8 Cara Merawat Kelinci Anggora Agar Berumur Panjang

0
6337
Jenis kelinci anggora
Sumber: Unsplash/@moyathebunny

Kelinci Anggora adalah salah satu ras kelinci yang memiliki bulu panjang dan bisa dijadikan sebagai bahan benang wol. Ciri khas inilah yang membuat kita lebih mudah membedakan kelinci anggora dan jenis yang lainnya.

Biasanya, kelinci yang memiliki ras anggora, buluya akan terlihat tebal di seluruh tubuh secara merata. Karena bulunya yang panjang, kita tidak bisa sembarangan merawat kelinci satu ini.

Ruparupa Banner

Apalagi, bila kamu baru memiliki kelinci ini sebagai hewan peliharaan pertama, tentu kamu harus merawatnya dengan baik.

Lantas, Bagaimana Cara Merawat Kelinci Anggora?

Mengutip dari The Spruce Pets, perawatan khusus kelinci Anggora bertujuan agar bulu bisa berkembang terus-menerus. Hewan ini bisa menghasilkan setidaknya 10 ons sampai 0,5 kilogram serat per tahunnya, lho.

Nah, berikut ini cara yang bisa kamu lakukan untuk merawat kelinci anggora di rumah.

1. Perhatikan Letak Kandang Kelinci 

Hampir sama dengan jenis kucing anggora, kebutuhan kelinci ini juga perlu dipersiapkan sesuai iklimnya. Apalagi, mereka terbilang sangat sensitif terhadap iklim tropis, yang lebih sering mengalami cuaca panas dan hujan.

Jika musim hujan, pastikan kamu meletakkan kandang kelinci Anggora di dalam rumah. Sedangkan saat musim panas, pastikan kelinci berada di tempat yang teduh dan berventilasi baik.

2. Cukur Bulunya Secara Rutin

Melansir dari Los Angeles Times, meskipun wol anggora sangat dibutuhkan, tetapi kelinci ini tidak akan dibunuh untuk mengambil bulunya. Kita hanya perlu mencukurnya secara rutin supaya bisa menumbuhkan bulu baru dan tidak mudah rontok. yang baru.

Baca Juga:   5 Cara dan Waktu yang Tepat Grooming Anak Anjing

Kita perlu mencukurnya setidaknya selama 3-5 bulan sekali. Setelah mencukurnya, jauhkan kelinci dari cahaya matahari yang terik agar kulitnya tidak terbakar.

3. Makanan yang Mengandung Serat

Karena terkenal dengan bulu yang halus, kelinci Anggpra membutuhkan diet protein yang lebih tinggi daripada jenis lainnya. Kamu bisa memberikan makanan yang mengandung serat larut, protein, kalsium, zinc, vitamin A, vitamin D, hingga vitamin E secara rutin setiap harinya.

Beberapa jenis makanan yang memiliki kandungan di atas adalah sayuran hijau, buah-buahan, hingga makanan pelet dengan kandungan baik.

4. Hindari Kandang yang Sempit

Kelinci berjenis anggora tidak bisa tinggal di dalam kandang yang sempit karena geraknya bisa menjadi terbatas dan bulunya bisa kusut. Mereka lebih menyukai untuk tinggal di area kandang yang luas.

Jika kamu meletakannya di dalam kandang, pastikan untuk memberikan beberapa mainan di dalamnya agar ia tidak merasa stres.  Selain itu, kamu bisa merawat kelinci setidaknya 2 kelinci sekaligus agar mereka tidak mudah stres dan kesepian.

Kelinci anggora di dalam ruangan
Sumber: Unsplash/@moyathebunny

5. Kawinkan Sebelum Ulang Tahun Pertama

Kamu juga perlu mengawinkan kelinci anggora sebelum mereka berumur satu tahun. Hal ini bertujuan menghindari kemungkinan adanya tulang pinggul yang menyatu jika mereka melahirkan anak.

Baca Juga:   6 Cara Memilih Tempat Penitipan Hewan yang Aman

Jike kelincimu berjenis kelamin perempuan, kawinkan dengan jantan yang memiliki bulu lembut.

6. Hindari Mandi Secara Rutin

Jenis kelinci yang satu ini tidak bisa dimandikan secara rutin karena bulunya tidak bisa selalu terkena air. Jika ingin memandikannya, usahakan untuk mandikan di area-area yang hanya dibutuhkan seperti membasuh kakinya. Gunakan sampo yang khusus untuk kelinci.

7. Ajak Bermain

Bila kelinci ini stres, bisa-bisa bulunya mudah rontok. Untuk itulah, kita perlu mengajaknya bermain dan tidak bisa selalu meletakannya di dalam kandang saja. Soalnya, ia akan merasa bosan dan malah stres.

Cobalah untuk rutin mengajaknya keluar dari kandang untuk bermain di area lapang saat pagi atau sore hari.

Kelinci anggora di luar ruangan
Sumber: Unsplash/@sajadnori

Itu dia cara merawat kelinci anggora yang perlu kamu lakukan di rumah. Nah, semua perlengkapan hewan yang kamu butuhkan bisa dibeli melalui ruparupa.com, lho.

Melalui situs belanja online ini, kamu juga bisa membeli perlengkapan rumah tangga dan alat elektronik lainnya dari berbagai merek terkenal milik Kawan Lama Group, seperti Pet Kingdom, ACE, Informa, Selma, Toys Kingdom, dan yang lainnya.

Kami juga memiliki rekomendasi perlengkapan untuk kamu merawat kelinci Anggora di rumah, seperti berikut ini.

Sampo untuk hewan
Paws N Tail Sampo Hewan Flea And Tick Relief

Beli di sini

Mainan untuk kelinci anggora
Ferplast Mainan Kelinci Gigit Kayu – Kuning

Beli di sini

Makanan kelinci rasa buah apel
Smartheart Makanan Kelinci Rasa Apel 1 Kg

Beli di sini

Kandang luas untuk kelinci
Ferplast Kandang Kelinci Grand Lodge 120 Plus – Abu Abu

Beli di sini