaan Anda.

7. Menjaga berat badan tetap ideal 

Manfaat jeruk
Source: sureshotayurveda

Jeruk kaya akan kandungan Vitamin C dan rendah kalori. Inilah yang membuat  buah jeruk ini dapat membantu mempertahankan berat badan ideal. Di samping itu, buah ini juga memiliki gula alami, yang dapat memberikan energi, otot, dan otak.

8. Membantu penyerapan vitamin dan mineral

Buah jeruk
Source: Pixabay

Setengah dari serat yang terkandung dalam jeruk adalah serat larut sehingga membantu tubuh Anda menyerap vitamin dan mineral lebih baik. Tidak hanya itu, buah ini juga dapat menurunkan jumlah gula yang diserap tubuh Anda.

9. Meningkatkan kekebalan tubuh

Manfaat jeruk
Source: tcimedicine

Manfaat lain dari Vitamin C adalah dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh, terutama di masa pandemi seperti ini. Menurut penelitian yang diterbitkan di Nutrients, menemukan bahwa Vitamin C dapat membantu sel-sel tubuh melawan penyakit, termasuk mengurangi dampak polusi udara dan mencegah infeksi akut seperti flu.

10.Meningkatkan kesehatan otak

Manfaat jeruk untuk otak
Source: Pixabay

Kulit Jeruk mengandung hesperidin, yang dapat meningkatkan fungsi kognitif, serta merupakan senyawa flavonoid, yang berfungsi sebagai antioksidan. Selain itu, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Europeon Journal of Nutrition, menemukan bahwa orang-orang yang mengonsumsi jeruk selama 8 minggu, mengalami perubahan kognitifi signifikan terhadap otak, yaitu meningkatkan memori untuk berpikir dan bisa menawan demensia.  Hal ini terjadi karena peneliti mengungkapkan bahwa kandungan hesperidin memiliki senyawa yang dapat meningkatkan kesehatan otak.

11.Mengonsumsi Jeruk dapat mencegah batu ginjal

Buah jeruk untuk batu ginjal
Source: Sonora

Siapa pun dapat berisiko untuk mengalami batu ginjal, tetapi dengan mengonsumsi senyawa asam sitrat, yang ditemukan dalam buah-buahan seperti jeruk, dapat membantu mengurangi kemungkinan terkena batu ginjal.

Asam sitrat membantu mencegah kristalisasi garam yang dapat menyebabkan batu ginjal. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa jus jeruk lebih efektif dalam meningkatkan kadar sitrat dalam tubuh daripada lemon.

12. Memenuhi kebutuhan vitamin C harian

Buah jeruk
Source: Pixabay

Jeruk adalah sumber vitamin C yang sangat baik. Dalam sebuah jeruk terdapat 116,2 persen nutrisi yang dibutuhkan tubuh dalam sehari. Jadi, cobalah untuk mengonsumsi buah ini secara rutin.

13. Menurunkan risiko kanker usus besar

Manfaat jeruk
Source: Alodok

Menurut data dari European Prospective Investigation of Cancer and Nutrition (EPIC), orang yang kekurangan serat lebih mungkin berisiko kanker usus hingga 40 persen. Maka dari itu, cobalah untuk memenuhi kebutuhan serat alami. Salah satunya dari buah-buahan seperti jeruk, yang terbukti lebih aman daripada mengambil suplemen buatan.

Baca Juga:   11 Cara Menggemukan Badan Saat Puasa yang Sehat

14. Menurunkan risiko kanker paru-paru, kulit, dan payudara

Jeruk dapat mencegah kanker
Source: ALODOK

Jeruk mengandung D-limonene, senyawa yang disebut dapat mencegah kanker, seperti kanker paru-paru, kanker kulit, bahkan kanker payudara.

Selain itu, vitamin C dan antioksidan yang ada dalam jeruk sama-sama penting untuk membangun kekebalan tubuh. Keduanya ini dapat membantu melawan kanker. Menurut sebuah penelitian, hampir 15 persen kasus kanker yang terjadi karena mutasi pada DNA, dapat dicegah dengan Vitamin C.

15. Menghidrasi tubuh 

Buah jeruk untuk menghidaris tubuh
Source: Beautynesia

Jeruk memiliki banyak mineral alkali, yang berperan dalam proses pencernaan. Selain itu, kandungan air dalam buah ini dapat  membantu Anda tetap terhidrasi sepanjang hari. Tidak heran bila buah yang memiliki rasa manis asam ini juga baik untuk kesehatan tubuh Anda.

16. Melawan radikal bebas

Manfaat buah jeruk
Source: eskayvie

Buah berkulit oranye ini sangat baik untuk membantu melawan radikal bebas, yang menjadi penyebab kanker. Sebagai pencegahannya, Anda dapat memasukan buah berwarna orange ini dalam menu harian.

17. Mencegah risiko anemia

Anemia

Anemia atau kekurangan darah dapat dicegah dengan berbagai cara, salah satunya dengan rutin mengonsumsi jeruk. Buah ini menjadi salah satu sumber zat besi alami, yang baik  untuk meningkatkan sel darah merah dalam tubuh.

Tak hanya itu, kandungan vitamin C dan asam sitrat yang terkandung dalam buah jeruk efektif untuk membantu proses penyerapan zat besi di saluran pencernaan.

18. Menjaga kesehatan mata 

Mata
Source: unsplash

Jeruk merupakan sumber yang kaya akan karotenoid dan Vitamin A, yang memainkan peran penting dalam membantu menjaga selaput lendir di mata tetap sehat. Selain itu, vitamin A juga bertanggung jawab untuk mencegah degenerasi makula, yang terjadi seiring bertambahnya usia dan dapat menyebabkan kebutaan.

19. Menurunkan kolesterol

Kolesterol
Source: media suara

Menurut sebuah studi oleh para peneliti di Amerika Serikat dan Kanada, senyawa yang ditemukan dalam kulit buah jeruk, yang disebut Polymethoxylated Flavones (PMFs), dapat menurunkan kolesterol lebih efektif tanpa efek samping, jika dibandingkan dengan beberapa obat.

20. Berfungsi sebagai anti inflamasi

Anti inflamasi adalah upaya tubuh melindungi diri dan mempercepat proses penyembuhan dari berbagai jenis penyakit jangka panjang yang mungkin terjadi ,seperti penyakit Jantung, diabetes, arititis, dan penyakit Alzheimer.

***

Meskipun manfaat buah ini terlihat nyata,tapi bukan berarti Anda bisa mengonsumsinya tanpa batas. Hindari mengonsumsinya secara berlebihan karena dapat menyebabkan kembung, gas, diare, kenyamanan pencernaan terganggu, dan sakit perut. Tidak hanya itu, hal ini juga bisa mengganggu penyerapan zat besi, seng, kalsium, dan mineral lainnya, yang menyebabkan kekurangan nutrisi. Belum lagi, ada beberapa golongan orang yang mungkin saja mengalami alergi setelah mengkonsumsi buah ini. Anda bisa mengonsumsinya 1-2 buah jeruk setiap harinya.

Sumber artikel:

  • timesofindia.
  • Webmd
  • Healthline
  • Alodok
  • CNN