5 Tips Memilih Tempat Makan Untuk Hewan Peliharaan

0
2070
Sumber: ruparupa.com

Mencukupi kebutuhan nutrisi harian untuk hewan peliharaan memang tidak boleh terlewatan. Selain perlu memperhatikan jenis makanan, tempat makan hewan yang digunakan pun punya peran penting.

Bila kita menggunakan tempat makan yang tepat, maka kita bisa membantu menyeimbangkan gizi hewan kesayangan kita agar tidak makan terlalu banyak atau sedikit. 

Ruparupa Banner

Lalu, Bagaimana Cara Memilih Tempat Makan Hewan Peliharaan yang Tepat?

Nah, supaya kamu bisa memberikan makanan yang terbaik untuk hewan kesayangan, simak cara memilih tempat makan peliharaan berikut ini.

1. Perhatikan Material Pembuatan

Ada beberapa pilihan material untuk tempat makan yang bisa kamu gunakan, yaitu plastik, keramik, dan stainless steel. Tentunya, masing-masing bahan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan.

Kita akan bahas mulai dari bahan plastik, yang memiliki harga lebih murah dibandingkan yang lain. Namun, tempat makan plastik mudah tergores. Jadi, pastikan kamu membeli tempat makan dengan material plastik berkualitas, food grade, dan bebas BPA.

Kedua, bahan keramik yang memiliki bobot lebih berat dan mudah pecah. Tak hanya itu, kalau kamu membeli tempat makan keramik murahan, biasanya ada cat atau zat berbahaya lain yang tersisa. 

Baca Juga:   7 Jenis Kursi Santai yang Kamu Butuhkan di Rumah

 Terakhir, bahan stainless steel. Banyak yang menyetujui bahwa tempat makan peliharaan dair bahan stainless steel adalah yang terbaik karena mudah dibersihkan, tahan lama, tidak mudah pecah, ringan, dan mudah dibawa ke mana-mana. 

Kalau bisa, pilih yang memiliki karet antislip di bagian bawah agar tidak licin saat digunakan di lantai keramik, seperti berikut ini.

Pet Kingdom 24.5×5.8 Cm Tempat Makan Hewan Stainless Steel

Beli di sini

Tempat Makan Hewan Stainless Ukuran S 11 Cm – Silver

Beli di sini

2. Memilih Ketinggian Tempat Makanan

Pada umumnya, anjing dan kucing membutuhkan tempat makan yang lebih tinggi agar mereka membungkuk atau duduk dengan lebih nyaman. Jadi, pastikan kamu memberikan tempat makanan yang sesuai dengan tingginya. 

Berikut rekomendasi tempat makan  yang memiliki stand dan meja pendek yang bisa kamu gunakan sebagai tempat makan anjing dan kucing.

tips memilih tempat makan peliharaan
Mpets Tempat Makan Hewan Combi Double Berdiri Ukuran M – Beige

Beli di sini

tips memilih tempat makan peliharaan
Mangkuk Tempat Makan Anjing Stand 40.5x27x50 Cm – Hitam

Beli di sini

3. Pastikan ukurannya lebih besar dari wajah hewan peliharaan

Selain memerhatikan ketinggian tempat makan, pastikan juga ukurannya lebih besar dari wajah hewan peliharaan, terutama untuk kucing dan anjing. Hal ini bisa membantu mereka lebih mudah mengonsumsi makanan yang diberikan.

4. Pilih tempat makan dengan sekat

Hewan peliharaan yang makan terlalu cepat bisa menyebabkan bisa membuat mereka jadi makan berlebihan dan mudah kembung. Jadi, jika peliharaan kesayangan kamu terlalu lahap saat makan, berikan tempat makan interaktif dengan tempat makan bersekat.

Baca Juga:   6 Tips Menata Dapur Hitam Minimalis Agar Terlihat Mewah

Tempat makan seperti ini juga cocok digunakan untuk anjing agar mereka tidak tersedak saat makan terlalu lahap. 

tips memilih tempat makan peliharaan
Ferplast Tempat Makan Hewan Magnus Slow 1 Ltr

Beli di sini

tips memilih tempat makan peliharaan
Ferplast Tempat Makan Hewan Magnus 1.5 Ltr

Beli di sini

5. Sediakan tempat minuman

Selain tempat makan, kamu juga perlu menyediakan tempat minum untuk peliharaan. Jadinya, mereka tidak mengalami dehidarsi karena kekurangan minum. Kamu bisa memakai tempat minum air mancur seperti berikut ini.

Beberapa hewan peliharaan, seperti anjing dan kucing, juga lebih suka minum dari air mengalir.

tips memilih tempat makan peliharaan
Boyu Tempat Minum Hewan Fountain 1.3 Ltr – Biru

Beli di sini

Itu dia tips memilih tempat makan hewan yang bisa kamu lakukan. Pastikan kamu memberikan peralatan makan terbaik untuk hewan kesayangan di rumah.

Temukan berbagai perlengkapan hewan peliharaan dengan klik di sini

Melalui situs belanja ruparupa.com, kamu bisa menemukan berbagai perabot dan perlengkapan rumah tangga terbaik dari merek ternama miliki Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Selma, dan masih banyak lagi.